Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Mouse Menyoroti Semuanya Saat di Klik

 


Beberapa pengguna mengeluh bahwa kursor mouse mereka menyoroti semuanya saat mereka mengkliknya. Menurut mereka, masalah ini tidak terkait dengan aplikasi tertentu. Saat mereka bekerja di Microsoft Word atau di aplikasi yang serupa lainnya, kursor mouse mereka terus memilih teks saat mereka mengkliknya. Ketika mereka bekerja di browser web, kursor mouse mereka terus menyorot ketika mereka mencoba untuk memilih tab, website, teks yang diinginkan dan lainnya. Masalah serupa juga terjadi di aplikasi lain. Jika anda mengalami masalah yang sama seperti itu, maka artikel ini dapat membantu Anda memperbaikinya.


Ada beberapa alasan mengapa mouse menyoroti semuanya saat anda mengkliknya, seperti driver mouse/touchpad rusak atau out of date, touchpad mouse atau laptop rusak, fitur Sticky Keys diaktifkan, atau anda telah mengaktifkan fitur ClickLock.


Pada artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa metode untuk memperbaiki masalah ini.



Memperbaiki Mouse Menyoroti (Highlighting) Semuanya Saat di Klik


Di bawah ini, saya akan menjelaskan beberapa solusi yang dapat membantu anda mengatasi masalah ini. Namun, sebelum anda melanjutkan, saya sarankan anda memeriksa mouse anda di komputer lain. Ini akan memberitahu anda apakah mouse anda rusak atau tidak. Jika anda menggunakan mouse wireless, ganti baterainya dan periksa apakah masalah tetap ada. Jika mouse anda tidak rusak, coba perbaikan berikut ini.



1. Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter


Karena masalah yang anda alami mungkin terkait dengan hardware, maka menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter dapat membantu anda memperbaikinya. Ini adalah tools otomatis yang mencoba menemukan penyebab masalah dan memperbaikinya (jika memungkinkan).




2. Scan Komputer Anda dengan Microsoft Safety Scanner


Salah satu kemungkinan penyebab masalah adalah infeksi virus atau malware. Microsoft Safety Scanner adalah tools gratis yang dikembangkan oleh Microsoft yang menscan system anda dari infeksi dan menghapus semua program jahat yang ditemukannya. Tools Microsoft Safety Scanner ini tersedia di website resmi Microsoft. 




3. Update Driver Mouse Anda


Driver perangkat yang out of date dan rusak juga menyebabkan beberapa masalah pada system. Saya menyarankan anda mengupdate driver mouse anda dan melihat apakah itu membantu. Untuk mengupdate driver mouse anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di Device Manager, perluas Mice and other pointing devices.
  • Kemudian klik kanan pada driver mouse anda dan pilih Update device.
  • Sekarang, pilih opsi Search automatically for drivers.
  • Setelah itu, Windows akan mencari versi terbaru dari driver mouse anda dan menginstalnya di system anda.



Anda juga dapat mendownload driver Mouse anda dari website produsen dan kemudian mengingstallnya secara manual. Setelah mengupdate driver mouse anda, periksa apakah masalah diperbaiki atau tetap ada.



4. Uninstall dan Install Ulang Driver Mouse Anda


Jika mengupdate driver mouse tidak berhasil, coba install ulang driver mouse anda. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di Device Manager, perluas Mice and other pointing devices.
  • Kemudian klik kanan pada driver mouse anda dan pilih Uninstall device.
  • Selanjutnya klik Uninstall.
  • Setelah menguninstall driver mouse, restart komputer anda.


Setelah merestart perangkat, Windows akan mendeteksi perubahan hardware dan menginstall ulang driver yang hilang. Dan kemudian anda dapat memeriksanya.



5 Periksa Apakah ClickLock Diaktifkan


ClickLock adalah fitur di Windows 10 atau Windows 11 yang memungkinkan pengguna menyoroti atau menyeret tanpa menahan tombol kiri mouse. Fitur ini berguna bagi pengguna laptop. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa ClickLock.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter untuk membuka Control Panel.
  • Di jendela Control Panel, pilih Small/Large icons pada bagian View by dan pilih Mouse.
  • Di jendela Mouse Properties, pilih tab Buttons dan hapus ceklist pada opsi Turn on ClickLock (jika dipilih).
  • Kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.




6. Nonaktifkan Sticky Keys


Menonaktifkan Sticky Keys telah memperbaiki masalah bagi banyak pengguna. Jadi anda juga dapat mencoba metode ini. Nonaktifkan Sticky Keys dan lihat apakah ada perubahan.




7. Jalankan Scan SFC dan DISM


SFC (System File Checker) adalah tool otomatis dari Microsoft yang membantu pengguna memperbaiki file system yang rusak dan mengganti yang hilang. Jika masalah terjadi karena file system yang hilang atau rusak, maka menjalankan scan SFC akan memperbaikinya.


Sementara tool DISM (Deployment Imaging and Servicing Management) digunakan ketika tool SFC gagal memperbaiki file system yang rusak. Jika scan SFC tidak memperbaiki masalah anda, anda dapat menjalankan scan DISM.




8. Restore ke Versi Windows Sebelumnya


Jika anda mengalami masalah setelah menginstall update Windows terbaru, merestore ke versi sebelumnya dapat memperbaiki masalah ini.



Semoga salah satu metode bekerja untuk anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara meningkatkan produktivitas dengan tweak Mouse sederhana ini di Windows atau cara reset pengaturan Mouse ke default di Windows 10/11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Mouse menyoroti semuanya saat di klik di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Mouse Menyoroti Semuanya Saat di Klik"