Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Green Screen of Death di Windows 10/11

 


Pengguna versi Insider Preview dari OS Windows 11 atau Windows 10  mungkin telah melihat Green Screen of Death. Apakah error ini ada bedanya dengan Blue Screen of Death (BSOD)? Dan bagaimana cara memperbaiki Green Screen of Death di Windows 10 atau Windows 11? Saya akan menjelaskan semuanya itu di artikel ini.


Apa itu Green Screen of Death di Windows 10/11?

Green Screen of Death (GSOD) pada dasarnya adalah layar Stop Error yang mirip dengan Blue Screen of Death yang mungkin pernah anda lihat. Anda biasanya akan melihatnya di Windows Insider Build. Masalah ini dapat disebabkan oleh banyak hal yang berbeda seperti file system yang rusak, driver yang out of date dan hal lainnya. Tetapi masalah ini dapat dipecahkan dan dengan sedikit pemecahan masalah, kita akan dapat menyelesaikannya. Ada beberapa solusi juga yang akan kita lihat di artikel ini.



Memperbaiki Green Screen of Death di Windows 10/11


Jika anda terjebak di Green Screen of Death dan anda tidak dapat melakukan apa-apa, maka satu-satunya hal yang dapat anda lakukan adalah melakukan hard reset. Cukup tekan tombol Power selama 20-30 detik dan system anda akan mati. Kemudian anda dapat membuka komputer anda dan mulai memecahkan masalah.


Jika komputer anda tidak bisa booting, maka anda harus menggunakan recovery tool yang pada media instalasi anda. Jika anda tidak memiliki media instalasi, untuk menjalankan beberapa saran ini, anda harus mem-boot Windows dalam Safe Mode. Selanjutnya boot ke layar Advanced Startup Options atau menggunakan media instalasi untuk mem-boot atau memperbaiki OS.


Pertama-tama anda harus mulai dengan mengupdate Windows anda, pastikan anda memiliki semua perbaikan bug yang mungkin telah dirilis untuk channel anda dan kemudian lihat apakah masalah telah teratasi. Jika masih berlanjut, maka berikut ini adalah hal-hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi Green Screen of Death di Windows 10 atau WIndows 11 anda.



1. Update Driver Graphics


Salah satu alasan paling umum yang dapat menyebabkan error ini adalah driver Graphics yang sudah out of date. Anda perlu memastikan bahwa anda menjalankan driver Graphics versi terbaru. Jika tidak, anda akan melihat segala macam error. Anda dapat dengan mudah mengupdate driver Graphics anda dan memeriksa apakah masalah tetap ada. Gunakan salah satu artikel berikut untuk mengupdate driver Graphics anda.



2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan


Mungkin ada begitu banyak aplikasi di system anda yang tidak anda gunakan. Mungkin saja aplikasi yang tidak diinginkan itu membebani CPU anda dan menyebabkan system mengalami crash. Oleh karena itu, penting untuk menguninstall aplikasi yang tidak anda gunakan jika anda sering melihat GSOD. Ada banyak cara menguninstall aplikasi di Windows anda, namun pastikan bahwa anda menguninstallnya secara komplit sehingga tidak meninggalkan sisa-sisa file.



Jika anda tidak bisa menguninstall aplikasi tertentu, gunakan langkah-langkah di artikel ini. Sementara untuk aplikasi bloatware, gunakan langkah-langkah di artikel ini atau anda dapat menguninstall aplikasi bawaan menggunakan PowerShell.


Setelah menguninstall aplikasi, anda perlu me-restart system anda dan mudah-mudahan, masalah anda akan teratasi.



3. Jalankan SFC dan DISM


Jika masalahnya adalah karena file system yang rusak maka solusi terbaik adalah menjalankan System File Checker (SFC) dan Deployment Image Servicing and Management (DISM). Kedua utilitas ini akan membantu anda mendeteksi masalah dan kemudian memperbaiki file system yang dilindungi di Windows. Jalankan SFC terlebih dahulu kemudian merestart PC anda untuk melihat apa itu memperbaiki Windows anda. Jika tidak, maka jalankan utilitas DISM.




4. Cabut Periferal di PC Anda


Green Screen of Death dapat disebabkan oleh perangkat eksternal yang rusak yang telah anda hubungkan ke system anda. Dalam kebanyakan kasus, kita tidak tahu persis perangkat yang menyebabkan error ini. Jadi, anda harus mencabut semuanya dan melihat apakah Green Screen of Death masih muncul. Jika tidak maka anda tahu bahwa salah satu perangkat eksternal tersebut menjadi penyebab utama system anda mengalami Green Screen of Death. Sekarang, colokkan satu per satu perangkat eksternal tersebut dan anda akan mengetahui apa yang rusak dan menyebabkan masalah.



5. Reset PC Anda


Jika masalah berlanjut dan tidak ada yang berfungsi maka anda dapat mencoba mereset komputer anda. Dengan cara ini error atau kesalahan konfigurasi dapat diselesaikan secara instan. Namun sebelum melanjutkan, sangat disarankan untuk membackup file penting anda. Karena anda tidak dapat booting ke Windows, oleh karena itu ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk membackup file penting anda.


Setelah membackup semua file penting anda, anda dapat mereset PC anda ke pengaturan pabrik. Atau anda dapat menggunakan Cloud reset.




Semoga salah satu metode membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa yang harus anda lakukan jika Windows 10/11 gagal start atau cara mudah backup profil pengguna di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Green Screen of Death di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Green Screen of Death di Windows 10/11"