Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Unknown USB Device, Port Reset Failed di Windows 10/11

 


Artikel ini akan memberikan solusi yang sesuai untuk memperbaiki error Unknown USB Device, Port Reset Failed pada Windows 10 atau Windows 11. Ketika error ini terjadi, Windows tidak mengenali perangkat USB anda. Anda dapat melihat pesan error ini di Device Manager di bawah Universal Serial Bus Controllers bersama dengan ikon tanda seru berwarna kuning. Sebelum kita memulai dengan metode pemecahan masalah, mari kita lihat terlebih dahulu apa penyebabnya.



Penyebab Error Unknown USB Device, Port Reset Failed


Ada banyak penyebab untuk error ini. Saya telah membuat daftar beberapa penyebab paling umum di bawah ini.

  • Driver yang out of date atau rusak: Driver membuat link komunikasi antara system operasi dan hardware yang terhubung. Perusahaan merilis update OS dan software seiring waktu. Untuk menjaga periferal hardware dalam kondisi kerja yang baik dengan OS yang diupdate, driver juga perlu diupdate. Oleh karena itu, salah satu penyebab paling umum dari error ini adalah driver yang out of date atau rusak.
  • Perangkat USB ditangguhkan: Untuk menghemat daya, Windows menangguhkan perangkat USB yang tetap tidak aktif selama waktu tertentu. Terkadang, perangkat USB yang terhubung ke hub USB yang sama menjadi tidak responsif atau lambat karena fitur Selective Suspend. Oleh karena itu, Selective Suspend mungkin menjadi salah satu penyebab error ini.
  • Masalah hardware: Mungkin juga perangkat USB yang menunjukkan error Port Reset Failed tidak berfungsi. Anda dapat mengonfirmasi ini dengan menghubungkan perangkat yang sama ke komputer lain.


Setelah melihat penyebab error Unknown USB Device, Port Reset Failed, sekarang mari kita lihat cara memperbaikinya.



Perbaikan Cepat Error Unknown USB Device, Port Reset Failed


Sebelum melanjutkan, saya sarankan anda mencoba beberapa perbaikan cepat berikut ini karena terkadang erro ini tidak serumit yang kita kira.

  • Terkadang, merestart komputer dapat memperbaiki masalah. Jadi, restart perangkat anda.
  • Putuskan dan hubungkan kembali perangkat USB ke komputer anda.
  • Colokkan perangkat USB anda ke port USB lain di komputer anda.
  • Hubungkan perangkat USB lain ke port USB yang sama dan lihat apakah Windows mendeteksinya atau tidak. Jika Windows mengenali perangkat USB lain pada port yang sama, maka perangkat USB yang menampilkan error mungkin rusak.
  • Hubungkan perangkat USB ke komputer lain (jika tersedia). Langkah ini akan memberitahu anda apakah perangkat USB anda rusak atau tidak.
  • Jika anda telah menghubungkan perangkat USB ke komputer anda melalui hub USB eksternal, lepaskan dari hub dan sambungkan ke port USB komputer anda secara langsung.



Memperbaikan Error Unknown USB Device, Port Reset Failed di Windows 110/11


Jika anda telah mencoba perbaikan cepat yang dijelaskan di atas tetapi error masih ada, maka anda dapat mencoba solusi berikut untuk menghilangkan error ini.



1. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Anda mungkin mengalami error ini karena masalah hardware. Oleh karena itu, menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter dapat membantu anda memperbaiki masalah Unknown USB Device, Port Reset Failed di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



2. Update Driver Perangkat Anda


Anda mungkin mendapatkan pesan error ini jika driver perangkat anda out of date. Karenanya, saya sarankan anda mengupdate driver perangkat anda dan melihat apakah itu membawa perbedaan. Anda dapat mengupdate driver melalui Command Prompt atau melakukannya dari Device Manager, atau anda dapat mendownload driver dari website produsen perangkat anda dan kemudian menginstallnya secara manual. Jika file update yang anda download berformat .inf, maka ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk menginstallnya. Anda juga dapat menggunakan aplikasi update pihak ketiga untuk mengupdate perangkat anda secara otomatis.


Setelah proses update selesai, jangan lupa merestart komputer anda dan kemudian periksa apakah komputer anda dapat mengenali perangkat USB atau tidak.



3. Uninstall dan Instal Ulang Semua Universal Serial Bus Controllers


Universal Serial Bus Controllers yang memungkinkan komputer berkomunikasi dengan perangkat USB yang terhubung. Ketika perangkat USB tidak berfungsi dengan baik atau anda melihat tanda peringatan kuning bersama dengan pesan Unknown Device di Device Manager, menginstall ulang Universal Serial Bus Controllers dapat memperbaiki masalah. Untuk itu, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Buka Device Manager dengan menekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Di jendela Device Manager, perluas Universal Serial Bus Controllers, kemudian klik kanan pada USB Controller dan pilih Uninstall device. Anda harus menguninstall semua USB Controller yang tersedia disana satu per satu.
  • Setelah menguninstall USB Controller, restart komputer anda.
  • Setelah restart, Windows akan secara otomatis menginstall USB Controllers terbaru di system anda.
  • Sekarang, hubungkan perangkat USB anda dan periksa apakah system anda dapat mengenali perangkat atau tidak.



