Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Aplikasi WhatsApp Desktop Crash atau Freezing di Windows 10/11

 


Jika aplikasi WhatsApp Desktop terus crash atau freezing di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat memperbaiki masalah tersebut. Banyak pengguna lebih suka menggunakan WhatsApp desktop di PC Windows mereka. Itu membuat aplikasi anda terus memperbaharui pesan terbaru saat anda bekerja di desktop. Meskipun sebagian besar berfungsi dengan baik, namun beberapa pengguna melaporkan mengalami crash atau freezing dengan aplikasi WhatsApp desktop. Untuk beberapa pengguna, aplikasi mengalami crash saat startup, sementara beberapa pengguna mengalami freezing setelah aplikasi diluncurkan. Pengguna yang lain mengalami masalah saat mendownload atau mengupload file. Masalah ini diketahui ada pada versi Windows yang berbeda.


Sekarang, jika anda adalah salah satu dari mereka yang mengalami masalah yang sama dengan WhatsApp, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah tersebut. Disini, saya akan menyebutkan beberapa metode perbaikan untuk menyelesaikan masalah crash dengan WhatsApp di PC Windows 10 atau Windows 11.



Penyebab WhatsApp Terus Crash di Windws 10/11


Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab WhatsApp terus crash di PC Windows 10 atau Windows 11

  • Masalahnya mungkin dipicu karena OS yang out of date yang tidak kompatibel dengan software dan aplikasi baru. Dalam hal ini, anda dapat mencoba mengupdate Windows ke versi terbaru untuk memperbaiki masalah.
  • Seiring dengan OS yang out of date, menggunakan versi lama dari client WhatsApp desktop dapat menjadi alasan lain untuk masalah yang sama. Jadi, pastikan anda memiliki client WhatsApp terbaru.
  • Update WhatsApp yang rusak atau salah juga dapat menyebabkan WhatsApp crash di desktop. Anda dapat menjalankan kembali Update executable untuk menerapkan update dengan benar dan menyelesaikan masalah.
  • Masalah crash juga dapat disebabkan karena instalasi aplikasi yang korup atau rusak. Jadi, coba install ulang aplikasi untuk memperbaiki masalah.


Berdasarkan skenario yang berlaku untuk anda, anda dapat menerapkan metode perbaikan berikut yang sesuai di komputer Windows anda.



Memperbaiki Aplikasi WhatsApp Desktop Crash atau Freezing


Berikut adalah beberapa metode perbaikan yang dapat anda coba jika aplikasi WhatsApp desktop terus crash atau freezing di PC Windows 11 atau Windows 10 anda.



1. Install Semua Update Windows yang Tertunda


Pertama-tama, pastikan anda telah mengupdate OS anda ke versi terbaru. Jika client WhatsApp desktop terus crash secara acak di PC anda, itu mungkin disebabkan oleh OS yang out of date. Jadi, jika anda belum memeriksa atau mengupdate system anda ke versi terbaru, pertimbangkan untuk menginstall semua update Windows yang tertunda dan lihat apakah error telah diperbaiki.


Untuk itu, anda cukup membuka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I. Kemudian, klik Windows Update di bagian atas jendela Settings dan kemudian klik Check for updates. Setelah itu, klik Download and install untuk mengupdate semua  yang tersedia. Windows akan reboot dan pada startup berikutnya, coba luncurkan client WhatsApp desktop dan lihat apakah masih crash atau tidak.



2. Update Aplikasi WhatsApp  Desktop Anda


Jika anda menggunakan versi client desktop WhatsApp desktop yang lebih lama, maka ada kemungkinan besar itu mungkin menjadi tidak kompatibel dengan OS anda dan dengan demikian menyebabkan aplikasi crash. Jadi, jika anda sudah lama tidak mengupdate aplikasi, lanjutkan dan update.


Jika anda menggunakan versi Microsoft Store, maka anda dapat mengupdatenya dari sana. Jika tidak berhasil, anda dapat mencoba mendownload versi EXE dari client WhatsApp desktop dari website whatsapp. Kemudian, jalankan installer dan selesaikan proses penginstalan dengan mengikuti panduan di layar. Lihat apakah versi EXE berfungsi untuk anda atau tidak.



3. Nonaktifkan Notifikasi WhatsApp


Error mungkin terjadi karena fakta bahwa Sound dan Notifications API WhatsApp tidak kompatibel dengan OS anda karena beberapa error software. Jika skenario ini berlaku, anda seharusnya dapat memperbaiki masalah dengan menonaktifkan Sound dan Notifications di WhatsApp. Ini semacam solusi dan mungkin berhasil untuk anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.



