Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat System Image di Windows 10/11

 


System Image di Windows dapat dianggap sebagai replika dari hard drive yang diperlukan untuk menjalankan Windows. Jika terjadi hal yang tidak menguntungkan, ketika hard drive anda gagal berfungsi, System Image memungkinkan pemulihan. Anda disarankan untuk membuat System Image komputer anda secara berkala sebagai bagian dari rencana backup anda. Artikel ini akan menunjukkan cara membuat System Image di Windows 10 atau Windows 11, tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga dan juga cara mengembalikan System Image. Dengan menggunakan artikel ini, anda juga dapat memindahkan instalasi Windows 10 atau Windows 11 ke HDD atau SSD lain.


System Image adalah salinan Drive yang diperlukan untuk menjalankan Windows. Itu juga dapat mencakup drive tambahan. Image ini dapat digunakan untuk memulihkan komputer anda jika hard drive atau komputer anda pernah berhenti bekerja atau berfungsi. Namun, perlu anda ketahui bahwa anda tidak dapat memilih item individual untuk dipulihkan.



Membuat atau Memulihkan System Image di Windows 10/11


Untuk melakukan proses pembuatan System Image di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka ikuti langkah-langkah berikut ini.


Hubungkan hard drive eksternal anda ke komputer anda dan kemudian buka Control Panel dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik control dan tekan Enter. Anda juga dapat membukanya dari Start menu atau mengunakan Search Windows.


Di jendela Control Panel, ubah View by ke Small/Large icons dan pilih Backup and Restore (Windows 7).


Di halaman berikutnya, klik Create a system image di panel kiri.



Jendela Create a system image akan terbuka. Anda harus memilih lokasi dimana anda ingin menyimpan system image. Disarankan USB/Media/Hard Drive eksternal dengan ruang yang memadai. Jika tidak anda tidak dapat melanjutkan proses backup system image. Anda akan melihat itu seperti gambar dibawah ini.



Namun ketika anda memiliki USB/Media/Hard Drive eksternal yang memadai, anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Tentukan pilihan lokasi penyimpanan anda jika anda menghubungkan beberapa hard drive ke PC anda atau memformat hard drive dengan beberapa drive.


Selanjutnya klik Next untuk melanjutkan.



Di halaman berikutnya, anda akan melihat ringkasan pengaturan backup dan apa yang disertakan dalam backup. Klik Start backup untuk memulai proses backup.



Proses backup akan dimulai. Waktu yang dibutuhkan tergantung dengan ukuran file pada drive system anda. Jadi anda mungkin dapat mengerjakan tugas lainnya sambil menunggu prosesnya selesai.



Jika anda mengalami error saat proses backup seperti error 0x81000033 atau 0x80780119 atau yang lainnya, maka anda dapat membaca artikel ini atau artikel ini. untuk memperbaikinya dan kemudian mengulang proses backup.



Setelah proses backup selesai, Windows akan menawarkan Aanda opsi untuk membuat System Repair Disc. System Repair Disc dapat digunakan untuk memboot komputer anda. Buat dan simpan di lokasi yang aman. Anda juga dapat membuat System Image di Windows menggunakan Powershell.



Memulihkan System Image


Jika komputer Windows anda gagal untuk boot, maka System Image yang telah anda buat dapat berguna karena dapat membantu anda mendapatkan kembali kendali atas komputer anda, karena anda dapat memulihkannya, menggunakan Advanced Startup Options. Untuk memulihkan System Image, hidupkan komputer anda dan saat booting, tekan berulang tombol F8 untuk mencapai Advanced boot options.


Pilih Repair your computer dan selanjutnya pilih System Image Recovery. Anda kemudian dapat mengikuti petunjuk di layar.



Anda juga dapat menggunakan media instalasi Windows 10 atau Windows 11 untuk memulihkan System Image. Masukkan media dan restart komputer anda. Saat anda masuk ke layar Install now, anda akan melihat opsi Repair your computer anda di sudut kiri bawah.


Setelah diarahkan ke menu Advanced Startup, pilih Troubleshoot - Advanced options - System Image Recovery. Ikuti petunjuk di layar untuk memulihkan System Image anda.


Semoga membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang apa itu Windows PE Bootable Recovery Disk? atau apa itu Windows RE dan cara boot ke Windows Recovery Environment.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam membuat System Image di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Cara Membuat System Image di Windows 10/11"