Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x8007012a Saat Install Update Windows

 


Saat mencoba mengupdate firmware perangkat Windows 11, Windows 10 atau Surface anda, anda mungkin mendapatkan Install error – 0x8007012a. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya error 0x8007012a ini pada perangkat anda, diantaranya ada masalah sementara dengan Windows Update, masalah koneksi jaringan, services Windows Update yang dinonaktifkan atau komponen update yang rusak. Jika demikian, maka berikut adalah beberapa metode perbaikan yang perlu anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.




Memperbaiki Error 0x8007012a Saat Install Update Windows


Untuk mengatasi Install error – 0x8007012a pada perangkat Windows 11/10 anda, lakukan beberapa metode perbaikan dibawah ini pada perangkat Windows 11 atau Windows 10 anda.



1. Periksa Koneksi Internet Anda


Pastikan anda memiliki koneksi internet yang kuat. Jika memungkinkan, ubah koneksi internet. Anda dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet anda bila perlu. Atau anda juga dapat memperbaiki masalah koneksi Network dan Internet anda jika itu yang menjadi penyebabnya.



2. Cabut Semua Perangkat USB Eksternal


Anda dapat mencoba mengatasi masalah ini dengan melepaskan semua perangkat eksternal seperti Printer, USB drive, webcam eksternal dan lainnya yang mungkin hubungkan ke system anda. Setelah melepaskah semua perangkat tersebut, coba install kembali update Windows anda.



3. Tetap Terhubung ke Listrik


Jika error ini terjadi pada perangkat laptop anda, mka hal yang terbaik adalah menghubungkan laptop anda ke listrik saat proses update firmware, daripada menggunakan power dari baterai.



4. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Anda dapat menjalankan Windows Update Troubleshooter untuk langkah perbaikan selanjutnya dan melihat apakah itu membuat perbedaan. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




5. Gunakan Tool Khusus OEM untuk Menginstal Firmware


Sebagian besar produsen OEM menawarkan tool dukungan untuk membantu anda menginstall update BIOS, driver, serta update firmware. Periksa apakah itu ada di komputer anda dan gunakan. Jika tidak, buka website produsen kemudian download tool tersebut dan install di komputer anda. Setelah itu gunakan tool tersebut untuk mengupdate firmware.


Untuk itu, anda dapat membaca artikel ini untuk menemukan tool untuk perangkat anda.



6. Download Firmware dari Website Produsen


Identifikasi merek perangkat anda dan download firmware untuk perangkat anda. Anda dapat mengunjungi website produsen, kemudian temukan dan download. Setelah itu, install firmware untuk perangkat anda secara manual. Gunakan link artikel di metode 5 untuk menemukan dan membuka website produsen perangkat anda.


Pemilik Surface dapat mendownload firmware Surface Pro terbaru dari Microsoft dan kemudian menginstallnya.


Perbaikan lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mereset Windows Update Component dan meriksa status Windows Update Services. Untuk meriksa status Windows Update Services, anda dapat mengikuti langkah-langkah pada metode 5 di artikel ini.


Semoga sesuatu disini membantu anda. Anda kemudian membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10/11 atau apa itu Firmware dan apa perbedaannya dari Software.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error 0x8007012a saat install update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x8007012a Saat Install Update Windows"