Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 59 SideBySide di Komputer Windows 10/11

 


Saat menganalisis Event Log di Event Viewer di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin melihat error Event ID 59 dengan deskripsi Activation context generation failed. Ketika error manifes atau file kebijakan ini terjadi, sebagian besar saat anda meluncurkan aplikasi tertentu dan aplikasi crash, biasanya tidak diperhatikan karena tidak ada efek buruk pada system anda. Meskipun demikian, artikel ini akan memberikan saran yang dapat anda coba untuk memperbaiki error 59 SideBySide, sehingga fungsionalitas system anda tidak terpengaruh.


Saat anda mendapatkan masalah ini, anda akan melihat deskripsi error yang mirip seperti dibawah ini.

Activation context generation failed for “C:\KMQQ760\KMQQ.exe.” Error in manifest or policy file “C:\KMQQ760\KMQQ.exe” on linel. Invalid Xml syntax.

Log Name: Aplication

Source: SideBySide

Event ID: 59

Level: Error




Apa itu Aplikasi SidebySide?

Service Microsoft Win32 Side-by-Side digunakan untuk mengelola penggunaan berbagai versi komponen yang sama seperti file DLL dan COM yang diinstall dan dijalankan pada komputer Windows 10 atau Windows 11 yang sama.


Apa itu Error SideBySide?

Error SideBySide biasanya terjadi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda jika versi Microsoft Visual C++ yang diinstall saat ini tidak kompatibel dengan aplikasi yang mengalami crash. Event ID 33 atau Event ID 59 biasanya dikaitkan dengan error. Untuk mendiagnosis terperinci, anda dapat menggunakan sxstrace.exe.


Beberapa penyebab yang paling mungkin untuk error ini adalah sebagai berikut:

  • Visual C++ Redistributable Package tidak ada.
  • Dependensi terkait system operasi yang rusak.
  • File .DLL milik ekstensi Bing Bar yang rusak.
  • Korup pada system file.



Memperbaiki Error 59 SideBySide, Activation context generation failed


Jika anda menghadapi masalah Activation context generation failed ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error 59 SideBySide yang terjadi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Karena error 59 SideBySide yang terjadi pada komputer Windows 10 Aatau Windows 11 anda terkait dengan aplikasi, maka anda dapat memulai pemecahan masalah dengan menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan melihat apakah itu membantu.


Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 110 atau Windows 11 1nda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.




2. Uninstall Bing Bar (jika ada)


Bing Bar adalah toolbar untuk Internet Explorer Windows yang terintegrasi dengan search engine Microsoft Bing. Anda dapat menggunakan Bing Bar untuk mencari video, berita dan peta.


Terkait dengan error ini, ekstensi Bing Bar yang mencoba memanggil file .dll yang rusak juga merupakan penyebabnya. Dalam skenario khusus ini, jika itu berlaku untuk anda dan anda telah menginstall Bing Bar di komputer anda, maka untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu menguninstall Bing Toolbar dari PC anda.



3. Jalankan Scan SFC dan DISM


File system yang rusak yang memengaruhi penggunaan dan fungsi normal dari dependensi Visual C++ yang diperlukan pada system Windows 10 atau Windows 11 anda juga dapat menjadi penyebab masalah ini. Dalam hal ini, untuk mengesampingkan kemungkinan ini, anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC) terlebih dahulu. Selanjutnya anda dapat menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) jika System File Checker tidak membantu.




4. Install Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang Hilang


Error ini kemungkinan terjadi karena dependensi Visual C++ yang dibutuhkan oleh aplikasi yang anda coba luncurkan hilang. Atau dalam beberapa kasus, ada service startup yang tidak dapat dimulai karena Visual C++ Redistributable Package tidak ada. Untuk mengatasi masalah ini, anda perlu menginstal redistributable package yang hilang dan kemudian restart komputer anda. Perlu diingat bahwa program yang berbeda akan memerlukan redistributable package yang berbeda, jadi anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi libraries runtime MSVCR yang hilang.


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah berikut dibawah ini dan tekan Enter.


SxsTrace Trace -logfile:SxsTrace.etl

  • Selanjutnya, setelah perintah berhasil dijalankan, buka program yang memicu error ini.
  • Selanjutnya, jalankan perintah berikut ini di jendela command prompt.

sxstrace Parse -logfile:SxSTrace.etl -outfile:SxSTrace.txt


  • Setelah perintah berhasil dijalankan, buka file SxSTrace.txt (temukan di C:\Windows\System32) dengan editor teks anda, kemudian tinjau dan lihat dependensi runtime Visual C++ mana yang hilang.


  • Restart PC ketika instalasi package selesai.
Saat booting, lihat apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


5. Uninstall dan Instal Ulang Aplikasi

Ini adalah  solusi yang layak untuk masalah ini. Karena error ini dapat dipicu oleh aplikasi yang crash saat anda meluncurkannya, maka anda dapat menguninstall aplikasi (sebaiknya menggunakan software pihak ketiga), kemudian restart system. Setelah itu download kembali aplikasi (jika aplikasi penting dan anda masih membutuhkannya) versi terbaru (atau alternatifnya) dan install di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


6. Reset Windows

Pada titik ini jika tidak ada yang berhasil untuk anda dalam menyelesaikan masalah, maka langkah terakhir anda adalah mereset Windows 10 atau Windows 11 anda ke pengaturan pabrik. Anda dapat memilih opsi Keep my file untuk menyimpan file pribadi anda. Anda juga dapat mereset Windows anda menggunakan Cloud Option.



Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu Custom Views di Windows Event Viewer dan cara membuatnya atau cara mengembalikan Event Viewer yang hilang di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 59 SideBySide di komputer Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 59 SideBySide di Komputer Windows 10/11"