Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x803F7000 atau 0x803F7001 Saat Aktivasi Windows

 


Saat anda mencoba mengaktivasi Windows 10 atau Windows 11 di komputer anda, anda mungkin mengalami error aktivasi seperti error code 0xC004F012, 0x803FABB8, 0xc004e016 dan lainnya. Dalam artikel ini, saya akan mencoba mengidentifikasi penyebab potensial dan kemudian memberikan solusi yang paling sesuai untuk memperbaiki error code 0x803F7000 atau 0x803F7001 saat mengaktivasi Windows. Ingatlah bahwa kedua error code ini serupa, jadi perbaikan yang sama dalam artikel ini berlaku untuk keduanya.


Saat anda mengalami masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda akan melihat pesan error seperti dibawah ini.

Windows can’t activate at this time. Try activating again later. If that doesn’t work, contact support. Error code: 0x803F7000/0x803F7001



Error Aktivasi Windows ini berarti bahwa lisensi yang valid tidak dapat ditemukan untuk mengaktivasi Windows di PC anda. Anda mungkin mengalami error ini karena beberapa alasan berikut ini.

  • Error ini dapat terjadi jika pertama kalinya Windows diinstall pada PC tersebut.
  • Penyebab lainnya adalah jika anda mengubah hardware pada PC Windows 10 atau Windows 11 yang sebelumnya sudah diaktifkan.
  • Anda menginstall ulang edisi Windows 10 atau Windows 11 yang berbeda.
  • Anda membeli PC yang sudah diinstall Windows 10 atau Windows 11 sebelumnya dan error code aktivasi yang terlihat muncul pada booting pertama.



Memperbaiki Error Code 0x803F7000 atau 0x803F7001 Saat Aktivasi Windows


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu memperbaiki error code 0x803F7000 atau 0x803F7001 saata aktivasi Windows di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Activation Troubleshooter


Tindakan pertama anda untuk memperbaiki error yang terjadi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda adalah dengan menjalankan Activation Troubleshooter bawaan. Wizard otomatis akan mengakses masalah potensial (misalnya anda menginstall ulang dan mencoba mengaktifkan edisi Windows selain yang anda izinkan untuk digunakan) dan membuat rekomendasi tentang kemungkinan penyelesaian.


Di Windows 10:

  • Untuk menjalankannya, anda dapat membuka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Activation di panel kiri dan anda akan menemukan opsi Troubleshoot di panel kanan. Klik itu dan ikuti petunjuk.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Activation.
  • Di halaman berikutnya, anda akan opsi Troubleshoot. Klik itu dan secara otomatis ia akan mendeteksi masalah dan memperbaikinya jika memungkinkan.



Setelah menjalankan troubleshoot, lakukan aktivasi kembali. Jika troubleshoot tidak membantu, anda dapat membuat dan menjalankan skrip aktivasi secara manual dan melihat apakah itu membantu.


Untuk membuat dan menjalankan skrip aktivasi/file batch pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda untuk memaksa aktivasi, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik notepad dan tekan Enter untuk membuka Notepad.
  • Selanjutnya copy kode sintaks dibawah ini dan paste ke editor teks.


@echo off
:loop
cscript /nologo slmgr.vbs /ato
if errorlevel 0 goto end
goto loop
:end
echo Activation was successful. Press any key to close this window.
pause>nul
exit

  • Kemudian klik File - Save As dan simpan file (sebaiknya ke desktop) dengan nama beserta ekstensi .bat diakhir nama file (misalnya ActivateWIN.bat).
  • Pada bagian Save as type, pilih All Files dan kemudian klik Save.


  • Setelah itu, pastikan komputer terhubung ke internet.
  • Sekarang, buka folder tempat anda menyimpan skrip, kemudian klik kanan file batch dan pilih Run as Administrator.

Jika perangkat anda masih belum diaktivasi setelah ini, coba solusi berikutnya.


2. Aktivasi Windows Setelah Perubahan Hardware

Karena lisensi Windows terikat dengan hardware PC anda, jika anda membuat perubahan hardware yang signifikan, yang dapat berupa mengganti motherboard anda atau memindahkan drive Windows yang diinstall ke PC baru, saat booting system berikutnya, Windows tidak akan dapat menemukan lisensi yang cocok. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, ikuti petunjuk dalam artikel tentang cara aktivasi Windows 10/11 setelah mengganti hardware.


3. Beli Lisensi Windows

Seperti yang telah ditunjukkan, jika ini adalah pertama kalinya Windows 10 atau Windows 11 telah diinstall pada perangkat dan anda mengalami error, anda harus memberikan product key atau digital license 25 karakter yang valid untuk Windows 10 atau Windows 11 yang dapat anda beli dan gunakan untuk mengaktivasinya.

Untuk membeli digital license secara online, lakukan hal berikut ini.
  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Activation di panel kiri dan pilih Go to the Store di panel kanan.
  • Di jendela Microsoft Store, ikuti petunjuk untuk membeli lisensi untuk Windows.


4. Aktifkan Melalui Microsoft Chat Support

Solusi yang layak untuk masalah yang dihadapi adalah mengaktivasi Windows melalui telepon dengan menghubungi Microsoft Support.




Jika keempat metode ini gagal mengatasi error ini, maka anda dapat mencoba memulihkan product key Windows anda menggunakan aplikasi pihak ketiga.


5. Hubungi Produsen PC

Ada kasus yang jarang terjadi dimana error manufaktur dimana product key Windows yang tepat tidak disertakan dalam hardware PC anda. Jadi, jika PC anda dibeli dengan Windows 10 atau Windows 11 yang sudah diinstal sebelumnya dan anda menerima error code aktivasi pada saat booting pertama, maka anda dapat menjalankan Activation Troubleshooter. Jika Activation Troubleshooter tidak dapat mengaktifkan PC anda, maka anda harus menghubungi pabrikan PC anda untuk mengatasi masalah tersebut.


Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memvalidasi product key Windows 10/11 atau bagaimana mengganti motherboard tanpa menginstal ulang Windows 10/11?

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x803F7000 atau 0x803F7001 saat aktivasi Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x803F7000 atau 0x803F7001 Saat Aktivasi Windows"