Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Unable to install printer, The handle is invalid di Windows 10/11

 


Jika ketika anda mencoba menginstall printer di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda dan anda menemukan pesan error Unable to install printer, The handle is invalid, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan menawarkan solusi yang paling sesuai yang dapat anda terapkan di PC yang terpengaruh untuk menyelesaikan masalah ini.



Apa yang dimaksud dengan error The handle is invalid?

Ketika anda mendapatkan error The handle is invalid saat login ke komputer Windows 11 atau Windows 10 anda, kemungkinan besar itu karena update Windows atau driver yang tidak diinstall dengan benar atau tidak sepenuhnya diinstall. Dalam kebanyakan kasus, masalah ini terjadi setelah perubahan software yang signifikan berjalan salah. Anda mungkin juga mengalami error The handle is invalid selama operasi delete, rename, copy dan lainnya.



Memperbaiki Error Unable to install printer, The handle is invalid


Jika anda menghadapi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error Unable to install printer, The handle is invalid yang terjadi pada komputer Windows 11 atau Windows 10 anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update Windows dan install update yang tersedia pada perangkat Windows anda dan lihat apakah error muncul kembali saat anda mencoba menginstall printer.



1. Jalankan Scan SFC dan DISM


Anda dapat memulai pemecahan masalah error Unable to install printer, The handle is invalid yang terjadi pada komputer Windows 11 atau Windows 10 anda dengan menjalankan scan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM). Kedua utilitas ini akan menemukan dan memperbaiki file system yang hilang atau rusak di komputer Windows 11 atau Windows 10 anda.



Jika tindakan ini tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba solusi berikutnya.



2. Jalankan Printer Troubleshooter


Menjalankan troubleshooter bawaan Windows akan mereset printer dan driver anda dan memeriksa error apapun. Printer anda harus terhubung selama prosedur ini.


Untuk menjalankan Printer Troubleshooter di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik tab Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Selanjutnya, klik Printer dan kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk di layar dan terapkan perbaikan yang disarankan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Di bawah menu Most frequent, temukan Printer dan klik Run yang ada disampingnya.
  • Kemudian ikuti petunjuk di layar.



Setelah menjalankan troubleshooter, coba install kembali printer dan lihat. Jika error masih belum teratasi, coba solusi berikutnya.



3. Update Driver Printer


Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan bahwa anda telah menginstall driver printer terbaru untuk printer anda. Anda dapat mendownload driver versi terbaru untuk printer anda dari website produsen.


Atau anda dapat mengupdate driver printer melalui Device Manager. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Setelah anda berada di Device Manager, gulir ke bawah daftar perangkat yang diinstall dan perluas bagian Print queues.
  • Selanjutnya, klik kanan pada printer yang bermasalah dan pilih Update driver dari menu konteks.


  • Pada jendela berikutnya, klik Search automatically for driver.


  • Tunggu hingga scan selesai.
  • Jika versi driver baru ditemukan, maka ikuti petunjuk di layar untuk mendownload dan menginstallnya di komputer anda.
  • Setelah itu restart PC anda.



4. Download dan Install Universal Printer Driver


Pengguna PC yang mencoba menginstal printer HP pada system Windows 11 atau Windows 10 mereka melaporkan bahwa mereka dapat mengatasi masalah tersebut dengan mendownload dan menginstall Universal Printer Driver (UPD) untuk Windows dari web support.hp.com. Jadi anda juga dapat mencobanya untuk memperbaiki error Unable to install printer, The handle is invalid di komputer HP anda.


Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menemukan IP Address dari Network Printer atau cara aktifkan atau nonaktifkan File and Printer Sharing di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Unable to install printer, The handle is invalid di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Unable to install printer, The handle is invalid di Windows 10/11"