Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Status 0xc0000006 Bad Image di Windows 10/11

 


Dalam beberapa kasus ketika anda mencoba membuka sebuah program yang sudah terinstall atau saat anda mencoba menginstall program baru, termasuk aplikasi Microsoft Store di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan error Bad Image dengan Error Status 0xc0000006. Jika anda juga mengalaminya, maka artikel ini akan memberikan solusi paling sesuai yang dapat anda terapkan di PC yang terpengaruh untuk berhasil memperbaiki error ini.


Tergantung pada aplikasi atau program yang anda coba buka atau install di komputer anda, ketika masalah ini terjadi, anda akan menerima pesan error lengkap yang serupa seperti pesan error berikut ini.


Spotify.exe – Bad Image

C:\WINDOWS\SYSTEM32\msvcp110_win.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vendor for support. Error status 0xc0000006.



Error Status 0xc0000006 Bad Image ini dapat terjadi jika ada gangguan pada proses system atau file rusak yang memengaruhi system. Ketika error Bad Image terjadi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka itu berarti Windows tidak dapat menjalankan program yang telah anda coba jalankan, dimanan ini karena file dan libraries yang diperlukan untuk menjalankan program rusak karena update.



Memperbaiki Error Status 0xc0000006 Bad Image


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah Error Status 0xc0000006 Bad Image ini pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Namun sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update Windows dan install update yang tersedia di perangkat Windows anda dan lihat apakah error teratasi atau muncul kembali. Jika error terus berlanjut, mulailah menggunakan metode perbaikan berikut ini.



1. Download Installer Program


Masalah ini bisa saja terjadi karena install program yang rusak untuk aplikasi yang dimaksud. Jadi, jika anda mendownload file executable, maka anda dapat mendownload ulang installer baru dan mencoba menginstall kembali program dan melihat apakah masalah Error Status 0xc0000006 Bad Image teratasi atau tidak. Jika tidak, maka anda dapat mencoba menginstall kembali program di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda menggunakan media instalasi asli seperti yang disarankan pada pesan error.


Disisi lain, jika program sudah terinstall di system anda tetapi anda mendapatkan error saat mencoba meluncurkan aplikasi, maka anda dapat menguninstall aplikasi (sebaiknya, gunakan uninstaller software pihak ketiga), kemudian download dan install ulang aplikasi dengan versi yang terbaru.



2. Jalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter


Karena ini adalah masalah instalasi program, anda dapat menjalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter dari Microsoft dan melihat apakah masalah ini dapat diatasi. Program Install and Uninstall Troubleshooter membantu anda memperbaiki masalah secara otomatis saat anda diblokir untuk menginstall atau menguninstall program. Ini juga memperbaiki key registry yang rusak.




3. Jalankan Scan SFC dan DISM


Anda mungkin berurusan dengan file system yang rusak atau bahkan system image yang buruk. Dalam hal ini, untuk mengesampingkan kedua kemungkinan tersebut, anda dapat menjalankan scan System File Checker (SFC). Jika itu tidak membantu, anda kemudian dapat menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM) dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi.



4. Daftar Ulang atau Ganti file DLL


Saat anda melihat lebih dekat pada pesan error, anda pasti menemukan jalur aplikasi yang akan berakhir pada file .dll. Karena kita berurusan dengan file .dll, maka anda dapat mendaftarkan ulang file DLL yang dimaksud dan melihat apakah itu membantu. Tetapi pertama-tama, jalankan full scan antivirus pada system menggunakan Microsoft Defender Offline atau produk AntiVirus pihak ketiga anda untuk memastikan tidak adanya infeksi malware atau virus pada file atau system secara umum.


Anda dapat memulihkan file dari Recycle Bin jika anda tidak sengaja menghapus file dll dari system anda. Anda juga dapat memperbaiki file .dll yang hilang atau anda dapat memulihkan file ini dengan mengcopy file .dll dari komputer Windows lain yang berfungsi dengan baik dan baru saja diperbarui, kemudian mempastenya di jalur yang sama di PC yang bermasalah.


Jika anda melihat file msvcp110.dll yang disebutkan, maka anda mungkin perlu menginstall ulang atau memperbaiki Microsoft C++ Runtime Library.


5. Uninstall Update Windows Terbaru


Beberapa pengguna PC yang terpengaruh melaporkan bahwa mereka mulai melihat error setelah baru-baru ini mengupdate Windows mereka. Jadi, jika skenario ini berlaku untuk anda, maka anda dapat menguninstall update Windows terbaru tersebut dan melihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik View update history.
  • Selanjutnya klik Uninstall updates.
  • Jendela Uninstalled Updates akan terbuka.
  • Cukup pilih update yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
  • Setelah menguninstall, restart PC anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Windows Update di panel kiri dan di panel kanan klik Update history.
  • Di halaman berikutnya, klik Uninstall update.
  • Selanjutnya jendela Uninstalled Updates akan terbuka.
  • Cukup klik update yang ingin anda uninstall dan klik Uninstall.
  • Restart PC anda setelah itu.




6. Lakukan System Restore


System anda mungkin telah mengalami perubahan yang tidak anda sadari mengingat bahwa system anda bekerja dengan baik tanpa masalah sebelumnya. Dalam hal ini, karena anda tidak tahu perubahan apa yang mungkin telah merusak fungsionalitas system normal dan akibatnya memicu error ini, maka anda dapat melakukan System Restore untuk mengembalikan komputer anda ke titik sebelum error ini terjadi pada PC anda.



7. Perbaiki PC Menggunakan Media Instalasi atau Lakukan Reset


Pada titik ini, anda mungkin berurusan dengan korup pada file system yang parah. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, anda dapat memulainya dengan memperbaiki PC menggunakan media instalasi atau mengganti file system yang rusak menggunakan media instalasi. Jika kedua metode tersebut gagal anda terapkan, maka anda dapat mencoba mereset PC anda ke pengaturan pabrik atau menggunakan Cloud Reset untuk mereset setiap komponen Windows.




Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membuat Reset Recovery Image di Windows 10/11 atau cara membuat Local Administrator Account menggunakan Command Prompt.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Error Status 0xc0000006 Bad Image di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Status 0xc0000006 Bad Image di Windows 10/11"