Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error The operating system is not presently configured to run this application

 


Saat menjalankan Microsoft Office di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan error The operating system is not presently configured to run this application. Pesan error ini dapat muncul saat anda menjalankan program Office apa saja seperti Excel, Word, Outlook, Solidworks atau program lainnya. Jika anda juga mengalaminya, maka berikut adalah bagaimana anda dapat memperbaiki masalah tersebut. Error ini pernah terjadi dengan beberapa versi lama aplikasi Office, namun sekarang error ini telah perbaiki oleh Microsoft. Tetapi jika anda masih menghadapi pesan error ini, maka artikel ini akan memberikan anda cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan masalah ini.



Aplikasi Microsoft Office atau Microsoft 365 cukup berguna untuk membuat dokumen, spreadsheet, slideshow dan lainnya. Jika anda menggunakannya setiap hari, tetapi sekarang anda tidak dapat melakukannya karena error ini, dan itu pasti menjengkelkan bagi anda. Solusinya cukup sederhana dan anda tidak perlu melalui banyak langkah untuk menyelesaikan pekerjaan.



Memperbaiki Error The operating system is not presently configured to run this application


Untuk memperbaiki error The operating system is not presently configured to run this application di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini.



1. Update Office Anda


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengupdate Office anda ke versi terbaru dan memastikan bahwa anda telah menginstall semua update Windows serta update Office. Untuk mengupdate Office, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka salah satu aplikasi Microsoft Office, baik Word atau Exel atau lainnya.
  • Selanjutnya, klik tab Home dan klik Account di panel kiri.
  • Sekarang, klik menu drop-down Update Options dan pilih opsi Update Now.
  • Setelah itu, Office akan memeriksa update yang tersedia, kemudian mendownload dan menginstalnya.



Jika error terjadi untuk beberapa software lainnya, pastikan aplikasi tersebut juga diupdate.



2. Perbaiki Microsoft Office Secara Online


Ini adalah perbaikan selanjutnya jika mengupdate aplikasi tidak memperbaiki masalah. Karena error ini adalah bug, maka ada kemungkinan besar anda tidak perlu mengikuti kedua solusi lainnya di artikel ini. Untuk menggunakan opsi Online Repair, komputer anda harus terhubung dengan internet, jika tidak, anda tidak dapat menggunakan fungsi ini. Untuk memperbaiki Microsoft 365 anda dapat mengikuti langkah-langkah di artikel ini yang pada akhirnya anda harus memilih opsi  Online Repair. Sementara jika anda menggunakan Microsoft Office desktop di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, klik Uninstall a Program di bawah bagian Programs.
  • Selanjutnya klik Microsoft Office dari daftar program yang muncul di jendela dan klik Change.
  • Utilitas Microsoft Office Repair akan terbuka.
  • Pilih Online Repair dan klik Repair. Konfirmasikan prosesnya dan tunggu beberapa saat hingga selesai.



Anda perlu menunggu beberapa saat untuk membiarkannya menyelesaikan semuanya. Setelah selesai, anda dapat merestart komputer anda dan memeriksa apakah anda dapat membuka aplikasi atau melakukan pekerjaan yang anda coba lakukan sebelumnya.



3. Install Ulang Microsoft Office atau Microsoft 365


Ada beberapa metode untuk menguninstall aplikasi Microsoft Office. Misalnya, anda dapat menggunakan Settings Windows, Control Panel, Registry Editor, Command Prompt, PowerShell atau software pihak ketiga seperti Revo Uninstaller, CCleaner dan lainnya. Pastikan anda menguninstallnya dengan benar dan menghapus semua file sisa terkait Office dari PC anda secara komplit. Setelah selesai, anda dapat mendownload image Office dari website resmi dan menginstallnya kembali.



Jika error terjadi untuk beberapa software lain, anda juga dapat menginstall ulang software tersebut dan melihat apakah itu membantu.



Jika anda mendapatkan error ini saat anda menggunakan Solidworks, maka pastikan bahwa OS Windows dan juga softwarenya, terupdate. Jika itu tidak membantu, coba install ulang software. Memperbaiki software Office juga membantu menyelesaikan masalah dengan Solidworks.


Semoga panduan ini membantu. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu Microsoft Edge WebView2 Runtime di Windows 10/11 atau cara membuat 3D Map dari Tabel di Microsoft Excel.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The operating system is not presently configured to run this application di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error The operating system is not presently configured to run this application"