Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 193 LiveKernelEvent di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows telah melaporkan bahwa mereka mendapatkan error code 193 LiveKernelEvent di PC Windows 10 atau Windows 11 mereka. Akibatnya, ketika mereka meninggalkan PC mereka dalam keadaan idle, komputer tidak akan bangun. Ini adalah error hardware dan dapat menyebabkan masalah serius dengan system anda.


Saat anda mendapatkan error ini, maka anda akan melihat deskripsi error seperti berikut ini.

A problem with your hardware caused Windows to stop working correctly.



Jika anda menghadapi masalah yang sama, maka artikel ini akan membanti anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa perbaikan untuk mengatasi error ini. Tetapi sebelum itu, mari kita coba dan pahami apa yang berpotensi menyebabkan error yang sama.



Penyebab Error Code 193 LiveKernelEvent


Berikut ini adalah beberapa alasan yang berpotensi menyebabkan error code 193 LiveKernelEvent di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Error ini dapat disebabkan karena driver WiFi Intel yang out of date atau rusak. Dalam hal ini, update driver WiFi Intel anda ke versi terbaru.
  • Error ini juga dapat disebabkan oleh ketidakkonsistenan hardware yang disebabkan oleh periferal eksternal atau hard drive. Jika anda baru saja menghubungkan hardware ke PC anda, coba jalankan Hardware and Devices Troubleshooter untuk mengatasi dan memperbaiki masalah terkait.
  • Driver chipset yang out of date juga dapat menyebabkan error ini. Jadi, coba update driver chipset anda untuk memperbaiki error ini.
  • Error ini juga dapat dipicu karena driver BIOS yang out of date dan kerusakan file system.


Dalam skenario apapun, anda dapat menggunakan perbaikan yang tercantum di bawah ini untuk mengatasi error ini.



Memperbaiki Error Code 193 LiveKernelEvent


Berikut adalah beberapa metode perbaikan yang dapat anda coba untuk mengatasi error code 193 LiveKernelEvent di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Jika anda baru saja menghubungkan drive eksternal atau periferal tambahan ke PC anda, maka itu bisa menjadi alasan anda mendapatkan error code ini. Sangat umum untuk menghadapi masalah setelah menghubungkan hardware eksternal, terutama hard drive eksternal. Jadi, jika skenarionya berlaku untuk anda, maka anda harus mencoba menjalankan Hardware and Devices troubleshooter dan membiarkannya memperbaiki masalah terkait hardware untuk akhirnya memperbaiki error yang bersangkutan.




2. Update Driver Wi-Fi Intel Anda


Error ini mungkin dipicu jika anda tidak memiliki driver Dual-Band Wireless terbaru jika anda menggunakan Windows 10. Beberapa pengguna yang terpengaruh berhenti menerima error setelah mengupdate driver wireless Intel ke versi terbaru. Anda dapat mengunjungi halaman download driver Intel® Dual Band Wireless-AC resmi dan kemudian klik View details yang ada di sebelah driver. Setelah itu, download executable untuk driver dan kemudian jalankan installer untuk menginstall driver Intel WiFI terbaru.



Ketika anda selesai mengupdate driver WiFi anda, restart system anda dan lihat apakah errornya sudah diperbaiki atau tidak.



3. Update Driver Chipset


Error code 193 LiveKernelEvent dapat terjadi karena driver chipset yang tidak kompatibel atau out of date yang bertanggung jawab untuk mengontrol komunikasi antara CPU, GPU, hard drive dan system memory. Jika anda memiliki driver chipset yang out of date, ini dapat menyebabkan PC anda tidak stabil untuk task-task yang membutuhkan banyak resource. Jadi, jika skenarionya berlaku untuk anda, maka anda harus melanjutkan dengan mengupdate driver chipset anda.


Proses untuk mengupdate driver chipset bervariasi tergantung pada produsen perangkat anda. Disini, saya akan menunjukkan langkah-langkah untuk mengupdate driver chipset untuk merek AMD dan Intel. Mari kita periksa langkah-langkah di bawah ini untuk mengupdate driver chipset.


Driver Chipset AMD



  • Sekarang, gulir ke bawah ke bagian Search for your product dan dari sini, pilih kategori Chipsets dari kolom kiri.
  • Selanjutnya, pilih soket prosesor dan prosesor anda dari kolom kanan.
  • Setelah itu, klik Submit untuk melihat semua driver chipset yang kompatibel.
  • Kemudian, download driver chipset yang sesuai berdasarkan arsitektur komputer anda (32-bit atau 64-bit).
  • Setelah download, install driver chipset dengan menjalankan installer dan mengikuti petunjuk di layar.
  • Terakhir, restart PC anda dan lihat apakah error code 193 LiveKernelEvent telah diperbaiki.


Driver Chipset Intel



  • Sekarang, download file SetupChipset.exe dari halaman download di atas.
  • Setelah itu jalankan file SetupChipset.exe.
  • Selanjutnya, ikuti instruksi yang diminta untuk menjalankan pengaturan dan menginstall driver chipset.
  • Setelah instalasi selesai, restart komputer anda dan lihat apakah kesalahan belum teratasi.


Jika anda masih mendapatkan error code 193 LiveKernelEvent, anda dapat melanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya.



4. Uninstall NordVPN (jika ada)


Sesuai beberapa laporan pengguna, error ini dapat dipicu karena proses NordVPN. Jika skenario berlaku dan anda telah mengaktifkan NordVPN pada startup Windows, maka anda dapat mencoba menonaktifkan NordVPN dan melihat apakah itu memperbaiki error ini. Jika ya, anda harus menguninstall NordVPN untuk memperbaiki error ini secara permanen.



Jika anda tidak berhasil dengan metode ini, coba solusi berikutnya.



5. Update BIOS


Error ini juga dapat dipicu karena BIOS yang out of date, terutama jika anda baru saja mengupgrade ke Windows 11. BIOS yang out of date dapat menyebabkan ketidakstabilan system dan dapat menyebabkan error pada system anda. Jadi, coba update BIOS anda dan lihat apakah errornya dapat diperbaiki atau tidak.



6. Lakukan Clean Install atau Repair Install


Jika tidak ada solusi di atas yang cocok untuk anda, maka anda mungkin berurusan dengan beberapa jenis kerusakan file system yang tidak dapat dihapus secara konvensional. Oleh karena itu, jika skenario berlaku, anda dapat mencoba melakukan clean install atau repair install untuk memperbaiki error ini.




Itu saja yang dapat anda lakukan! Jika anda mengalami error LiveKernelEvent dengan error code lainnya, maka anda dapat membaca artikel saya tentang memperbaiki error LiveKernelEvent di komputer Windows.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 193 LiveKernelEvent di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 193 LiveKernelEvent di Windows 10/11"