Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Ikon Desktop Tidak Muncul di Windows 10/11

 


Windows telah berubah, dimana anda dimungkinkan untuk menyembunyikan ikon desktop, sehingga semuanya tampak lebih bersih. Meskipun banyak pengguna yang suka menyimpan ikon dan file di Desktop agar dapat mengaksesnya dengan cepat, namun hal itu dapat menghasilkan terlalu banyak kekacauan. Disisi lain, Start Menu dan Taskbar telah berevolusi, sehingga menempatkan ikon di Desktop mungkin terasa aneh dan tidak masuk akal.


Terkait dengan masalah ikon desktop, beberapa pengguna melaporkan bahwa ketika mereka mencoba menempatkan sebuah ikon di desktop Windows 10 atau Windows 11,  ikon tersebut tidak muncul di desktop mereka. Jika anda juga menghadapi masalah yang sama, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah ini.



Memperbaiki Ikon Desktop Tidak Muncul di Windows 10/11


Untuk mengatasi masalah ikon desktop tidak muncul di Windows 10 atau Windows 11, anda dapat mengkuti saran dibawah ini untuk mengembalikan ikon di Desktop Windows anda. Mari kita lihat satu per satu solusi secara mendetail.



1. Aktifkan Show desktop icons


Jika Windows telah diatur untuk menyembunyikan ikon desktop atau anda telah melakukannya sebelumnya dan melupakannya, maka anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cepat. Cukup klik kanan pada area kosong di Desktop, kemudian arahkan ke View dan pilih Show desktop icons. Semua ikon yang tersembunyi akan muncul secara instan.




2. Periksa Pengaturan Ikon Desktop


Jika anda kehilangan beberapa ikon desktop seperti This PC, Network, Recycle Bin atau yang lainnya, maka anda dapat menambahkannya secara manual, muncul di Desktop.


Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Personalization jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Themes di panel kiri dan di panel kanan klik Desktop icon settings dibawah bagian Related Settings.
  • Jendela Desktop icon settings akan muncul. Disini, pilih ikon desktop mana yang anda inginkan agar muncul di Desktop anda.
  • Setelah anda memilihnya, klik Apply dan OK.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Personalization di panel kiri dan di panel kanan klik Themes.
  • Di halaman berikutnya dibawah bagian Related settings, klik Desktop icon settings.
  • Jendela Desktop icon settings akan muncul. Ini memungkinkan anda dapat memilih ikon desktop mana yang dapat muncul di Desktop anda.
  • Setelah anda memilihnya, klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Setelah melakukannya di masing-masing system operasi anda, ikon akan muncul di desktop anda.



3. Restart File Explorer


Jika ikon sudah ada dan tiba-tiba menghilang, maka perbaikan cepat adalah merestart File Explorer. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Task Manager dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, di bawah tab Processes, klik kanan pada Windows Explorer dan pilih Restart.



Semua yang ada di Desktop akan direfresh dan ikon akan segera muncul.



4. Scan dan Perbaiki File yang Rusak di Windows


Masalah ini juga dapat terjadi jika beberapa file system yang terkait dengan Desktop korup. Cara yang tepat untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan System File Checker (SFC). Tool bawaan Windows ini dapat memperbaiki file system yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.


Setelah menjalankan System File Checker, restart File Explorer dan periksa apakah ikon desktop telah tersedia atau tidak. Jika tidak, maka lanjutkan ke solusi berikutnya.



5. Periksa Pengaturan Group Policy Editor


Untuk memeriksa kebijakan terkait item desktop, anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Perhatikan bahwa, Group Policy Editor hanya tersedia di Windows 10 atau Windows 11 edisi Pro dan Enterprise. Jadi jika anda pengguna edisi Home, silahkan lewati metode ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


User Configuration - Administrative Templates - Desktop

  • Disini, di panel kanan, temukan dan klik dobel pada kebijakan Hide and disable all items on the desktop.


  • Di jendela edit kebijakan, jika Enabled, maka pengaturan ini yang menyebabkan hilangnya ikon, shortcut dan item default dan yang ditentukan pengguna lainnya di desktop, termasuk Recycle Bin, Computer dan Network.
  • Jadi, pilih Not Configured atau Disabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.



Setelah melakukan itu, seharusnya ikon desktop akan muncul kembali. Jika tidak, lanjut ke solusi berikutnya.


6. Lakukan System Restore

Upaya terakhir adalah mengembalikan System agar kembali normal. Jadi anda harus melakukan System restore. Satu-satunya hal yang perlu anda pastikan adalah memilih restore point yang benar dimana semuanya masih bekerja seperti yang diharapkan.



Itulah beberapa solusi yang anda butuhkan untuk memperbaiki ikon Desktop yang hilang di Windows 10 atau Windows 11 anda. Saya harap artikel ini bermanfaat dan anda dapat menemukan ikon desktop anda kembali. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menampilkan Live Tiles di Desktop Windows 11 atau cara mengatasi ikon Desktop tidak dapat dipindahkan di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki ikon desktop tidak muncul di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Ikon Desktop Tidak Muncul di Windows 10/11"