Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Incorrect permissions on Windows Search directories di Windows 11

 


Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang beberapa solusi untuk memperbaiki masalah Incorrect permissions on Windows Search directories di Windows 11. Pesan error ini terjadi karena masalah Windows Search permission. Menurut pengguna yang terpengaruh, banyak dari program mereka yang baru diinstall tidak muncul di hasil pencarian Windows. Untuk memperbaiki masalah ini, beberapa pengguna menjalankan Search and Indexing Troubleshooter. Namun bukannya memperbaiki masalah, troubleshooter malah menampilkan pesan error seperti berikut ini.


Incorrect permissions on Windows Search directories



Jika masalah yang sama terjadi pada system anda, maka solusi yang dijelaskan dalam artikel ini dapat membantu anda memperbaikinya.



Memperbaiki Error Incorrect permissions on Windows Search directories di Windows 11


Anda dapat mencoba metode perbaikan berikut ini untuk menyingkirkan masalah ini dari komputer Windows 11 anda. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Ambil Kepemilikan Folder Data


Karena pesan error terjadi karena masalah permission/izin dengan Search Windows, maka mengambil kepemilikan folder Data dapat memperbaikinya. Anda akan menemukan folder Data di jalur berikut ini di File Explorer Windows 11.


C:\ProgramData\Microsoft\Search

Pastikan anda telah menampilkan folder tersembunyi agar anda dapat mencapai lokasi yang di maksud.

Setelah di lokasi, ubah kepemilikan folder Data dan kemudian periksa apakah masalah tetap ada atau terpecahkan. Jika masih bermasalah, maka coba solusi berikutnya.



2. Jalankan Scan SFC dan DISM

Korup dalam file system akan menimbulkan beberapa error di system operasi Windows. Ini adalah salah satu kemungkinan penyebab masalah yang anda hadapi saat ini. Jadi, anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menjalankan scan SFC dan DISM. System File Checker (SFC) adalah tools otomatis dari Microsoft yang menscan system untuk mencari file system yang rusak atau hilang dan memperbaikinya.

Jika menjalankan pemindaian SFC tidak memperbaiki masalah ini, maka lanjutkan dengan menjalankan  Deployment Image Servicing and Management (DISM).



3. Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Fitur Search Windows melalui Command Prompt

Jika masalah masih berlanjut, menonaktifkan dan mengaktifkan kembali fitur Search Windows melalui Command Prompt dapat memperbaikinya. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.
  • Sekarang, masukan perintah berikut ini di Command Prompt dan tekan Enter.

dism /Online /Disable-Feature /FeatureName:"SearchEngine-Client-Package"


  • Perintah di atas akan mengaktifkan kembali fitur Search Windows. 

Sekarang, periksa apakah masalah berlanjut atau terselesaikan.


4. Buat User Profile Baru

User Profile yang rusak juga menyebabkan beberapa masalah pada system. Jika solusi di atas tidak memperbaiki masalah anda, maka masalahnya bisa disebabkan karena user profile anda mungkin rusak.

Jadi, buat user profile baru dan lihat apakah ini memperbaiki masalah atau Tidak. Jika membuat User Profile berhasil, maka anda dapat mentransfer semua file anda dari user profile sebelumnya ke yang baru dibuat.




Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Incorrect permissions on Windows Search directories di Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Incorrect permissions on Windows Search directories di Windows 11"