4. Nonaktifkan Fitur USB Selective Suspend


Fitur USB Selective Suspend memungkinkan Windows menghemat daya dengan menangguhkan perangkat USB tertentu jika tidak ada aktivitas yang terdeteksi untuk waktu tertentu. Windows membangunkan perangkat USB yang ditangguhkan lagi jika mendeteksi aktivitas apapun. Terkadang, Windows mungkin tidak membangunkan perangkat USB yang ditangguhkan dengan benar karena pengguna mengalami masalah dengan perangkat USB. Oleh karena itu, menonaktifkan USB Selective Suspend dapat membantu memperbaiki error Unknown USB Device, Port Reset Failed pada Windows 10 atau Windows 11 anda. Ikut langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkannya.



  • Luncurkan Control Panel dari Start Menu atau dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Pastikan bahwa View by di atur ke Category, kemudian pilih Hardware and Sound dan pilih Power Options.
  • Selanjutnya pilih opsi Choose when to turn off the display di panel kiri.
  • Di halaman berikutnya, pilih Change advanced power settings.
  • Sebuah jendela baru akan terbuka. Gulir ke bawah daftar dan perluas USB settings di ikuti dengan perluas USB Selective Suspend setting.
  • Sekarang ubah opsi ke Disabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Terakhir, restart komputer anda.



5. Jalankan Surface Diagnostic Toolkit (berlaku untuk perangkat Surface saja)


Beberapa pengguna laptop Surface mengeluh bahwa ketika mereka mencoba menghubungkan perangkat USB ke Laptop Surface mereka melalui Surface Dock, mereka mendapatkan error ini. Menurut mereka, menguninstall dan menginstall ulang driver, atau mengupdate atau menonaktifkan dan mengaktifkan kembali driver perangkat, itu tidak memperbaiki masalah di laptop mereka.


Jika anda adalah pengguna perangkat Surface dan mengalami error yang sama, saya sarankan anda menjalankan Surface Diagnostic Toolkit. Toolkit ini dirancang oleh Microsoft untuk perangkat Surface 3 dan di atasnya. Ini membantu pengguna mendeteksi dan memecahkan masalah hardware dan software pada perangkat Surface.


Untuk meluncurkan toolkit ini, klik pada kotak Search Windows, ketik Surface Diagnostic Toolkit dan pilih dari daftar yang muncul. Jika anda tidak mendapatkannya di hasil, anda harus mendownloadnya dari microsoft.com atau menginstallnya dari Microsoft Store.


Setelah meluncurkan tools ini, ikuti petunjuk di layar dan biarkan tools menyelesaikan proses pemecahan masalah. Saat pemecahan masalah selesai, periksa apakah masalah telah diperbaiki atau tidak.



6. Nonaktifkan C-State di System BIOS Anda


Setiap CPU memiliki banyak power mode yang secara kolektif disebut C-states. Secara default, C-states aktif. Ini adalah status hemat daya yang membantu menghemat energi saat CPU dibiarkan menganggur. Ide di balik pengenalan C-State ke komputer adalah untuk memotong sinyal clock dan daya dari unit idle CPU. C-State dimulai dengan C0, yang merupakan mode operasi normal CPU. Pada keadaan C0, CPU benar-benar dihidupkan dan 100% aktif. Dengan peningkatan jumlah C, CPU Sleep lebih lama. Ketika lebih banyak sinyal dimatikan, CPU membutuhkan lebih banyak waktu untuk kembali ke keadaan C0.



Menurut pengguna yang mendapatkan error ini dengan menghubungkan Lenovo Thunderbolt Dock dengan laptop Lenovo, menonaktifkan C-State dari BIOS memperbaiki masalah. Jika anda memiliki komputer merek lain, anda dapat mencoba metode ini. Jika tidak berhasil, saya sarankan anda mengembalikan perubahan di BIOS.


Perhatikan bahwa komputer merek yang berbeda mungkin memiliki proses yang berbeda untuk menonaktifkan C-State di BIOS. Oleh karena itu, silakan hubungi pabrikan PC anda untuk mengetahui proses yang benar untuk menonaktifkan C-State di BIOS.



7. Update System BIOS Anda


Jika anda telah mencoba semua perbaikan di atas tetapi masalah masih berlanjut, maka saya sarankan anda mengupdate BIOS anda. Perhatikan bahwa mengupdate BIOS sangat beresiko, jadi lakukan dengan hati-hati. Meminta bantuan pada orang yang paham dengan ini adalah lankah yang baik.



Semoga salah satu solusi ini membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menonaktifkan port USB di Windows 10/11 atau memperbaiki kecepatan transfer data yang lambat USB 3.0 di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Unknown USB Device, Port Reset Failed di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Unknown USB Device, Port Reset Failed di Windows 10/11"