Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Keyboard Mengeluarkan Bunyi Klik Namun Tidak Mengetik di Windows 11/10

 


Mungkin ada saat-saat ketika keyboard anda mungkin mengeluarkan bunyi klik namun tidak mengetik di Windows 11 atau Windows 10. Jika itu terjadi dengan anda saat ini, maka anda dapat mengikuti artikel ini untuk menghilangkan masalah tersebut. Ini cukup umum ketika anda menggunakan fitur Accessibility di PC Windows 11 atau Windows 10.


Terkadang, anda mungkin tidak dapat mengetik apapun di bidang input teks apapun atau program lain apapun. Ada dua situasi utama saat pengguna mengalami masalah ini.

  • Jika keyboard anda tidak mengeluarkan suara apapun dan itu adalah keyboard wireless, maka periksa apakah anda memiliki baterai atau tidak.
  • Jika keyboard anda mengeluarkan bunyi klik atau bunyi bip, tetapi tidak mengetik satu huruf/digit pun, anda harus mengikuti solusi berikut.



Memperbaiki Keyboard Mengeluarkan Bunyi Klik Namun Tidak Mengetik


Jika keyboard mengeluarkan bunyi klik pada saat anda tidak mengetik di PC Windows 11 atau Windows 10 anda, maka ikuti beberapa metode perbaikan berikut ini.



1. Nonaktifkan Sticky Keys dan Filter Keys


Ada dua pengaturan di jendela Settings Windows yang bernama Sticky Keys dan Filter Keys. Pengaturan ini mungkin bertanggung jawab atas masalah ini dengan komputer anda. Oleh karena itu, lebih baik untuk menonaktifkan Sticky Keys dan Filter Keys di komputer anda. Selain melalui Settings Windows, anda juga dapat menonaktifkan kedua fitur dari Control Panel. menonaktifkan dan setelah itu anda dapat memeriksa apakah masalah teratasi atau tidak.




2. Jadikan Keyboard Lebih Mudah Digunakan


Seperti di Settings Windows, Control Panel hadir dengan opsi serupa untuk memungkinkan anda mengaktifkan atau menonaktifkan tombol Sticky dan tombol Filter. Anda mungkin mengalami masalah yang disebutkan di atas jika anda mengaktifkan opsi ini sebelumnya melalui Control Panel dan tidak menerima pesanan dari panel Settings Windows. Sekadar informasi, masih banyak pengaturan lain seperti Mouse Keys, Toggle Keys dan lainnya. Anda harus menonaktifkan semuanya.



  • Untuk memulai, buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter.
  • Di jendela Control Panel, pilih opsi Ease of Access Center dan kemudian klik opsi Change how your keyboard works.
  • Setelah itu, hapus ceklist pada beberapa opsi berikut ini.

  1. Turn on Mouse Keys
  2. Turn on Sticky Keys
  3. Turn on Toggle Keys
  4. Turn on Filter Keys
  5. Underline keyboard shortcuts and access keys
  6. Prevent window from being automatically arranged when moved to the edge of the screen

  • Terakhir, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


Setelah itu, periksa apakah anda dapat mengetik dengan keyboard anda atau tidak.



3. Jalankan Keyboard Troubleshooter


Ada Keyboard Troubleshooter bawaan yang membantu anda memperbaiki masalah umum terkait keyboard seperti ini. Untuk menjalankan Keyboard Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Gulir ke bawah dan klik Keyboard. Kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ikuti semua petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses perbaikannya.



Di Windows 11:

  • Tekan Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya temukan Keyboard dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Ikuti petunjuk di layar.



Setelah menjalankannya, anda mungkin dapat menggunakan keyboard seperti biasa.



4. Install Ulang Driver Keyboard


Secara umum, keyboard dan mouse tidak dilengkapi dengan driver. Anda hanya perlu mencolokkan perangkat tersebut ke komputer anda untuk mulai menggunakannya. Namun, jika keyboard anda memiliki beberapa fungsi lanjutan, anda mungkin perlu menginstall driver agar berfungsi. Dalam hal ini, pastikan anda telah mendownload driver keyboard anda dan kemudian menginstall driver yang disediakan untuk anda.



Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang mengaktifkan suara pengetikan Touch Keyboard di Windows 11 atau memperbaiki bunyi Bip Keyboard saat mengetik di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Keyboard mengeluarkan bunyi klik namun tidak mengetik di Windows 10 di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Keyboard Mengeluarkan Bunyi Klik Namun Tidak Mengetik di Windows 11/10"