Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tidak Bisa Mengganti Nama File di Windows 10/11

 


Mungkin ada saatnya anda tidak dapat mengganti nama file di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Dalam situasi seperti itu, anda perlu mengidentifikasi masalah dengan memeriksa pesan error yang di tampilkan dan kemudian memperbaikinya. Itulah mengapa anda perlu mengikuti artikel ini untuk mengetahui kemungkinan penyebab error dan solusi terkait untuk memperbaikinya.


Ada beberapa skenario ketika anda mungkin tidak dapat mengganti nama file dan folder di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Misalnya, masalah yang muncul menampilkan pesan error The file name is too long, The action can’t be completed because the file is open in [nama program] dan lainnya. Oleh karena itu, anda harus mengikuti semua situasi yang disebutkan di bawah ini beserta dengan solusinya.



1. The file name is too long


Jika anda tidak dapat mengganti nama file karena nama yang terlalu panjang, maka anda akan mendapatkan pesan error yang mengatakan The file name is too long. Anda tidak dapat menggunakan nama yang memiliki lebih dari 255 karakter di dalamnya. Jika nama file yang diinginkan melebihi 255 karakter, maka Windows 10 atau Windows 11 akan menampilkan pesan error seperti yang disebutkan di atas. Oleh karena itu, solusinya cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu. Anda hanya perlu mempersingkat nama dan anda akan baik-baik saja.




2. The action can’t be completed because the file is open in [nama program]


Mari kita asumsikan bahwa anda mencoba mengganti nama file, tetapi anda kemudian hanya mendapatkan pesan error The action can’t be completed because the file is open in [nama program]. Seperti yang terlihat di pesan error, file yang anda coba ganti namanya masih dibuka di program lain. Cara terbaik untuk mengetahui program ini adalah dengan membaca seluruh pesan error tersebut. Dalam kebanyakan kasus, anda dapat menemukan nama aplikasi di pesan error itu sendiri. Karena itu, anda perlu membuka program dan menutup file.



Misalnya, jika itu menunjukkan aplikasi Word, maka dalam hal ini anda harus menutup aplikasi Microsoft Word di komputer anda agar anda dapat berhasil mengganti nama file tersebut.



3. Tidak dapat mengganti nama file Akses ditolak di OneDrive


Jika seseorang telah berbagi file dengan anda melalui OneDrive dan anda mencoba mengganti namanya, itu mungkin tidak akan berhasil. Akibatnya, anda akan mendapatkan pesan error yang mengatakan You’ll need to provide administrator permission to rename this file. Itu karena anda bukan pemilik file atau anda tidak memiliki izin yang tepat.



Namun, jika itu adalah file anda dan anda tidak dapat mengganti namanya dengan mendapatkan pesan error yang disebutkan di atas, maka anda perlu mengubah kepemilikkannya menjadi akun administrator anda. Anda harus mengikuti panduan di artikel ini untuk mengambil alih kepemilikan file tersebut.



4. Tidak dapat mengganti nama file di Desktop


Jika anda menggunakan Windows 11 dan anda tidak dapat memperoleh opsi Rename untuk mengganti nama file di Desktop, maka anda dapat mengikuti salah satu solusi berikut ini.



  • Klik kanan pada file yang ingin anda ganti namanya dan pilih opsi Rename khusus.
  • Pilih file dengan mengkliknya sekali dan tekan tombol F2. Setelah itu, anda dapat memasukkan nama baru file.
  • Klik kanan pada file dan pilih opsi Show more, kemudian pilih opsi Rename dari menu konteks.


Sekadar informasi, semua metode ini berfungsi di komputer Windows 11 dan juga Windows 10 anda.


Semoga membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengganti nama file dengan Batch di Windows atau cara membuat Folder yang tidak dapat dihapus di Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tidak bisa mengganti nama file di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tidak Bisa Mengganti Nama File di Windows 10/11"