Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Headphone Terpasang Tetapi Suara Berasal dari Speaker di Windows 10/11

 


Banyak pengguna Windows 10 atau Windows 11 mengeluh, dimana mereka menghadapi masalah dimana suara diputar melalui speaker bahkan ketika headphone mereka terpasang. Ini bisa sangat mengganggu karena membuat anda jauh dari menikmati musik seperti yang anda inginkan. Jika anda adalah salah satu pengguna yang mengalami masalah yang sama, maka artikel ini untuk membantu anda. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana anda dapat mengatasi masalah ini dan menikmati suara melalui headphone anda.


Sebelum kita melanjutkan dengan perbaikan yang sebenarnya, mari kita bahas alasan yang mungkin memicu masalah ini. Ada beberapa kemungkinan penyebab anda mendapatkan masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

  • Mungkin anda belum menghubungkan headphone dengan benar di PC anda. Jadi, pastikan tidak ada koneksi yang longgar dan headphone anda terhubung dengan benar.
  • Masalah lain yang dihadapi mungkin disebabkan karena headphone anda rusak. Jadi, pastikan headphone tersebut berfungsi dengan mencobanya di perangkat lain.
  • Jika suara keluar dari speaker meskipun headphone dicolokkan, ada kemungkinan anda telah mengatur speaker sebagai perangkat audio default. Jika skenario ini berlaku, anda seharusnya dapat memperbaiki masalah dengan mengatur headphone anda sebagai perangkat audio default.
  • Masalah ini juga dapat disebabkan karena driver audio/headphone yang rusak atau out of date. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa anda memiliki driver audio/headphone terbaru untuk mengatasi masalah tersebut.


Untuk memperbaiki masalah ini, anda harus memastikan bahwa tidak ada koneksi yang longgar dan headphone dalam kondisi kerja. Selain itu, jalankan audio troubleshooter, atur headphone sebagai perangkat audio default, atau mengupdate driver audio anda.



Memperbaiki Headphone Terpasang Tetapi Suara Berasal dari Speaker


Berikut adalah beberapa metode perbaikan yang dapat anda coba jika anda telah mencolokkan headphone anda tetapi suaranya masih terdengar dari speaker anda.



1. Pastikan Anda Telah Menghubungkan Headphone dengan Benar


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan headphone anda sudah terhubung ke PC anda dengan benar. Jadi, periksa koneksi yang longgar kemudian coba putar file audio. Anda dapat mencabut headphone dari system dan menyambungkannya kembali ke PC anda. Jika masalahnya bukan karena koneksi yang longgar, maka lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.



2. Periksa Headphone Anda dengan Beberapa Perangkat Lain


Selain metode di atas, anda juga harus memastikan headphone anda tidak rusak. Untuk melakukan itu, sambungkan headphone anda dengan beberapa perangkat lain seperti ponsel atau laptop dan lihat apakah itu berfungsi dengan baik. Jika headphone tidak berfungsi di perangkat lain, kemungkinan besar headphone anda rusak dan anda harus menggantinya dengan yang baru.


Jika headphone anda berfungsi dengan baik di beberapa perangkat lainnya, maka lanjutkan ke perbaikan potensial berikutnya untuk menyelesaikan masalah.



3. Restart PC Anda


Setelah anda memastikan bahwa masalahnya bukan pada headphone anda, maka anda harus mencoba mereboot PC anda. Sering kali, yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan restart untuk memperbaiki masalah. Jika masalah ini disebabkan karena beberapa error sementara di PC anda, metode ini akan berhasil untuk anda. Ini akan menghapus RAM anda dan memulai PC Aanda dalam keadaan bersih dan fresh. Jadi, cukup restart system anda dan kemudian coba colokkan headphone anda dan lihat apakah itu berfungsi dengan baik sekarang.



4. Atur Headphone Sebagai Perangkat Audio Default


Anda juga harus memastikan bahwa headphone anda diatur sebagai perangkat audio default di system anda. Masalah ini kemungkinan besar terjadi jika anda telah memilih speaker sebagai perangkat audio output default. Jadi, anda perlu memeriksa dan mengatur headphone anda sebagai perangkat audio default untuk memperbaiki masalah. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik kanan pada ikon Sound yang ada di taskbar anda dan pilih opsi Sound settings (di Windows 11) atau Open Sound settings (di Windows 10).
  • Di jendela Settings Sound, gulir ke bawah lalu klik opsi More sound settings (di Windows 11) atau Sound Control Panel (di Windows 10).


