Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x80070032, The request is not supported Saat Mengcopy File di Windows 10/11

 


Jika anda mendapatkan Error 0x80070032, The request is not supported saat mengcopy file di Windows 10 atau Windows 11, maka berikut ini adalah cara memperbaiki masalah tersebut. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan dan artikel ini akan menjelaskan hampir semua solusi yang mungkin sehingga anda dapat menghilangkan error ini dalam beberapa saat.


Saat anda mendapatkan error ini, pesan error lengkapnya akan terlihat seperti berikut ini.

An unexpected error is keeping you from copying the file. If you continue to receive this error, you can use the error code to search for help with this problem.

Error 0x80070032: The request is not supported.



Error ini bisa terjadi dengan file apapun, seperti dokumen, musik, video, gambar dan lainnya. Jika pesan error ini muncul di layar anda, maka anda tidak akan dapat mengcopy file dari satu folder ke folder lain dengan cara apapun.



Memperbaiki Error 0x80070032, The request is not supported


Untuk memperbaiki Error 0x80070032, The request is not supported saat mengcopy file, maka anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini untuk menyelesaikan masalah di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart Windows Explorer dan Coba Lagi


Ini adalah hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memperbaiki masalah, seperti yang dinyatakan di atas. Terkadang, beberapa konflik internal dapat menyebabkan masalah ini dan merestart Windows Explorer atau File Explorer dapat menyelesaikannya dalam beberapa saat. Oleh karena itu, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager, kemudian klik kanan pada proses Windows Explorer dan klik Restart.



Setelah melakukan itu, coba copy file kembali dari sumber kemudian paste ke folder tujuan. Semoga masalah di perbaiki.



2. Tutup Semua Proses Aplikasi


Banyak aplikasi sering meninggalkan beberapa proses background yang berjalan secara bersamaan tanpa sepengetahuan anda. Jika anda baru saja membuka file atau salah satu file yang anda coba copy di aplikasi dan itu berjalan di background, maka anda mungkin mendapatkan masalah ini. Oleh karena itu, anda perlu membuka Task Manager,  kemudian mengklik kanan pada proses aplikasi dan memilih End taks untuk menutup semua proses background yang terkait dengan aplikasi tertentu.




3. Pastikan Folder Sumber dan Tujuan Tidak Dihapus


Jika anda menghapus folder sumber atau tujuan atau salah satu file saat proses copy-paste sedang berlangsung, maka anda mungkin mendapatkan masalah ini. Oleh karena itu, disarankan untuk memastikan bahwa folder dan file sumber dan tujuan anda tetap utuh saat anda mengcopy sesuatu dari satu lokasi ke lokasi lainnya.



4. Hapus File Sementara dari Offline File


Ada kalanya Offline Files mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya, anda dapat menemukan kerror ini saat mengcopy Offline Files dari satu lokasi ke lokasi lain. Oleh karena itu, lebih baik untuk menghapus temporary file/file sementara untuk memeriksa apakah masalah tetap ada atau tidak. Untuk menghapus file sementara untuk Offline Files, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka Search Windows dan cari manage offline files dan pilih pada hasil yang muncul.


  • Di jendela Offline File, alihkan ke tab Disk Usage.
  • Kemudian klik Delete temporary files dan klik OK.



Setelah itu, periksa apakah anda dapat mengcopy file-file itu atau tidak.



5. Nonaktifkan Offline File


Jika menghapus file sementara tidak memperbaiki masalah, anda mungkin perlu menonaktifkan Offline File. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka jendela Offline Files seperti langkah diatas.
  • Kemudian di tab General, klik Disable offline files.
  • Lanjutkan dengan mengklik Yes dan klik OK.



Setelah itu, periksa apakah anda dapat mengcopy file-file itu.



6. Ubah Value Data Registry


Ada registry bernama FormatDatabase, yang value datanya perlu diatur ke 1. Namun, jika FormatDatabase tidak ada atau value datanya diatur ke 0 (nol), maka anda mungkin mendapatkan error ini. Oleh karena itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memverifikasi value data daru registry tersebut.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\CSC\Parameters

  • Disini, temukan DWORD FormatDatabase di panel kanan. Jika anda tidak dapat menemukannya, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan FormatDatabase.


  • Selanjutnya, klik dobel pada FormatDatabase, kemudian ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK.


  • Setelah itu restart komputer anda.

Mudah-mudahan, sekarang anda dapat mengcopy file anda dari satu lokasi ke lokasi lainnya.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Copy-Paste tidak berfungsi di Windows atau cara Copy dan Paste banyak pilihan teks di Microsoft Word.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0x80070032, The request is not supported saat mengcopy Ffile di Windows 10 di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x80070032, The request is not supported Saat Mengcopy File di Windows 10/11"