Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Hard Drive Hilang Setelah Update Windows

 


Meskipun jarang terjadi, namun beberapa pengguna melaporkan kehilangan semua hard drive setelah update Windows. Hard drive yang hilang adalah semua hard drive atau partisi tambahan, Ssementara drive utama tetap terlihat. Jika demikian halnya dengan anda, maka artikel ini akan membantu anda mendapatkan kembali hard drive yang hilang tersebut.



Memperbaiki Hard Drive Hilang Setelah Update Windows


Sebelum kita mulai, perlu anda ketahui bahwa Windows Update tidak menghapus hard drive apapun dari system, tetapi jika terjadi kesalahan konfigurasi, hal ini dapat terjadi. Berikut beberapa solusi yang bisa anda coba.


Pastikan anda memiliki pemahaman yang jelas tentang tools yang akan kita gunakan disini. Anda juga memerlukan administrator account untuk saran ini.



1. Periksa Koneksi Hard Drive


Jika anda baru saja memasang hard drive (baru atau lama), pastikan koneksi antara motherboard dan hard drive sudah benar. Jadi, jika hard drive anda belum terhubung dengan benar, lakukanlah. Jika anda masih tidak dapat menemukannya, maka anda perlu memeriksa pengaturan BIOS atau Disk Management tool untuk memeriksa apakah drive terlihat di dalamnya.


Agar terlihat di File Explorer atau This PC, anda harus memformatnya dan menetapkan drive letter.




2. Tetapkan Ulang Drive Letter


Ketika ada konflik antara drive letter, ada kemungkinan bahwa itu hilang. Biasanya, Windows harus menetapkan drive letter baru ketika drive letter tidak diatur, tetapi jika tidak, maka anda harus mengaturnya. Ikuti langkah-langkah di artikel ini untuk menetapkan drive letter. Anda juga dapat memperbaiki Windows tidak menetapkan drive letter secara otomatis baik itu di Windows 10 atau Windows 11 anda.




3. Jalankan Hardware and Device Troubleshooter


Windows menawarkan Hardware and Device Troubleshooter bawaan yang dapat memperbaiki sebagian besar masalah umum yang terkait dengan hardware apapun. Anda hanya membantu wizard dengan memberitahu sedikit tentang masalahnya, tetapi itu harus diselesaikan jika masalahnya tidak teratasi.




4. Update atau Install Ulang Driver Disk


Jika anda menggunakan hard drive lama, kemungkinan driver  disk belum didownload dan dikonfigurasi. Anda perlu memeriksa dengan Device Manager dan mencari tahu apakah ada drive yang memiliki tanda seru berwarna kuning.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager.
  • Perluas bagian Disk drives dan perhatikan jika ada drive yang memiliki tanda seru berwarna kuning



Sebaiknya gunakan salah satu software yang dapat mengupdate driver. Aplikasi ini dapat menemukan driver untuk hard drive lama dan membuatnya berfungsi.


Jika anda yakin dengan nomor model hard drive, anda juga dapat mendownload driver langsung dari OEM dan menginstalnya. Misalnya, Samsung menawarkan software Magician yang dapat memformat, membuat partisi dan mengupdate driver untuk performa/kinerja terbaik.



Pastikan untuk mencoba semuanya satu per satu, dan periksa apakah berhasil, lalu lanjutkan ke yang berikutnya.


Kehilangan Hard Drive bisa menyakitkan, tetapi untungnya ini adalah masalah yang diselesaikan dengan cepat. Sebagian besar waktu, baik drive letter hilang atau drive belum diformat dengan benar. Pastikan untuk membuat partisi dalam format yang paling sesuai dengan versi Windows saat ini.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara membuat dan mengubah ukuran partisi dengan GParted atau cara membuat virtual hard disk di Windows.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki hard drive hilang setelah update Windows di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Hard Drive Hilang Setelah Update Windows"