  • Di jendela Sound, alihkan ke tab Playback.
  • Selanjutnya, pastikan headphone anda dipilih sebagai perangkat audio default. Jika tidak, klik kanan pada Headphones anda dan pilih opsi Set as Default Device.


  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Sekarang, coba putar file audio di PC Anda dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi.



5. Pastikan Driver Audio/Headphone Anda Up to Date


Masalah audio pada PC sering dikaitkan dengan driver audio yang rusak atau out of date. Jadi, jika anda menghadapi masalah karena driver audio yang rusak, maka anda harus dapat menyelesaikan masalah dengan mengupdate driver audio dan headphone anda.


Sekarang, ada beberapa opsi untuk mengupdate driver audio/headphone anda di Windows 10 atau Windows 11 anda. Metode pertama adalah anda dapat mengupdate driver audio anda secara manual menggunakan aplikasi Device Manager atau Settings. Jika anda menggunakan headphone USB atau wireless, maka diperlukan driver untuk bekerja dengan benar. Jadi, pastikan anda memiliki driver khusus tersebut di system anda.



Anda juga dapat mengunjungi website resmi produsen perangkat anda untuk mendownload driver terbaru dan menginstallnya di PC anda. Anda bahkan dapat menggunakan Realtek High Definition Audio Manager jika anda memiliki Realtek HD Audio Drivers. Jika anda ingin mengupdate driver audio anda secara otomatis tanpa melalui terlalu banyak pilihan atau mencari secara online, gunakan aplikasi updater driver gratis. Cukup download dan install salah satu aplikasi dan secara otomatis akan menemukan dan mengupdate audio anda beserta driver lainnya.


Anda juga dapat menguppdate driver menggunakan command prompt jika situasi anda tidak mendukung dalam melakukan update melalui Device Manager ataupun aplikasi pihak ketiga.


Setelah mengupdate driver audio/headphone anda, reboot PC anda dan colokkan headphone anda. Lihat apakah masalahnya dapat diperbaiki atau tidak. Jika tidak, lanjutkan dan coba perbaikan potensial berikutnya untuk mengatasi masalah.



6. Jalankan Audio Troubleshooter


Windows menyediakan audio troubleshooter bawaan yang dapat mendeteksi dan memperbaiki masalah terkait audio di komputer anda. Jadi, jika tidak ada yang berhasil, coba jalankan pemecah masalah Audio yang disediakan oleh Windows. Itu harus dapat mendeteksi penyebab pasti masalah dan kemudian mengusulkan perbaikan yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menjalankan audio troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11 anda.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I atau buka dari Start menu.
  • Di jendela Settings, pilih Updates & Security.
  • Di halaman berikutnya, klik Troubleshoot di panel kiri dan klik Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Dari daftar troubleshooter di halaman berikutnya, pilih Recording Audio dan klik Run the troubleshooter. Jalankan juga Playing Audio.



Di Windows 11:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I atau klik Start menu dan pilih Settings.
  • Di jendela Settings, pilih System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya pilih Recording Audio dari daftar dan klik Run yang ada di sebelah kanannya. Jalankan juga Playing Audio.



Windows akan mulai menemukan masalah terkait audio di system anda dan kemudian menampilkan masalah audio yang anda hadapi. Bersamaan dengan itu, Windows juga akan mengusulkan solusi untuk memperbaiki masalah tersebut. Anda dapat menerapkan perbaikan yang paling sesuai dan menunggu prosesnya selesai. Setelah itu, coba putar file audio dan lihat apakah headphone anda berfungsi dengan baik sekarang.



Semoga dapat membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengembalikan Volume Mixer lama di Windows 11 atau cara menggunakan fitur Enhance Audio di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Headphone terpasang tetapi suara berasal dari Speaker di Windows10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Headphone Terpasang Tetapi Suara Berasal dari Speaker di Windows 10/11"