Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Can’t find the specified file Saat Mengganti Nama File atau Folder di Windows 10/11

 


Terkadang, saat anda mengcoba mengganti nama file atau folder di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mendapat error yang menyebabkan anda tidak dapat mengganti nama file atau folder tersebut. Jika anda tidak dapat mengganti nama file dan mendapatkan pesan error Can’t find the specified file saat mengganti nama file atau folder, maka artikel ini akan membantu anda memperbaiki masalah tersebut.


Masalah ini cukup umum terjadi, seperti pada situasi dimana anda memindahkan file dari satu folder ke folder lainnya dan kemudian anda mencoba mengganti nama folder secara bersamaan. Namun, mungkin ada alasan lain mengapa error ini terjadi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Itulah mengapa anda perlu mengikuti artikel ini untuk mengetahui metode perbaikannya dan menyingkirkan masalah ini dari komputer anda.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan mendapatkan pesan error seperti berikut ini.

Can’t find the specified file.

Make sure you specify the correct path and file name.



Pada jendela error, pesan error juga mungkin menampilkan opsi Try Again. Namun ketika anda menggunakannya, itu tidak menghasilkan sesuatu yang bermanfaat sama sekali.



Memperbaiki Error Can’t find the specified file Saat Mengganti Nama File atau Folder


Untuk memperbaiki error Can’t find the specified file pada Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan dibawah ini untuk menyingkirkan masalah tersebut. Mari kita lihat metodenya satu per satu secara terperinci.



1. Pastikan File atau Folder Ada


Ini adalah hal pertama yang perlu anda periksa sebelum menuju ke solusi lain. Seperti yang disebutkan sebelumnya, anda mungkin mendapatkan error ini saat memindahkan file dari satu folder ke folder lain saat mengganti namanya. Itu sebabnya anda harus memeriksa apakah file atau folder ada di folder masing-masing di tempat yang seharusnya. Jika tidak, anda perlu menemukan file atau folder di lokasi baru untuk mengganti namanya.



2. Restart Proses Windows Explorer


Merestart proses Explorer mungkin berguna bagi anda dalam situasi seperti ini. Jika anda mendapatkan beberapa masalah dengan File Explorer, anda dapat memperbaikinya dengan merestart proses ini. Untuk merestart proses Windows Explorer, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager.
  • Di jendela Task Manager di bawah tab Processes, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.



Setelah melakukan itu, periksa apakah anda sekarang dapat mengganti nama file dan folder atau tidak.



3. Sign out dan Sign in Akun


Terkadang, beberapa proses background internal dapat menyebabkan masalah ini. Anda mungkin perlu sign out dari akun anda dan kemudian sign in kembali. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik Start Menu atau tekan tombol Windows, kemudian klik Profil anda dan pilih opsi Sign out.
  • Setelah itu, pilih kembali akun anda dan masukkan password untuk log in kembali.




4. Buat Key RunOnce


Registry komputer anda harus memiliki keyreg RunOnce di lokasi yang telah ditentukan. Jika Windows anda tidak memiliki keyreg ini, maka anda mungkin mendapatkan masalah yang sedang kita bahas ini. Untuk memverifikasi atau membuat keyreg RunOnce, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Catatan: Disarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point sebelum mengikuti langkah-langkah dibawah ini.


  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion

  • Di lokasi ini, periksa apakah ada keyreg bernama RunOnce di bawah CurrentVersion.


  • Jika tidak ada, maka klik kanan pada CurrentVersion, kemudian pilih New - Key dan beri nama dengan RunOnce.


  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart komputer anda.

Setelah itu, coba ganti nama file atau folder tersebut.


5. Hapus Key Registry

Ada lima key registry yang mungkin menyebabkan masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Jadi, anda harus menghapusnya dari Registry Editor untuk menghilangkan masalah ini. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus keyreg tersebut.

  • Buka Registry Editor seperti langkah diatas dan arahkan ke jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FolderDescriptions

  • Setelah itu, klik kanan pada setiap subkey dibawah ini, kemudian pilih opsi Delete dan klik Yes pada jendela konfirmasi yang muncul.
  1. {A302545D-DEFF-464b-ABE8-61C8648D939B}
  2. {A990AE9F-A03B-4e80-94BC-9912D7504104}
  3. {2112AB0A-C86A-4ffe-A368-0DE96E47012E}
  4. {491E922F-5643-4af4-A7EB-4E7A138D8174}
  5. {7b0db17d-9cd2-4a93-9733-46cc89022e7c}


  • Terakhir, restart komputer anda.


Itu saja! Semoga panduan ini membantu anda mengganti nama file atau folder yang diinginkan. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengganti Nnama file dengan Batch di Windows atau perintah untuk mengelola file dan folder melalui Command Prompt di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Can’t find the specified file saat mengganti nama file atau folder di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Can’t find the specified file Saat Mengganti Nama File atau Folder di Windows 10/11"