Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki INTERNAL ERROR: Cannot create temporary directory di Windows 10/11

 


Saat anda memboot komputer Windows 10 atau Windows 11 anda atau saat anda mencoba menjalankan program executable (.exe) untuk menginstal program tertentu pada perangkat anda, anda mungkin mendapatkan pesan error INTERNAL ERROR: Cannot create temporary directory. Jika demikian, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dalam menyelesaikan masalah ini dengan solusi yang paling sesuai.



Pengguna PC yang mengalami masalah ini mengatakan bahwa ketika error ini terjadi, mereka tidak dapat membuka program tertentu yang diinstall di perangkat mereka, seperti Chrome dan Norton Internet Security. Masalah lain yang timbul dari error ini adalah Windows Update terus memberikan error There were some problems installing updates, but we’ll try again later yang diikuti dengan beberapa error code yang berbeda.



Memperbaiki INTERNAL ERROR: Cannot create temporary directory


Jika saat ini anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error INTERNAL ERROR: Cannot create temporary directory yang terjadi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter


Jika anda mengalami error INTERNAL ERROR: cannot create temporary directory pada Windows 10 atau Windows 11 anda ketika anda mencoba menginstal software, maka anda dapat menjalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter dari Microsoft dan lihat apakah itu membantu. Program Install and Uninstall Troubleshooter membantu anda memperbaiki masalah secara otomatis saat anda diblokir dari menginstall atau menguninstall program. Ini juga akan memperbaiki key registry yang rusak.




2. Jalankan File and Folder Troubleshooter


Microsoft menawarkan Windows File and Folder Troubleshooter yang secara otomatis mendiagnosis dan memperbaiki masalah terkait dengan file dan folder di Windows 10 maupun Windows 11, seperti menghapus file atau folder dari recycle bin atau mencoba menyalin, memindahkan, mengganti nama atau menghapus file. Jadi, jalankan File and Folder Troubleshooter dan lihat apakah error dapat diperbaiki.




3. Jalankan File Executable dengan Hak Admin


Jika menjalankan Program Install and Uninstall Troubleshooter tidak membantu, anda dapat menjalankan file executable dengan hak admin dan melihat apakah software berhasil diinstall tanpa menampilkan error. Coba solusi selanjutnya jika error muncul kembali.

  • Untuk melakukannya, klik kanan file .exe dan pilih Properties.
  • Kemudian alihkan ke tab Compatibility.
  • Selanjutnya, beri ceklist pada opsi Run this program as an administrator.
  • Klik Apply dan OK untuk menerapkan pengaturan.




4. Jalankan Disk Cleanup


Beberapa file akan dibuat di direktori temp drive C: saat anda mencoba menginstall program di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Error ini dapat terjadi jika ruang yang tersedia dari drive system tidak mencukupi atau jika anda tidak memiliki izin untuk membuat direktori sementara disana. Dalam hal ini, periksa/analisis ruang C: drive yang tersedia dan jika ruang tidak cukup, jalankan Disk Cleanup pada drive atau bersihkan Hard Disk melalui aplikasi Settings di perangkat anda. Anda juga dapat menggunakan Cleanup Recommendations di Windows 11 atau membersihkan dan membuat ruang pada Drive C: Windows.



5. Jalankan CHKDSK


Solusi ini mengharuskan anda menjalankan CHKDSK untuk memperbaiki bad sector atau drive yang rusak yang dapat menimbulkan inkonsistensi pada integritas drive yang akibatnya dapat memicu error ini.



6. Tetapkan Izin Full Control ke Folder Temp


Solusi ini mengharuskan anda untuk menetapkan izin Full Control ke folder Temp yang berada di drive system pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa untuk mengembalikan hak akses kepemilikan file dan folder system ke TrustedInstaller setelah anda berhasil melakukan proses tanpa error. 


Jika error berlanjut setelah melakukan hal ini, coba solusi berikutnya.



7. Buat Folder Temp Baru Secara Manual


Solusi ini mengharuskan anda membuat folder Temporary files baru secara manual dan menamakannya dengan Temp pada drive system dan mengubah variabel.


Ikuti langkah-langah berikut ini.

  • Kemudian klik Advanced System Settings di panel kiri.


  • Di jendela System Properties, alihkan ke tab Advanced dan klik Environment Variables.
  • Selanjutnya klik dobel pada TEMP dari kotak di bagian atas.
  • Pada jendela Edit User Variable yang muncul, dibagian kotak Variable value, masukan value dibawah ini, kemudian klik OK dan OK.


C:\Temp


  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk keluar dari System Properties.


8. Format Partisi/Drive

Solusi ini mengharuskan anda untuk memformat partisi/drive. Atau anda dapat membuat partisi baru di drive anda dan jika perlu buat folder Temp dan lihat apakah itu membantu.


9. Lakukan System Restore

Jika sebelumnya anda tidak mendapatkan error ini ketika anda memboot komputer Windows 10 atau Windows 11 anda atau ketika anda mencoba menginstall software pada perangkat anda, maka sangat mungkin bahwa masalah tersebut difasilitasi oleh perubahan yang telah dialami system anda baru-baru ini dan anda tidak menyadarinya.

Dalam hal ini, karena anda tidak tahu perubahan apa yang mungkin memicu error ini, jadi anda dapat melakukan System Restore untuk kembali ke titik sebelum masalah dimulai. Perlu anda ketahui bahwa perubahan apapun seperti instalasi aplikasi, preferensi pengguna dan hal lain yang dibuat setelah restore point akan hilang. Pastikan juga untuk membackup file penting anda sebelum melakukan hal ini.


10. Reset Windows 10 atau Windows 11

Pada titik ini, jika tidak ada yang berhasil untuk anda dan masalah tetap ada, maka anda dapat mereset Windows 10 atau Windows 11 agar masalah teratasi. Pilih opsi Keep my files agar dapat menyimpan file pribadi anda saat melakukan operasi reset pada perangkat anda.



Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki INTERNAL ERROR: Cannot create temporary directory di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki INTERNAL ERROR: Cannot create temporary directory di Windows 10/11"