Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error The dinamyc library .dll failed to load di Windows 10/11

 


Pada startup Windows, jika system anda tidak dapat memuat file dll yang diperlukan, maka itu akan menghasilkan pesan error yang menyatakan file dll gagal dimuat. Anda akan melihat pesan error seperti The dinamyc library filename.dll failed to load atau Failed to load filename.dll library di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk hal itu, maka artikel kali ini akan memberikan anda beberapa metode perbaikan untuk membantu anda.


Error ini dapat terjadi jika OS Windows gagal menemukan library  DLL yang perlu diakses system selama startup. Itu juga bisa terjadi jika bisa terjadi jika DLL tidak ada dalam direktori yang ditentukan di jalur atau jika DLL hilang atau rusak. Dan ini biasanya terlihat jika anda telah menghapus malware infection namun file DLL tertinggal.




Memperbaiki Error The dinamyc library .dll failed to load


Jika anda menghadapi error ini di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka berikut ini ada beberapa metode perbaikan yang dapat anda coba.



1. Install Ulang Program

Anda dapat menginstall ulang program yang menyebabkan error ini. Langkah yang baik jika anda menguninstall program secara komplit, kemudian mendowanload ulang program terbaru dan kemudian menginstallnya di PC anda.


2. Periksa Program Startup

Periksa program Startup, terutama jalur startup Windows Registry dan kemudian menghapus entri startup ke file dll yang bermasalah.




3. Jalankan Registry Cleaner

Anda dapat menjalankan Registry Cleaner untuk membersihkan registry lama yang tidak digunakan lagi. Anda dapat menggunakan CCleaner untuk membersihkan sisa registry dan file sampah.




4. Daftarkan Ulang File DLL

Jika file yang dimaksud adalah file DLL sah yang diperlukan oleh salah satu program anda, maka anda dapat mendaftarkan ulang file DLL ini. Tool Regsvr32 adalah utilitas command line yang dapat digunakan untuk mendaftar dan membatalkan pendaftaran kontrol OLE sebagai kontrol DLL dan ActiveX (OCX) di system operasi Windows. Jika anda menemukan bahwa beberapa fungsi Windows anda tidak bekerja dengan benar, anda mungkin perlu mendaftarkan file dll anda.




5. Gunakan Dependency Walker

Gunakan Dependency Walker freeware untuk memecahkan masalah, jika program tertentu milik anda tidak dimuat atau service yang gagal memulai dengan error yang menunjuk ke file dll tertentu. Anda dapat memuat program tersebut atau dll di Dependency Walker untuk melihat file mana yang gagal dimuat atau modul apa yang menyebabkan masalah dan kemudian memperbaikinya.


6. Periksa Detail di Event Viewer

Jika tidak ada yang membantu, anda mungkin perlu membuka Event Viewer dan memeriksa pesan error atau kode yang disebabkan oleh file ini. Buka Event Viewer dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik eventvwr dan tekan Enter dan kemudian periksa error terkait. Anda juga dapat membuat custom views di Event Viewer untuk mempermudah anda memeriksa error.



Ada berbagai cara untuk memperbaiki error terkait file DLL di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Ini termasuk menjalankan scan System File Checker (SFC) dan  Deployment Image Servicing and Management (DISM). Dan jika anda menghadapi masalah file .dll yang hilang, maka anda dapat membaca artikel ini.


Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The dinamyc library .dll failed to load di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error The dinamyc library .dll failed to load di Windows 10/11"