Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Gagal Update Firmware di Windows 10/11

 


Firmware adalah program komputer yang tertanam pada hardware. Firmware melakukan fungsi yang berbeda, seperti tugas I/O dasar, dan menawarkan instruksi ke perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain. Ketika kita mendengar istilah Firmware, kebanyakan dari kita menghubungkannya dengan komputer dan mengira itu bagian dari komputer. Firmware dan software juga berdeda. Perangkat seperti keyboard, mouse, router, remote TV, kamera dan lainnya memiliki firmware yang diinstall pada hardwarenya. Perusahaan merilis update firmware dari waktu ke waktu. Menginstal update ini wajib karena membantu meningkatkan performa/kinerja perangkat. Terkadang, update firmware gagal karena beberapa alasan.


Jadi, pada artikel kali ini, kita akan berbicara tentang beberapa error umum update firmware yang gagal di Windows 10 atau Windows 11. Saya juga akan melihat solusi untuk memperbaiki error tersebut.



Apa itu Update Firmware?


Komputer dengan system operasi Windows dapat mengupdate firmware mereka melalui Windows Update. Setelah mendownload  package update firmware, system operasi menyerahkannya ke firmware system UEFI untuk menginstallnya selama komputer direstart pada saat berikutnya. Produsen komputer menyediakan update firmware untuk meningkatkan stabilitas dan kinerja komputer pengguna. Anda juga dapat menggunakan tools khusus yang dirilis oleh OEM untuk mengupdate BIOS atau firmware.



Cara Memeriksa Update Firmware pada Windows 10/11


Anda dapat memeriksa update firmware pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda melalui beberapa cara berikut ini.



1. Periksa Update Firmware Melalui Settings Windows


Anda dapat melihat semua update firmware sebelumnya di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda di bagian Update history Windows. Halaman Update history juga berisi informasi update firmware yang gagal bersama dengan error code.


Jika anda telah menginstall Windows 11 di system anda, anda dapat melihat Update history di Settings - Windows Update - Update history.


Untuk melihat Update history pada perangkat Windows 10 anda, buka aplikasi Settings dan buka Update & Security - Windows Update Sekarang, perluas pada tab View Update history. Semua update sebelumnya tersedia di halaman Update history.



2. Periksa Update Firmware Melalui Device Manager


Untuk memeriksa apakah firmware anda sudah up to date atau tidak melalui Device Manager, ikuti langkah-langkah di bawah ini.



  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas Firmware.

Jika update firmware gagal atau tidak diinstall dengan benar, maka anda akan melihat tanda seru berwarna kuning pada firmware anda. Sekarang, klik kanan pada firmware dan pilih Properties untuk melihat error code untuk kegagalan update firmware.



3. Menggunakan Tools OEM Khusus


Semua produsen OEM memiliki utilitas khusus yang membantu anda mengupdate BIOS, firmware dan driver dengan mudah. Cari milik anda dan download hanya dari website resmi. Ini adalah cara paling aman untuk mengupdate BIOS.


Berikut adalah beberapa daftar OEM tempat anda dapat mendownload tools.


Alienware | Asus | Acer | Dell | HP | Lenovo | Samsung | Toshiba


Untuk motherboard lainnya, anda dapat memeriksanya di artikel ini.



Memperbaiki Gagal Update Firmware di Windows 10/11


Error code yang tersedia setelah kegagalan update firmware disebut Return codes. Return codes ini memberitahu OS Windows tentang keberhasilan dan kegagalan instalasi update firmware. Pengguna dapat melihat error code ini di Settings Windows 10 atau Windows 11 dan Device Manager.


1. Kegagalan Update Firmware Sementara

Kegagalan update firmware sementara terjadi karena kondisi sementara seperti pemadaman listrik atau masalah kehabisan baterai. Jika update firmware gagal karena daya baterai rendah, Windows selalu mencoba menginstalnya setelah restart berikutnya. Jika update gagal karena alasan selain pemadaman listrik atau masalah baterai, Windows hanya melakukan tiga upaya penginstalan ulang. Setelah itu, ini akan menampilkan pesan error update gagal di Device Manager atau Update history Windows. Dalam hal ini, firmware tidak akan diupdate hingga pabrikan merilis update baru.


2. Kegagalan Update Firmware Tidak Sementara

Kegagalan update firmware non-sementara terjadi karena kondisi yang tidak dapat diperbaiki. Dalam kasus seperti itu, Windows tidak mencoba lagi update firmware hingga update baru dirilis dari pabrikan.


Mari kita lihat beberapa error code update firmware umum yang dapat dilihat pengguna di Windows Update atau Device Manager. Masing-masing error code ini memiliki nilai NTSTATUS. Nilai NTSTATUS digunakan untuk berkomunikasi dengan informasi system. Sebagian besar nilai ini memiliki pesan default yang ditampilkan dalam pesan teks yang dapat dibaca manusia bersama dengan error code. Pengguna dapat menggunakan code dan deskripsi error ini untuk menyelesaikan masalah.

