Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Folder System32 Terbuka Secara Otomatis Saat Startup di Windows 10/11

 


Folder System32 adalah folder yang sangat penting dalam system operasi Windows. Windows tidak mengaturnya untuk terbuka secara otomatis karena alasan apapun. Folder System32 berisi DLL dan file system penting lainnya. Jika folder atau salah satu file dalam folder tersebut dihapus atau rusak, maka anda akan sulit untuk mengelola system anda. Folder System32 tidak boleh dimodifikasi kecuali oleh seorang profesional. Jadi, jika folder System32 terbuka secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka silakan baca artikel ini lebih lanjut untuk untuk memperbaikinya.



Memperbaiki Folder System32 Terbuka Secara Otomatis Saat Startup


Folder System32 dapat dipicu untuk membuka secara otomatis baik oleh program pihak ketiga, virus atau malware atau registry yang rusak. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat mencoba solusi yang berikut ini secara berurutan.



1. Periksa Jalur Startup


Pendekatan pertama kita untuk mengatasi masalah ini adalah memeriksa jalur Startupnya.



Untuk itu, tekan tombol Win + R, kemudian masukan jalur berikut ini dan tekan Enter. Jangan lupa mengganti <username> dengan user name system anda sebenarnya.

C:\Users\<username>\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

Di folder Startup, jika anda melihat shortcut Libraries, harap hapus shortcut tersebut dan anda akan baik-baik saja.


2. Pecahkan Masalah di Clean Boot

Pendekatan kedua untuk menyelesaikan masalah adalah menghilangkan kemungkinan atau software pihak ketiga mengganggu system. Untuk melakukannya, restart system anda dalam Clean Boot dan pecahkan masalah dalam Clean Boot. Jika masalah teratasi dalam Clean Boot, coba caritahu software pihak ketiga yang bermasalah yang menggunakan metode hit and trial.



3. Periksa System untuk Virus dan Malware

Virus dan malware biasanya menargetkan file di folder System32. Cyber crime yang pintar akan mencoba meniru file di folder System32 untuk menghindari deteksi dan kemudian melakukan kejahatan mereka. Dengan demikian, anda perlu menjalankan software pihak ketiga yang terkenal untuk memperbaiki masalah tersebut. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjalankan full scan system menggunakan Microsoft Security. Prosedur untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Buka Microsoft Security dan klik Virus & Threat Protection.
  • Selanjutnya pilih Scan option.
  • Di halaman berikutnya, pilih Full scan.
  • Kemudian klik Scan now untuk memulai full scan system.
  • Setelah selesai, restart system anda.


Anda juga dapat menjalankan scan antivirus portabel pihak ketiga untuk memastikannya.


4. Jalankan Scan SFC

Jika masalah disebabkan oleh file system yang hilang atau rusak dalam system Windows 10 atau Windows 11 anda, maka melakukan scan System File Checker (SFC) akan memperbaikinya. Setelah melakukannya, jangan lupa merestart system anda.



5. Lakukan System Restore

Jika semua perbaikan gagal diterapkan di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mempertimbangkan untuk memulihkan system anda ke titik sebelumnya dimana anda belum mendapatkan masalah ini. Anda dapat melihat artikel menggunakan System Restore untuk memulihkan Windows untuk mengetahui prosedurnya.




Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki folder System32 terbuka secara otomatis saat startup di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Folder System32 Terbuka Secara Otomatis Saat Startup di Windows 10/11"