Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x00000190 Microsoft Store di Windows 10/11

 


Banyak pengguna Windows 10 atau Windows 11 mendapatkan masalah saat mendownload beberapa aplikasi tertentu dari Microsoft Store. Ketika mereka mencoba melakukan hal tersebut, mereka menemukan error yang mengatakan Something happened at our end. Waiting a bit might help dengan error code 0x00000190. Jika anda menghadapi masalah ini maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah ini.



Memperbaiki Error Code 0x00000190 Microsoft Store


Jika anda ingin memperbaiki error code 0x00000190 Microsoft Store, maka langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mengupdate komputer anda. Anda perlu memastikan bahwa anda menggunakan versi terbaru Windows 10 atau Windows 11. Terkadang, dengan mengupdate Windows, itu dapat menyelesaikan masalah dan jika itu tidak menyelesaikan masalah, menjaga system anda tetap up to date adalah hal yang baik.


Jika setelah mengupdate Windows, itu tidak memperbaiki masalah ini, maka ikuti metode perbaikan berikut ini untuk menyelesaikan masalah.



1. Hapus Cache Windows Store


Error ini dapat terjadi karena kesalahan pada system sehingga system mengalami proses yang tidak sempurna. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mereset cache Windows Store. Ingatlah, bahwa anda tidak menghapus file penting apapun, jadi anda dapat menghapusnya tanpa ragu-ragu.

  • Untuk melakukannya, tekan tombol Win + R, kemudian ketik wsreset.exe dan tekan Enter.
  • Jendela Command Prompt akan muncul dan pekerjaan anda selesai.
  • Setelah it, anda perlu merestart komputer anda.



2. Perbaiki Pengaturan Tanggal dan Waktu


Selanjutnya, anda perlu memeriksa pengaturan Tanggal dan Waktu anda. Anda perlu memastikan bahwa semuanya benar, jika tidak maka anda tidak dapat terhubung ke Microsoft Store. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, ubah View by ke Large/Small icons, kemudian pilih Region.
  • Pastikan bagian Format anda cocok dengan bahasa tampilan Windows (recommended) atau English (United States).
  • Sekarang, periksa tanggal dan waktu system anda. Jika salah, anda harus memperbaiki tanggal dan waktu.



Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah dibwah ini, untuk mengatur tanggal dan waktu di Settings Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan di jendela Settings pilih Time & Language.
  • Di halaman berikutnya, klik Date & time di panel kiri.
  • Sementara di panel kanan, aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
  • Setelah itu klik Sync now.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, pilih Time & language di panel kiri dan di panel kanan klik Date & time.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
  • Setelah itu klik Sync now.




3. Periksa Koneksi Internet Anda


Masalahnya bisa karena koneksi Internet yang buruk. Anda harus memiliki internet yang baik untuk dapat mendownload aplikasi dari Windows Store. Anda dapat menggunakan pemeriksa kecepatan internet untuk mengetahui bandwidth anda. Jika kecepatannya rendah, hubungi Internet Speed Provider anda dan minta mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tetapi sebelum itu, anda harus merestart router anda.


Jika Internet lambat, maka anda tidak dapat terhubung ke server Windows Store, apalagi mendownload game. Oleh karena itu, sangat penting untuk memecahkan masalah Internet yang lambat. Pertahankan bandwidthanda dan lihat apakah masalah tetap ada.



4. Periksa apakah Microsoft Store sedang down?


Sekarang, setelah anda tahu Internet anda berfungsi, saatnya untuk memeriksa apakah ini merupakan masalah dari sisi server. Untuk itu, anda dapat menggunakan Down Detector atau lainnya untuk memeriksa status server Windows Store. Jika tidak berfungsi, maka anda harus menunggu teknisi menyelesaikan masalah karena tidak ada yang dapat anda lakukan. Biasanya mereka membutuhkan waktu beberapa jam untuk menyelesaikan masalah. Tetapi jika server sudah teratasi namun anda masih mendapatkan error, maka pindah ke solusi berikutnya.



5. Daftar Ulang Microsoft Store


Terkadang, masalahnya tidak ada hubungannya dengan internet atau server. Microsoft Store anda mungkin memiliki beberapa error atau mungkin juga rusak. Tetapi ini tidak berarti bahwa anda tidak dapat menyelesaikan masalah. Jadi, mulailah dengan mendaftarkan ulang Microsoft Store anda.


Ini sangat sederhana dan anda dapat melakukannya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Buka PowerShell dengan hak admin. Di Windows 10, tekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Sementara di Windows 11, gunakan Search Windows untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as Administrator.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut dan tekan Enter.


Get-AppXPackage *WindowsStore* -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

  • Ini akan memakan waktu, jadi, tunggu prosesnya selesai. Kemudian restart komputer anda dan periksa apakah masalah berlanjut.

Jika setelah menjalankan perintah diatas tidak memperbaiki masalah, maka anda dapat menginstall ulang Microsoft Store. Untuk menginstall ulang Microsoft Store, anda harus menguninstallnya terlebih dahulu. Di jendela PowerShell dengan hak administrator, jalankan perintah berikut ini.

Get-AppxPackage *WindowsStore* | Remove-AppxPackage

Setelah itu restart komputer anda dan kemudian jalankan perintah berikut ini untuk mendapatkannya kembali

Get-AppXPackage -AllUsers -Name Microsoft.WindowsStore | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml" -Verbose}


Semoga itu membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara meningkatkan kecepatan koneksi internet di Windows 10/11 atau mengoptimalkan kinerja Windows 10/11 dengan mengedit registry.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x00000190 Microsoft Store di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x00000190 Microsoft Store di Windows 10/11"