  • 0xC0000001: STATUS_UNSUCCESSFUL
  • 0xC000009A: STATUS_INSUFFICIENT_RESOURCES
  • 0xC0000059: STATUS_REVISION_MISMATCH
  • 0xC000007B: STATUS_INVALID_IMAGE_FORMAT
  • 0xC0000058: STATUS_UNKNOWN_REVISION
  • 0xC000000F: STATUS_NO_SUCH_FILE
  • 0xC0000022: STATUS_ACCESS_DENIED
  • 0xC00002D3: STATUS_POWER_STATE_INVALID
  • 0xC00002DE: STATUS_INSUFFICIENT_POWER


Ketika firmware UEFI melaporkan nilai STATUS_UNSUCCESSFUL ke OS Windows, Windows melakukan tiga upaya penginstalan ulang. Selama tiga kali upaya penginstalan ulang, pengguna akan melihat pesan Pending restart di Windows Update. Jika ketiga upaya gagal, Windows menampilkan pesan {Operation Failed} The requested operation was unsuccessful dengan error code 0xC0000001.


Windows melakukan tiga kali upaya penginstalan ulang saat nilai STATUS_INSUFFICIENT_RESOURCES dilaporkan oleh firmware UEFI. Selama tiga upaya penginstalan ulang ini, pesan Pending restart tertunda ditampilkan di Windows Update. Jika meskipun melakukan tiga upaya update firmware gagal, Windows menampilkan pesan error Insufficient system resources exist to complete the API dengan code 0xC000009A.


Windows tidak melakukan upaya penginstalan ulang untuk mengupdate firmware saat menerima salah satu dari nilai NTSTATUS berikut. Sebagai gantinya, ini menampilkan error code masing-masing dan pesan error.

  • STATUS_REVISION_MISMATCH
  • STATUS_INVALID_IMAGE_FORMAT
  • STATUS_UNKNOWN_REVISION
  • STATUS_NO_SUCH_FILE


Saat menerima nilai STATUS_ACCESS_DENIED oleh firmware UEFI, Windows melakukan tiga kali upaya penginstalan ulang. Jika setelah tiga upaya update firmware yang gagal, Windows menampilkan error code 0xC0000022 dengan pesan error.


Firmware UEFI melaporkan dua nilai NTSTATUS berikut ke OS Windows jika update firmware gagal karena masalah listrik padam atau baterai yang rendah. Dalam hal ini, tidak ada batasan untuk upaya penginstalan ulang update firmware.

  • STATUS_POWER_STATE_INVALID
  • STATUS_INSUFFICIENT_POWER


Jika anda menerima error update firmware pada system anda, anda dapat mencoba beberapa solusi berikut untuk mengatasi masalah tersebut.


Sebelum anda mulai, saya sarankan anda memutuskan semua perangkat USB dari komputer anda dan coba lagi setelah Hard atau Full Shutdown.



1. Kosongkan Sebagian Ruang di Hard Drive Anda


Update Windows gagal jika anda tidak memiliki ruang kosong minimum yang diperlukan pada hard drive anda. Jika anda memiliki OS 32-bit, anda harus memiliki minimal 16 GB ruang kosong pada hard drive. Di sisi lain, OS 64-bit membutuhkan setidaknya 20 GB ruang kosong pada hard drive untuk berhasil menginstall update Windows. Untuk itu, bersihkan dan buat ruang pada Drive C: Windows anda.



2. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Update firmware diinstall bersama dengan update Windows. Oleh karena itu, menjalankan tool Windows Update Troubleshooter dapat memperbaiki masalah ini.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




3. Nonaktifkan Firewall atau Antivirus Pihak Ketiga Anda dan Jalankan Kembali Windows Update


Terkadang, Firewall atau antivirus pihak ketiga mencegah update Windows untuk diinstall. Nonaktifkan Firewall atau antivirus pihak ketiga anda untuk sementara dan jalankan kembali Windows Update. Buka Settings Windows, kemudian buka Windows Update dan klik Check for updates.



4. Uninstall Perangkat dari Device Manager


Luncurkan Device Manager dan uninstall firmware anda darinya. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di Device Manager, perluas Firmware.
  • Klik kanan pada firmware dengan tanda peringatan (tanda seru berwarna kuning) dan klik Uninstall device.
  • Kemudian klik Uninstall.
  • Setelah menguninstall firmware yang bermasalah dari Device Manager, restart komputer anda.


Saat restart, Windows akan menscan perubahan hardware secara otomatis dan menginstall ulang driver yang hilang.



5. Download Firmware dari Websitw Produsen


Firmware semua perangkat juga tersedia di website produsen. Anda dapat mendownload firmware dari website resmi dan menginstalnya secara manual di komputer anda. Sebelum anda menginstall firmware secara manual, anda harus menguninstall versi saat ini dari Device Manager.


Cara terbaik adalah menggunakan tools khusus untuk update BIOS dan firmware yang mungkin telah dirilis oleh OEM anda. Untuk itu lihat link yang sudah saya sertakan di artikel ini.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara downgrade versi BIOS di komputer Windows atau apa itu Hardware Virtualization dan cara mengaktifkan atau menonaktifkannya di Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki gagal update Firmware di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Gagal Update Firmware di Windows 10/11"