Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Game Bar Can’t Record Right Now atau There’s nothing to record di Windows 10/11

 


Jika anda melihat error seperti Can’t record right now, Try again later atau There’s nothing to record saat mencoba merekam game di PC Windows anda, maka artikel ini memberikan beberapa saran untuk memecahkan masalah tersebut. Jika anda sering merekam game dengan kualitas audio yang sangat baik di Windows, maka anda mungkin sudah menggunakan Game DVR yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol bagaimana mereka ingin merekam game dan mengambil screenshot saat bepergian.



Masalah ini terutama terjadi ketika PC anda tidak dapat menangani fitur Game Bar dan DVR Game dan ini biasanya terjadi ketika anda tidak memiliki komputer kelas atas. Jika anda memiliki konfigurasi yang baik tetapi masih menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba saran-saran berikut ini.



Memperbaiki  Error Game Bar Can’t Record Right Now atau There’s nothing to record


Sekarang jika anda mengalami error seperti yang disebutkan di atas, maka anda harus mengikuti beberapa metode berikut ini untuk memperbaiki masalah ini.



1. Install Ulang Aplikasi Xbox


Jika anda baru saja mengupdate komputer anda, file instalasi Xbox mungkin rusak atau salah konfigurasi. Jadi, anda perlu menginstall ulang aplikasi Xbox. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka PowerShell dengan hak administratif. Untuk melakukannya, gunakan Search Windows untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Jika anda menggunakan Windows 10, tekan Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin).
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


Get-AppxPackage *xboxapp* | Remove-AppxPackage


  • Sekarang, buka Microsoft Store, cari aplikasi Xbox dan install.

Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca artikel saya tentang cara uninstall XBox secara komplit dari Windows 10/11.


2. Hapus Temporary File

Ini cukup penting ketika anda menghadapi masalah dengan recording/perekaman. Anda harus menghapus temporary file (file sementara) tepat setelah menguninstall aplikasi Xbox sehingga semua file sisa dapat dihapus. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan kemudian pilih System di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Storage di panel kiri dan di panel kanan klik Temporary files.
  • Selanjutnya, tunggu scan file selesai, kemudian pilih Temporary files dan kemudian klik Remove files.



Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan di panel kanan klik Storage.
  • Di halaman berikutnya, klik Temporary files di panel kanan.
  • Selanjutnya, tunggu scan file selesai, kemudian pilih Temporary files dan kemudian klik Remove files.


Jika anda baru saja mengupdate komputer anda, anda juga dapat menghapus Previous version of Windows.


3. Shortcut Keyboard Dasar

Untuk membuka Xbox Game Bar, anda dapat menekan tombol Win + G untuk menampilkan Game Bar dan kemudian mulai merekam. Namun, ada banyak game yang memblokir key Win. Jika demikian, anda mungkin tidak dapat mengaktifkan Game Bar. Dalam hal ini, anda perlu mengubah shortcut keyboard.

Beberapa orang mengklaim bahwa mereka mengira OS gagal menampilkan Game Bar dan perekaman berlangsung setelah menekan tombol Win + Alt + R. Anda dapat melakukan hal yang sama sebelum mengubah shortcut keyboard. Layar anda akan berkedip sekali saat anda mulai merekam.

Untuk mengelola shortcut keyboard default untuk Xbox Game Bar anda di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Di Windows 10:
  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Gaming di jendela Settings.
  • Kemudian pilih Xbox Game Bar di panel kiri.
  • Di panel kanan dibawah Keyboard shortcuts, masukan shortcut keyboard lain yang tidak mengandung tombol "Windows." Demikian pula, anda perlu mengubah shortcut keyboard untuk opsi Start/Stop recording.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + G untuk membuka Xbox Game Bar.
  • Klik ikon roda gigi Settings yang terlihat di menu bar atas.
  • Kemudian di jendela Settings, alihkan ke tab Shortcut di panel kiri.
  • Dari sini, anda dapat menetapkan shortcut keyboard baru, mengubah shortcut default atau mereset shortcut keyboard yang disesuaikan.



4. Gunakan Full Screen Mode

Meskipun Xbox Game Bar dapat menentukan ukuran layar tempat anda memainkan game, terkadang bar tersebut gagal melakukannya. Jika itu terjadi, maka anda akan melihat error Can’t Record Right Now di layar anda. Jadi, mainkan game dalam Full Screen Mode dan lihat. Kecuali untuk beberapa game dengan kode yang buruk, setiap game modern dapat menyesuaikan dengan resolusi apapun.


5. Tutup Server Broadcast DVR Secara Manual

Jika sebelumnya anda telah menggunakan fitur perekaman untuk merekam game dan sekarang telah membuka game lain untuk merekamnya, kemungkinan besar anda akan melihat pesan error ini. Dalam hal ini, anda harus menutup server Broadcast DVR secara manual. Untuk melakukan ini, buka Task Manager dan alihkan ke tab Processes. Cari server Broadcast DVR. Klik kanan padanya dan klik End task. Setelah itu, restart game anda dan coba rekam lagi. Anda tidak harus mendapatkan masalah.


6. Gunakan Windows Store Apps Troubleshooter

Untuk menjalankan Windows Store Apps troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut.

Di Windows 10:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.


Di Windows 11:
  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.



Semoga sesuatu disini membantu anda memperbaiki masalah. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memperbaiki Game Bar yang tidak dapat merekam di Windows 10/11 atau cara aktifkan atau nonaktifkan Startup Otomatis Xbox di Windows 10/11.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki  error Game Bar Can’t Record Right Now atau There’s nothing to record di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Game Bar Can’t Record Right Now atau There’s nothing to record di Windows 10/11"