Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Something Happened Windows Setup

 


Jika ketika anda mencoba menggunakan Media Creation Tool untuk mengupgrade ke Windows 11 atau ke versi/build Windows 10 terbaru dan anda menemukan error Something Happened Windows Setup, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan memberikan solusi paling sesuai yang dapat diterapkan oleh pengguna PC yang terpengaruh untuk berhasil menyelesaikan masalah.




Memperbaiki Error Something Happened Windows Setup


Jika terjadi error Something Happened Windows Setup pada perangkat Windows 11 atau Windows 10 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang sama rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah.



1. Jalankan Windows Media Creation Tool sebagai Administrator


Sebagai tindakan pertama anda dalam memecahkan masalah dan memperbaiki error Something Happened Windows Setup pada perangkat Windows 11 atau Windows 10 anda adalah dengan menjalankan Windows Media Creation Tool sebagai Administrator. Atau anda dapat sign-in menggunakan Administrator Account atau mengubah Standard User menjadi Administrator Account dan menjalankan upgrade dari sana.




2. Ubah Bahasa System ke English (United States)


Anda mungkin mengalami masalah ini jika pengaturan bahasa system di komputer anda berbeda dari file pengaturan Windows 11 atau Windows 10 yang didownload. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat mengubah bahasa system komputer anda ke English (United States).


Coba solusi berikutnya jika tindakan ini tidak berhasil untuk Anda.



3. Nonaktifkan atau Uninstall Software Security


Software Security pihak ketiga yang diinstall pada perangkat anda dapat mengganggu proses upgrade dan akibatnya memicu error ini. Saya merekomendasikan menggunakan Windows Defender untuk perlindungan selama operasi upgrade.


Untuk menonaktifkan software antivirus anda, cari ikonnya di area notifikasi atau system tray di taskbar, kemudian klik kanan ikon dan pilih opsi untuk menonaktifkan atau keluar dari program.


Untuk menguninstall program antivirus pihak ketiga dari PC anda, sebaiknya gunakan removal tool khusus untuk menghapus semua file yang terkait dengan program antivirus anda. Setelah upgrade berhasil diselesaikan, anda dapat memverifikasi informasi kompatibilitas dan jika diinginkan, install ulang aplikasi antivirus pihak ketiga anda.



4. Aktifkan Services yang Perlu


Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan service berikut diatur ke otomatis dan berjalan di Windows Services manager.

  • Automatic Updates atau Windows Update
  • Background Intelligent Transfer Service
  • Server
  • Workstation
  • TCP/IP NetBIOS Helper
  • IKE and AuthIP IPsec Keying Modules


Untuk mengaktifkan service penting ini di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.



  • Buka Services dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Di jendela Services, temukan service yang disebutkan satu per satu. Jika salah satu service tidak berjalan atau tidak diatur ke Automatic, maka klik dobel pada service tersebut, kemudian atur Startup type ke Automatic dari daftar drop-down.
  • Kemudian klik Start di bagian Service status untuk segera memulai service.
  • Setelah itu klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Terakhir restart PC anda dan jalankan operasi upgrade lagi.


Jika masalah belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.



5. Ubah Registry AllowOSUpgrade


Karena ini adalah operasi registry, anda disarankan untuk membackup registry atau membuat system restore point sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, anda dapat melanjutkan sebagai berikut.

  • Tekan tombol Win + R, ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut di bawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\WindowsUpdate

  • Di lokasi, di panel kanan, klik dobel pada entri AllowOSUpgrade untuk mengedit propertiesnya.
  • Jika key tidak tersedia, klik kanan pada ruang kosong di panel kanan kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan kemudian beri nama dengan AllowOSUpgrade.


  • Setelah itu klik dobel pada entri yang baru dibuat untuk mengedit propertiesnya.
  • Kemudian ubah value datanya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Selanjutnya restart komputer anda.

Saat booting, coba install kembali upgrade Windows. Jika masalah masih belum terselesaikan, coba solusi berikutnya.


6. Download Langsung ISO Windows 11/10

Karena anda mengalami masalah dengan MCT, solusi ini mengharuskan anda untuk langsung mendownload file ISO image Windows 11 atau Windows 10 dari website resmi Microsoft. Setelah anda mendownload ISO ke suatu lokasi (sebaiknya desktop) di perangkat anda, mount ISO image sebagai drive virtual dan kemudian jalankan file setup.exe untuk memulai proses upgrade Windows.


7. Clean Install Windows 11/10

Jika upgrade tidak berhasil, anda cukup membuat media instalasi Windows 11 atau Windows 10 di komputer Windows atau membuat media instalasi Windows di komputer Linux atau Mac, kemudian lanjutkan menggunakan media untuk melakukan clean install Windows 11 atau Windows 10 di perangkat yang anda coba upgrade.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Something Happened Windows Setup di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Something Happened Windows Setup"