Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Bluetooth Error An address incompatible with the requested protocol was used

 


Anda mungkin merasa bahwa perangkat mobile anda dan PC Windows 11 atau Windows 10 anda dipair dengan benar, tetapi ketika anda mencoba mengirim file dari komputer anda ke perangkat mobile, anda mendapatkan pesan error An address incompatible with the requested protocol was used. Jika anda mengalami masalah tersebut, maka artikel kali ini menawarkan solusi yang paling sesuai untuk masalah ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan melihat pesan error lengkap seperti berikut ini.

Bluetooth file transfer not completed

Windows was unable to transfer some files

An address incompatible with the requested protocol was used.

To try again, click the Back arrow.




Memperbaiki Bluetooth Error An address incompatible with the requested protocol was used


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah ini di PC Windows 11 atau Windows 10 anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan install update yang tersedia di perangkat Windows anda dan lihat apakah error muncul kembali saat anda mengirim file. Juga, pastikan system anda dikonfigurasi untuk menggunakan IPv4. Anda dapat menonaktifkan IPv6 jika ini karena masalah protokol yang tidak kompatibel seperti yang ditunjukkan pada pesan error.



1. Putuskan Sambungan dan Pair Ulang Perangkat


Anda dapat mulai memecahkan masalah error An address incompatible with the requested protocol was used yang terjadi pada PC Windows 11 atau Windows 10 anda dengan memutuskan sambungan perangkat yang dipair pada system, kemudian pair kembali PC dengan perangkat mobile. Setelah itu periksa apakah masalahnya terselesaikan. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Jalankan Bluetooth Troubleshooter


Untuk menjalankan Bluetooth Troubleshooter di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Selanjutnya, pilih Bluetooth dan klik Run the troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk di jendela troubelshooter untuk perbaikan.



Di Windows 11:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Kemudian, klik Run yang terletak di sebelah Bluetooth.
  • Ikuti petunjuk di jendela troubleshooter untuk perbaikan.



Masalah yang terkait dengan Bluetooth juga dapat terjadi karena beberapa masalah dengan hardware. Jadi, anda dapat menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah yang ada.



3 Periksa Service Bluetooth Penting


Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan service berikut ini diatur ke Automatic (Delayed Start) dan berjalan di Services Windows.

  • Bluetooth
  • Bluetooth Device Monitor
  • Bluetooth OBEX Service
  • Bluetooth Support Services


Untuk mengaktifkan service penting ini di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Buka Services dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, periksa service yang disebutkan diatas satu per satu. Jika ada service yang tidak berjalan atau tidak diatur ke Automatic (Delayed Start), maka klik dobel pada pservice tersebut.
  • Selanjutnya di jendela Properties service, atur Startup type-nya ke Automatic (Delayed Start), kemudian klik Apply dan OK.
  • Klik tombol Start untuk segera memulai service.
  • Terakhir restart PC anda.


Jika masalah belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.



4. Update Driver Bluetooth


Solusi ini mengharuskan anda mengupdate driver Bluetooth dan melihat apakah itu membantu.


Anda dapat mengupdate driver Bluetooth secara manual melalui Device Manager atau anda bisa mendapatkan update driver di bagian Optional Updates di bawah Windows Update. Anda juga dapat mendownload driver versi terbaru dari website produsen adapter Bluetooth anda.


Namun, jika driver terbaru diinstall, maka anda dapat mengembalikan driver atau mendownload dan menginstall versi driver yang lebih lama.


Jika memperbarui dan/atau mengembalikan driver tidak berfungsi, anda dapat menguninstall driver Bluetooth dan kemudian restart PC anda. Saat booting, Windows akan menginstall ulang driver generik untuk Bluetooth yang dalam beberapa kasus cukup untuk adapter Bluetooth berfungsi tanpa masalah.



5. Reset Winsock


Beberapa pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah ini dengan mereset Winsock pada system Windows 11 atau Windows 10 mereka. Anda juga dapat mencobanya.


Untuk melakukannya, anda dapat mengikuti metode ke-7 di artikel ini.



6. Ubah Registry


Karena ini adalah operasi registry, maka saya menyarankan anda untuk membackup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, qnda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut di bawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{e0cbf06c-cd8b-4647-bb8a-263b43f0f974}

  • Disini, klik kanan keyreg {e0cbf06c-cd8b-4647-bb8a-263b43f0f974} di panel kiri dan pilih Delete dari menu konteks.
  • Kemudian klik Yes untuk konfirmasi operasi penghapusan keyreg.


  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart PC anda.

Jika masalah masih belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.


7. Reset Adapter Bluetooth

Adapter Bluetooth adalah bagian dari tumpukan protokol atau tumpukan jaringan yang merupakan implementasi dari rangkaian protokol jaringan komputer atau family protokol.

Solusi ini mengharuskan anda untuk mereset Network Adapter menggunakan fitur Network Reset di system operasi Windows 11 atau Windows 10. Untuk melakukannya, baca artikel ini untuk Windows 10 dan artikel ini untuk Windows 11. 


8. Gunakan Dongle Bluetooth USB

Jika masalah ini terjadi dengan Bluetooth bawaan pada perangkat Windows 11 atau Windows 10 anda, maka untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mendapatkan dongle Bluetooth USB eksternal dan menginstall pengganti adapter Bluetooth pada PC anda. Jika tidak ada masalah, kemungkinan besar adapter Bluetooth internal anda rusak.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Bluetooth error An address incompatible with the requested protocol was used di Windows 10 di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Bluetooth Error An address incompatible with the requested protocol was used"