Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Unhandled exception has occurred in your application di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba meluncurkan aplikasi yang dirancang dengan Visual Studio atau ketika anda memboot PC Windows 10 atau Windows 11, anda munkin mendapatkan pesan error Unhandled exception has occurred in your application. Jika demikian, maka artikel kali ini dimaksudkan untuk membantu anda untuk memperbaiki masalah ini dengan solusi yang paling sesuai.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut dibawah ini.

Microsoft.NET Framework

Unhandled exception has occurred in your application. If you click Continue, the application will ignore this error and attempt to continue. If you dick Quit, the application will close immediately.

Invalid class.



Anda mungkin mengalami masalah ini karena satu atau beberapa alasan berikut ini.

  • Antivirus anda mungkin pelakunya.
  • Program atau malware tertentu mungkin sedang berjalan.
  • Instalasi Microsoft .NET Framework rusak.
  • Script Debugging diaktifkan melalui Registry.
  • Pelanggaran akses di Msvcr92.dll.
  • Key registry Launcher dari Ubisoft dihapus.
  • Kerusakan file system.



Memperbaiki Error Unhandled exception has occurred in your application


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan install update apapun yang tersedia dan lihat apakah error tersebut muncul kembali atau tidak saat anda meluncurkan program atau memboot system anda sesuai kasusnya. Jalankan juga full scan antivirus dengan Windows Defender atau antivirus pihak ketiga yang anda install untuk mendisinfeksi dan menghapus virus atau malware yang mungkin menjadi penyebab masalah yang terlihat. Jika semuanya tidak berhasil, mulailah dengan solusi dibawah ini.



1. Aktifkan .NET Framework


Karena pesan error ini menunjuk ke .NET Framework, maka solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan .NET Framework diaktifkan di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dan kemudian periksa kembali apakah masalah pada perangkat anda dapat teratasi atau tidak. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



2. Instal Versi terbaru .NET Framework


Dengan asumsi anda sudah mengaktifkan .NET Framework di system anda tetapi error terus muncul kembali, maka anda dapat mendownload dan menginstall versi terbaru .NET Framework dengan hak admin pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.



3. Jalankan .NET Framework Repair Tool


Metode perbaikan berikutnya adalah menjalankan .NET Framework Repair Tool jika mengaktifkan dan menginstall versi terbaru .NET Framework pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda tidak dapat menyelesaikan masalah yang ada.



4. Lakukan Scan SFC dan DISM


Jika anda memiliki error file system, maka anda juga mungkin akan mengalami error seperti ini. SFC dan DISM adalah utilitas di Windows yang memungkinkan pengguna untuk menscan kerusakan pada file system Windows dan memulihkannya jika ada file yang rusak.


Solusi ini mengharuskan anda menjalankan scan SFC (System File Checker) dan jika operasi ini tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi, maka anda kemudian dapat menjalankan scan DISM (Deployment Image Servicing and Management) atau mencoba solusi berikutnya.



5. Pecahkan Masalah dalam Clean Boot


Jika ada aplikasi atau proses pihak ketiga yang mengganggu kinerja normal .NET Framework yang diinstall dan berjalan di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka masalah ini mungkin terjadi. Dalam hal ini, anda dapat memecahkan masalah dalam Clean Boot dan melihat apakah masalah yang dihadapi telah teratasi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



6. Nonaktifkan/Uninstall AntiVirus Pihak Ketiga (jika ada)


Sebagian besar software antivirus pihak ketiga diketahui menyebabkan masalah khusus ini. Dalam hal ini, untuk memperbaiki masalah ini, anda harus menguninstall semua program antivirus pihak ketiga dari PC anda menggunakan removal tool AntiVirus khusus untuk menguninstall dan menghapus semua file yang terkait dengan program antivirus anda.


Jika menguninstall antivirus memperbaiki error ini, maka anda sekarang dapat menginstall kembali antivirus yang sama atau anda dapat beralih ke software alternatif lainnya atau hanya menggunakan program Windows Security. Program ini berkembang cukup pesat dan dapat diandalkan untuk melindungi PC anda. Namun jika anda masih ragu, anda juga dapat ''membajak'' Windows Security untuk meningkatkan level perlindungan di Windows 10/11 anda. 



7. Ubah Registry - Hapus Key Launcher dari Ubisoft (jika ada)


Anda mungkin mengalami masalah ini saat mencoba meluncurkan aplikasi seperti Uplay, Internet Explorer dan beberapa game lama yang tidak kompatibel yang dirancang untuk versi Windows yang lebih lama. Masalah ini terutama terjadi di antara pengguna yang menginstall Steam dan Uplay secara bersamaan. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, anda perlu menghapus entri registry yang terkait dengan Launcher Uplay. Langkah ini seharusnya menghilangkan konflik dan memungkinkan kedua aplikasi berfungsi dengan baik di bawah mesin yang sama.


Karena ini adalah operasi registry, maka saya sarankan anda untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan yang diperlukan. Setelah selesai, anda dapat melanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut di bawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\WOW6432Node\Ubisoft

  • Di lokasi, di panel kanan, klik kanan entri Launcher dan pilih Delete. Jika anda mendapatkan error saat menghapus keyreg pada system Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda harus mengambil kepemilikan key registry terlebih dahulu dan kemudian mencoba menghapus keyreg kembali.


  • Setelah menghapus keyreg, keluar dari Registry Editor dan restart PC anda.

Saat booting, periksa apakah error sudah diperbaiki atau tidak. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


8. Reset Internet Options

Solusi ini mengharuskan anda untuk mereset Internet Options di Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


  • Gunakan Search Windows untuk menemukan dan membuka Internet Options.
  • Di jendela Internet Options, alihkan ke tab Advanced dan klik Restore advanced settings.
  • Selanjutnya, jika nda menjalankan Windows 10 di perangkat anda dan menghadapi masalah ini, maka anda dapat mereset Internet Explorer ke pengaturan default dengan mengklik Reset di jendela yang sama atau dari browser IE dan melihat apakah itu membantu.

Karena IE tidak digunakan lagi pada Windows 11, solusi ini hanya berlaku untuk pengguna PC Windows 10.


9. Nonaktifkan Script Debugging (jika ada)

Solusi ini hanya berlaku untuk pengguna PC Windows 10. Karena anda mungkin mengalami masalah dengan Internet Explorer pada mesin yang memiliki Visual Studio yang diinstall pada perangkat dan Script Debugging diaktifkan serta entri registry berisi data yang rusak, maka masalah ini dapat terjadi. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah yang ada, anda harus menonaktifkan Script Debugging dan kemudian menghapus key registryyang terkait.

Setelah anda menonaktifkan Script Debugging dengan mengikuti petunjuk pada metode pertama dari artikel ini, anda kemudian dapat melanjutkan untuk menghapus key registry terkait pada perangkat Windows 10 anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.
  • Backup registry atau buat system restore point terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut di bawah ini. Namun ikuti jalur sesuai dengan arsitektur system anda.
Untuk 32-bit:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AeDebug

Untuk 64-bit:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\AeDebug

  • Di lokasi, di panel kanan, klik kanan pada Debugger dan klik Delete.


  • Selanjutnya, telusuri jalur berikut di bawah ini.
Untuk 32-bit:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\.NETFramework

Untuk 64-bit:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\.NETFramework

  • Di lokasi, di panel kanan, klik kanan pada key DbgManagedDebugger dan klik Delete.


  • Setelah itu, tutup Registry Editor dan restart PC.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Unhandled exception has occurred in your application di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Unhandled exception has occurred in your application di Windows 10/11"