Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Komputer Windows Shut down dan Restart Secara Otomatis Tanpa Peringatan

 


Jika komputer Windows anda restart atau reboot tanpa peringatan secara otomatis atau masuk ke loop reboot, maka berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut. Ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Masalahnya bisa apa saja! Ini bisa menjadi kegagalan beberapa komponen hardware, panas berlebih, Windows Update atau Stop Error.


Mengidentifikasi Komputer Restart Secara Otomatis Tanpa Peringatan

Anda harus mengidentifikasi masalah anda dan kemudian melihat skenario mana yang berlaku untuk anda. Apakah anda melihat Blue Screen, atau apakah komputer anda terlalu panas, atau anda baru-baru ini mengupdate driver, atau mungkin anda menginstall beberapa update Windows baru-baru ini? Jika anda dapat mengidentifikasi salah satu kemungkinan penyebabnya, maka segalanya bisa menjadi sedikit lebih mudah.



Memperbaiki Komputer Windows Shut down dan Restart Secara Otomatis


Mungkin ada berbagai alasan mengapa komputer Windows 10 atau WIndows 11 anda restart secara otomatis, secara acak, tanpa peringatan. Mari kita periksa beberapa skenario dibawah ini dan memperbaikinya.



1. Reboot Setelah Blue Screen atau Stop Error


Untuk mencegah masalah software atau driver merestart komputer anda berulang kali setelah Stop Error, lakukan hal berikut. Anda perlu melakukan ini agar anda dapat membaca error code yang ditampilkan. Ini pada gilirannya dapat membantu anda memecahkan masalah sesuai error code yang di tampilkan.


Langkah-langkah berikut akan membantu anda untuk mendapatkan error code yang dimaksud.

  • Tekan tombol Win + X  dan pilih System dari daftar.
  • Di halaman About System di jendela Settings, klik Advanced system settings di panel kanan.


  • Kemudian dii jendela System Properties, alihkan ke tab Advanced dan klik Settings pada bagian Startup and Recovery.
  • Selanjutnya, hapus ceklist pada opsi Automatically restart pada jendela Startup and Recovery, kemudian klik Apply dan OK.



Sekarang jika Windows anda crash karena Stop Error, maka itu tidak akan merestart komputer tetapi akan menampilkan pesan error yang dapat membantu anda memecahkan masalah Blue Screen.


Artikel Cara Terbaik Untuk Memperbaiki Error Blue Screen of Death di Windows 10/11 akan membantu anda memecahkan masalah terkait blue screen. Anda juga dapat membaca artikel ini atau anda dapat mencari error code blue screen di blog ini untuk memperbaikinya.



2. Rebooting karena Hardware Error


Hardware yang error atau ketidakstabilan system dapat menyebabkan komputer melakukan boot ulang secara otomatis. Masalahnya bisa berupa RAM, hard drive, power supply, graphic card atau perangkat eksternal. Atau bisa jadi karena masalah overheat atau BIOS.


Artikel Cara Mendeteksi Masalah Pada Hardware Komputer akan membantu anda atau anda juga dapat membaca artikel ini.



3. Restart Setelah Windows Update Setiap Saat


Jika Windowsanda terjebak dalam lingkaran reboot tanpa akhir, coba masuk ke Safe Mode atau akses Advanced Boot Options. Disana anda dapat membuka jendela command prompt atau melakukan system restore atau melakukan Automatic Repair.


Anda dapat membaca artikel ini jika Windows keluar otomatis setelah masuk.



4. Masalah Driver yang Menyebabkan Reboot


Jika anda baru saja mengupdate driver perangkat anda dan sekarang menemukan bahwa Windows anda restart tanpa peringatan, maka anda mungkin ingin memecahkan masalah Driver anda atau mempertimbangkan untuk mengembalikan driver anda ke versi sebelumnya.


Beberapa artikel berikut akan membatu anda terkait dengan driver.



5. Scan Windows Anda untuk Malware


Infeksi Malware atau virus juga bisa menjadi kemungkinan penyebab komputer anda restart secara otomatis. Jadi, scan komputer anda secara mendalam dengan software antivirus anda. Anda mungkin juga ingin menggunakan Microsoft Defender Offline atau bootable antivirus Rescue Media untuk menyingkirkan malware.



Jika masalah ini terjadi karena panas yang berlebih, maka anda dapat menurunkan temperatur CPU dengan Undervolting.


Semoga membantu anda! Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki laptop Locking kemudian shutdown otomatis atau mengatasi komputer selalu restart saat meluncurkan atau bermain game.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki komputer Windows shutdown dan restart secara otomatis tanpa peringatan di Windows 10 di Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Komputer Windows Shut down dan Restart Secara Otomatis Tanpa Peringatan"