Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki TPM Hilang atau Tidak Muncul di BIOS

 


Jika pengaturan TPM tidak tersedia di BIOS, artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut. Ada kalanya TPM mungkin hilang atau tidak muncul di BIOS karena alasan apapun. Jika itu terjadi pada anda, ikuti artikel ini untuk menyelesaikan masalah.


TPM atau Trusted Platform Module diperlukan untuk menginstall Windows 11. Jika tidak, ini akan menampilkan pesan error yang mengatakan This PC can’t run Windows 11.  Mengaktifkan atau menonaktifkan TPM 2.0 dari BIOS merupakan langkah yang terbaik. Semua prosesor yang kompatibel dengan Windows 11 hadir dengan chip keamanan ini yang perlu diaktifkan secara manual jika tidak diaktifkan secara default. Untuk mengaktifkannya, anda harus mengakses BIOS.


Masalah dimulai ketika anda tidak dapat menemukan pengaturan TPM di BIOS. Anda harus melalui proses pengaktifan di BIOS sehingga anda dapat menemukan status TPM di Device Manager atau bagian detail Security processor di Windows Security.




Memperbaiki TPM Hilang atau Tidak Muncul di BIOS


Untuk memperbaiki masalah TPM yang hilang atau tidak muncul di BIOS, anda dapat menggikuti beberapa metode perbaikan berikut ini.



1. Periksa Kompatibilitas Prosesor


Ini adalah hal pertama yang perlu anda periksa sebelum menuju ke solusi lain. Windows 11 membutuhkan prosesor modern untuk diinstall di komputer anda. Namun, cukup sulit untuk menemukan dukungan chip TPM jika anda memiliki prosesor yang sudah tua. Jika anda memiliki prosesor Intel, pastikan itu adalah Atom x6200FE atau versi yang lebih baru. Di sisi lain, jika anda memiliki prosesor AMD, pastikan anda memiliki versi 3015e atau yang lebih baru. Akan lebih baik jika anda menemukan dan mencocokkan prosesor Intel anda dengan daftar ini atau prosesor AMD dengan daftar ini di docs.microsoft.com.


Jika anda dapat menemukan nama prosesor anda pada daftar yang disebutkan di atas, ikuti solusi lainnya. Namun, jika anda tidak dapat menemukan nama prosesor yang anda install dalam daftar, anda harus memilih prosesor baru yang mendukung Windows 11.



2. Update BIOS


Jika anda memiliki Trusted Platform Module, anda harus mendapatkan pengaturan yang sesuai dengan nama Trusted Computing atau semacamnya di BIOS. Namun, jika anda belum mengupdate firmware BIOS untuk waktu yang sangat lama, itu mungkin tidak terlihat di BIOS. Oleh karena itu, disarankan untuk mengupdate BIOS di komputer anda dan memeriksa apakah anda dapat menemukan pengaturan TPM atau tidak.




3. Masalah dengan Chip TPM


Trusted Platform Module atau TPM adalah chip khusus yang terpasang di motherboard anda. Jika ada beberapa masalah dengan chip ini, anda tidak dapat menemukan pengaturan yang sesuai di BIOS. Itulah mengapa bijaksana untuk mendapatkan bantuan dari seorang profesional sehingga mereka dapat memeriksa chip secara manual dan membantu anda lebih lanjut.



Memiliki pengaturan TPM di BIOS tergantung pada prosesor dan motherboard yang telah anda instal untuk komputer anda. Jika nama prosesor anda masuk dalam daftar prosesor yang kompatibel dengan Windows 11, maka anda dapat menemukan pengaturan TPM di BIOS. Namun, jika tidak, anda tidak dapat menemukannya di BIOS. Dalam hal ini, anda perlu mengupgrade prosesor atau motherboard anda atau memasang chip TPM dari resource pihak ketiga.


Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang daftar motherboard dan chipset yang mendukung System Operasi Windows 11 atau cara mengaktifkan dan menggunakan TPM Diagnostics Tool di Windows 11.


Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki TPM yang hilang atau tidak muncul di BIOS anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki TPM Hilang atau Tidak Muncul di BIOS"