Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered

 


Saat anda mencoba menginstall atau membuka sebuah program di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan pesan error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered. Jika anda mendapatkan masalah ini maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling sesuai yang dapat anda coba untuk memperbaiki error ini pada perangkat anda.


File MSCOMCTL.OCX merupakan modul ActiveX Control yang berisi kontrol umum yang digunakan oleh Visual Basic dan Windows, seperti kontrol ImageCombo, ImageList, ListView, ProgressBar, Slider, StatusBar, TabStrip, ToolBar dan TreeView. Beberapa software lama mungkin masih memerlukan file ini agar berfungsi.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan mendapatkan pesan error lengkap seperti berikut ini.

Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not registered: a file is missing or invalid



Mengapa MSCOMCTL.OCX hilang?

Jika sebuah program meminta anda dengan error file MSCOMCTL.OCX hilang atau tidak valid pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda ketika anda mencoba menginstall atau meluncurkan software di komputer anda, maka itu berarti aplikasi tidak dapat menemukan file OCX yang diperlukan di tempat yang sesuai direktori system atau file OCX tidak terdaftar dengan benar di komputer anda.



Memperbaiki Error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered


Jika anda menghadapi masalah ini pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered yang terjadi pada system anda.



1. Jalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter


Program Install and Uninstall Troubleshooter dirancang untuk membantu pengguna PC memperbaiki masalah terkait install dan uninstall secara otomatis saat anda diblokir untuk menginstal atau menghapus program. Ini juga memperbaiki key registry yang rusak.



Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter dari Microsoft dan melihat apakah error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered yang terjadi pada system anda dapat teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Daftarkan Ulang File .OCX


Ketika error ini terjadi, itu berarti file yang diperlukan untuk software tidak terdaftar atau hilang dan aplikasi yang dimaksud tidak akan dapat berjalan di system anda. Mendaftarkan file dengan system operasi Windows 10 atau Windows 11 berarti OS menyimpan entri file dalam databasenya dan mengetahui bahwa file tersebut ada di direktori tertentu. File ini dapat digunakan oleh aplikasi apapun yang membutuhkannya dan memanggilnya.


Solusi ini mengharuskan anda untuk mendaftarkan ulang file .OCX yang dimaksud. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.



  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela command prompt, masukan perintah dibawah ini sesuai arsitektur system anda dan tekan Enter.

Untuk 64-bit:

regsvr32 "C:\Windows\SysWOW64\MSCOMCTL.OCX"

Untuk 32-bit:
regsvr32 "C:\Windows\System32\MSCOMCTL.OCX"

Catatan: Jika C: bukan drive letter system anda (instalasi Windows), maka ubahlah sesuai dengan itu.


3. Ganti atau Pulihkan file .OCX

Anda dapat memulihkan file dari Recycle Bin jika file .OCX terhapus secara tidak sengaja. Anda juga dapat memulihkan file ini dengan masuk ke komputer Windows lain yang berfungsi dan yang baru saja diupdate, kemudian navigasikan ke folder yang sesuai dengan arsitektur system anda seperti yang ditunjukkan dalam solusi 2. Selanjutnya copy file yang dimaksud dan kemudian pastekan file tersebut di lokasi yang sama di komputer yang bermasalah.


Anda juga dapat memulihkan file MSCOMCTL.OCX ke folder yang sesuai dengan salinan file yang sehat (jika tersedia) dari Winbindex. Website tersebut memungkinkan pengguna untuk melihat informasi tentang file OS Windows dan mendownloadnya dari server Microsoft.


4. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter

Jika aplikasi yang memicu error sudah diinstall pada system anda tetapi anda mendapatkan error saat mencoba membuka aplikasi, maka anda dapat menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan melihat apakah itu membantu.

Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.


Jika ini tidak membantu, maka anda dapat menguninstall aplikasi yang bermasalah (sebaiknya, gunakan software pihak ketiga), kemudian reboot PC anda. Setelah itu download ulang aplikasi dan install ulang versi terbaru aplikasi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Salah satu solusi ini harus bekerja untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu twain_32.dll di Windows dan cara memperbaikinya atau cara memperbaiki error file .dll yang hilang di Windows.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Component ‘MSCOMCTL.OCX’ or one of its dependencies not correctly registered"