Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Fail Fast Exception di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows melaporkan masalah ketika mereka mem-boot komputer Windows 11 atau Windows 10 mereka dimana system melakukan booting ke desktop tanpa ikon atau thumbnail dan menampilkan pesan error Explorer.exe – Fail Fast Exception. Selain itu, taskbar menjadi tidak responsif. Artikel kali ini akan memberikan solusi yang paling sesuai untuk masalah ini. Perlu diingat bahwa error ini dapat terjadi dengan file .exe lainnya dan ada kasus ketika anda menekan tombol Alt + Tab untuk meminimize atau keluar dari game atau program, error dapat terjadi. Bagaimanapun, solusi disini berlaku.


Tergantung pada program atau proses .exe, saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap yang serupa seperti berikut ini.

Explorer.exe – Fail Fast Exception

A fail fast exception occurred. Exception handlers will not be invoked and the process will be terminated immediately.




Apa itu Explorer EXE - Fail Fast Exception?

Fail Fast Exception adalah jenis Exception yang dibuat oleh aplikasi User Mode. Tidak seperti semua kode exception lainnya, Fail Fast Exceptions melewati semua penangan exception (frame atau vector-based). Meningkatkan exception ini akan menghentikan aplikasi dan memanggil Windows Error Reporting (WER), jika Windows Error Reporting diaktifkan.



Memperbaiki Error Explorer EXE - Fail Fast Exception


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error Explorer.exe – Fail Fast Exception yang terjadi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Restart File Explorer

Karena pesan error menunjuk ke proses explorer.exe, maka solusi ini mengharuskan anda untuk me-restart File Explorer anda dan melihat apakah error Explorer.exe – Fail Fast Exception yang terjadi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda dapat diatasi. Untuk itu,  buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc. Di jendela Task Manger, klik kanan pada Windows Explorer dan klik Restart.




2. Nonaktifkan Fast Startup

Fitur Fast Startup di Windows 10 atau Windows 11 diaktifkan secara default jika berlaku. Fast Startup dirancang untuk membantu startup komputer anda lebih cepat setelah anda mematikan komputer anda. Saat anda mematikan komputer, komputer anda sebenarnya memasuki kondisi hibernasi bukan mati total. Jadi, solusi ini mengharuskan anda untuk menonaktifkan Fast Startup dan melihat apakah error ini muncul kembali saat anda mem-boot system anda.




3. Jalankan Scan SFC dan DISM

Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan scan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM) pada perangkat anda untuk memeriksa dan kemudian memperbaiki atau mengganti file jika ditemukan file system yang rusak atau hilang pada Windows 10 atau Windows 11 anda.




4. Jalankan CHKDSK

Solusi ini mengharuskan anda menjalankan CHKDSK untuk memperbaiki error atau bad sector pada drive system, yang mungkin menjadi penyebabnya disini. Drive system adalah drive yang berisi partisi system. Pada umumnya, ini adalah drive C:.




5. Jalankan program dalam Compatibility Mode

Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan program dalam Compatibility Mode. Ini berfungsi untuk pengguna PC yang mengalami masalah saat mereka keluar dari game.




6. Uninstall dan Install Ulang Program

Solusi ini juga berfungsi untuk beberapa pengguna PC. Ini mengharuskan anda untuk menguninstall aplikasi atau game (sebaiknya, gunakan software uninstaller pihak ketiga) dari perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dan kemudian install ulang item yang dimaksud.



7. Lakukan System Restore

Anda dapat melakukan System Restore pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dimana akan memngembalikan system anda ke kondisi dimana system belum mengalami masalah terkait error ini. Saat anda berhasil melakukan System Restore, pada startup system berikutnya, status komputer lama anda akan diterapkan dan semoga masalah yang ada dapat teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.




8. Pecahkan Masalah Konflik Program

Jika program tersebut bertentangan dengan beberapa software lain yang diinstall pada komputer anda, maka error Explorer.exe – Fail Fast Exception ini dapat muncul. Saya menyarankan anda untuk memecahkan masalah di Clean Boot untuk mengidentifikasi software yang bertentangan.




Salah satu solusi ini harus bekerja untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengurangi jarak antar item di File Explorer Windows 11 atau cara mengubah ukuran lebar kolom File Explorer di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Fail Fast Exception di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Fail Fast Exception di Windows 10/11"