  • Coba mulai client WhatsApp desktop dan klik menu tiga titik dan pilih Settings.
  • Di Settings, klik Notifications di panel kiri.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada semua opsi.
  • Setelah itu, luncurkan kembali aplikasi dan lihat apakah aplikasi berhenti crash.



4. Jalankan Ulang File Update.exe dari WhatsApp


Versi desktop aplikasi WhatsApp mungkin crash jika update WhatsApp gagal atau tidak diterapkan dengan benar. Jika skenario berlaku, anda dapat mencoba menjalankan kembali file Update.exe dari WhatsApp dan mungkin memperbaiki bug. Inilah cara anda dapat melakukannya.

  • Pertama, buka Task Manager dengan menekan tombol Ctlr + Shift + Esc.
  • Kemudian pastikan semua proses yang terkait dengan client WhatsApp desktop ditutup. Untuk itu, klik kanan pada proses dan pilih End task.


  • Sekarang, tekan tombol Win + R, kemudian ketik %localappdata%\WhatsApp dan tekan Enter.


  • Selanjutnya, klik kanan pada file Update.exe dan pilih opsi Run as administrator untuk menjalankannya.
  • Setelah itu, biarkan proses update selesai dan setelah selesai, restart PC anda.


Pada startup berikutnya, jalankan aplikasi WhatsApp desktop dan lihat apakah itu berfungsi tanpa crash.



5. Ganti Nama File Update.exe dari WhatsApp


Jika cara (4) tidak berhasil, ada kemungkinan file Update WhatsApp korup. Ini juga dapat menyebabkan masalah crash. Jadi, anda dapat mencoba mengganti nama file yang dimaksud dan melihat apakah itu menyelesaikan masalah. File baru akan diambil secara otomatis dari server saat aplikasi diupdate. Untuk itu, ikuti langkah sebelumnya, kemudian di folder WhatsApp, ubah nama file Update.exe menjadi oldupdate.exe atau yang lainnya. Setelah itu, restart system anda dan luncurkan WhatsApp untuk melihat apakah masalah telah diperbaiki.



6. Gunakan Folder Instalasi Lama WhatsApp


Client WhatsApp mungkin mulai mendapatkan crash jika update baru tidak berlaku untuk instalasi sebelumnya dan beberapa file hilang dari direktori instalasinya. Jika skenario berlaku, yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah menyalin file instalasi lama ke direktori update baru. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Pertama, tekan tombol Win + R, kemudian ketik %localappdata%\WhatsApp dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, anda perlu membuka folder terbaru di direktori di atas, kemudian kemudian klik kanan pada file WhatsApp dan pilih opsi Run as administrator.
  • Periksa apakah itu berfungsi dengan baik. Jika berfungsi dengan baik, maka anda dapat membuat shortcut untuk client WhatsApp baru dari direktori di atas dan hapus shortcut WhatsApp yang bermasalah.


Jika metode di atas tidak berhasil, anda dapat mencoba memulai client WhatsApp dari folder lama di AppData. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya.

  • Pertama-tama, hentikan semua task dan proses yang terkait dengan WhatsApp di Task Manager.
  • Di File Explorer, navigasikan ke direktori %localappdata%\WhatsApp.
  • Selanjutnya, akan ada dua folder dengan aplikasi dalam nama versi seperti app-2.2142.12.0 dan app-2.2144.11. Buka folder lama dan copy semua filenya.
  • Setelah itu, buka folder yang lebih baru dan paste semua file yang dicopy sebelumnya. Pastikan anda tidak memilih opsi Replace pou-up yang muncul, melainkan memilih Skip .
  • Setelah selesai, restart PC anda dan jalankan client WhatsApp dan lihat apakah masalahnya sudah diperbaiki.



7. Install Ulang Client WhatsApp Desktop


Upaya terakhir untuk memperbaiki masalah ini adalah menginstall ulang client WhatsApp desktop karena anda mungkin berurusan dengan instalasi aplikasi yang rusak itu sendiri. Anda dapat mencoba menguninstall aplikasi dan menginstall ulang WhatsApp desktop. Untuk menguninstall client desktop WhatsApp, buka Settings Windows dan buka Apps - Apps & features. Temukan WhatsApp dan kemudian uninstall aplikasi. Setelah menguninstall, install kembali WhatsApp dari instal kembali WhatsApp dari Microsoft Store di system anda. Mudah-mudahan, aplikasi tidak akan crash lagi.



Semoga bermanfaat. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menggunakan WhatsApp Web di Desktop dan Chrome atau cara mengirim Disappearing Messages dengan WhatsApp.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki aplikasi WhatsApp desktop crash atau freezing di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Aplikasi WhatsApp Desktop Crash atau Freezing di Windows 10/11"