Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Tombol @ atau # Tidak Berfungsi di Komputer Windows

 


Sangat menjengkelkan ketika beberapa tombol penting di keyboard kita berhenti berfungsi. Misalkan anda harus mengirim email dan tombol @ (Shift + 2) tidak berfungsi di keyboard anda, atau anda harus memposting sesuatu di Instagram dan tombol # (Shift + 3) tidak berfungsi. Itu bisa membuat frustrasi bukan?


Di artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa perbaikan yang dapat anda coba ketika tombol @ (Shift + 2) dan # (Shift + 3) tidak berfungsi pada keyboard anda. Mari pelajari semua yang dapat anda lakukan saat tombol ini tidak berfungsi. Tetapi sebelum anda mulai, anda perlu membersihkan keyboard dan tombol secara fisik.



Memperbaiki Tombol @ atau # Tidak Berfungsi di Komputer Windows


Jika anda mengalami masalah dengan tombol @ (Shift + 2) dan # (Shift + 3) pada keyboard anda, maka anda dapat mengikuti beberapa solusi berikut ini.



1. On-Screen Keyboard


On-Screen Keyboard adalah penyelamat dalam situasi seperti ini. Anda dapat membuka dan menggunakan On-Screen Keyboard jika salah satu tombol di keyboard anda berhenti berfungsi. Untuk meluncurkan On-Screen Keyboard tekan tombol Win + S untuk membuka Search bar, kemudian ketik On-Screen Keyboard dan luncurkan.



Anda akan melihat keyboard virtual kecil di layar anda dan sekarang anda dapat menggunakan tombol @ dan # dari keyboard virtual ini. Jika On-Screen Keyboard anda bermasalah, anda dapat membaca artikel ini untuk memperbaikinya.



2. Nonaktifkan Tombol Filter


Tidak semua orang tahu tetapi fitur Filter Keys sering menyebabkan masalah dengan keyboard anda. Jika beberapa tombol keyboard anda tidak berfungsi, periksa apakah anda telah mengaktifkan fitur Filter Keys ini di Windows 10 atau Windows 11 anda. Cukup nonaktifkan fitur dan lihat apakah itu berhasil. Untuk menonaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I pada keyboard anda. Sebagai alternatif, anda dapat membuka Settings dari Start Menu.
  • Di jendela Settings, Pilih Ease of Access.
  • Di halaman berikutnya, klik Keyboard di panel kiri dan di panel kanan nonaktifkan Use Filter Keys ke Off dan juga hapus ceklist pada opsi Allow the shortcut key to start Filter Keys.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Accessibility di panel kiri dan di panel kanan klik Keyboard.
  • Di halaman berikutnya nonaktifkan Filter Keys ke Off. Setelah itu klik Filter Keys untuk membuka pengaturan lanjutan.
  • Selanjutnya nonaktifkan Keyboard shortcut for Filter keys ke Off.



Setelah menonaktifkan, periksa apakah itu menyelesaikan masalah keyboard anda dan apakah tombol @ dan # sekarang berfungsi kembali.



3. Nonaktifkan Game Mode


Tidak selalu, tetapi beberapa pengguna telah melaporkan bahwa dengan mengaktifkan Game Mode itu dapat menyebabkan masalah dengan keyboard. Jika @ atau # atau salah satu tombol pada keyboard anda tidak berfungsi, coba nonaktifkan Game Mode dan lihat apakah itu berfungsi.


Untuk menonaktifkan Game Mode, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Kemudian, pilih Gaming di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Game Mode di panel kiri dan di panel kanan nonaktifkan Game Mode ke Off.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Di jendela Settings, klik Gaming di panel kiri dan di panel kanan klik Game Mode.
  • Di halaman berikutnya, nonaktifkan Game Mode ke Off.



Setelah menonaktifkannya, lihat apakah itu berhasil untuk anda.



4. Nonaktifkan Sticky Keys


Sama seperti Game Mode dan Filter Keys, Sticky Keys juga dapat menyebabkan masalah pada keyboard anda. Ini terkadang dapat menyebabkan beberapa tombol mungkin berhenti berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Untuk itu anda dapat menonaktifkan Sticky Keys di Windows anda dan melihat apakah sekarang tombol @ dan # anda berfungsi kembali pada keyboard anda.




5. Update Driver Keyboard


Masalah ini bisa jadi karena driver keyboard yang sudah out of date. Jadi, anda perlu mengupdate driver keyboard anda dan melihat apakah masalah ini teratasi dan keyboard anda dipulihkan. Anda juga dapat mendownload driver terbaru keyboard anda dari website produsen dan menginstallnya secara manual di Windows 10 atau Windows 11 anda.



6. Jalankan Keyboard Troubleshooter


Keyboard Troubleshooter memperbaiki hampir setiap masalah terkait keyboard. PC Windows 10 atau Windows 11 memiliki troubleshooter untuk setiap masalah. Untuk menjalankan Keyboard Troubleshooter, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan klik Additional troubleshooters.
  • Gulir ke bawah dan klik Keyboard. Kemudian klik Run the troubleshooter.
  • Ikuti semua petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses perbaikannya.



Di Windows 11:

  • Tekan Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya klik Other troubleshooters.
  • Selanjutnya temukan Keyboard dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Ikuti petunjuk di layar.




Semoga ini membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengubah shortcuts default keyboard di Windows 10/11 atau shortcut keyboard baru di Windows 11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tombol @ atau # tidak berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Tombol @ atau # Tidak Berfungsi di Komputer Windows"