Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Service yang Hilang atau Terhapus di Windows 10/11

 


Services Windows adalah aplikasi yang biasanya dimulai saat komputer diboot dan ia akan berjalan dengan tenang di background hingga komputer dimatikan. Pada dasarnya, service adalah aplikasi Windows apapun yang diimplementasikan dengan service API dan menangani tugas tingkat rendah yang memerlukan sedikit atau tanpa interaksi pengguna. Services menyediakan fitur system operasi inti (seperti print, network, remote access, File Explorer, Windows Search, update dan lainnya) dan aplikasi untuk beroperasi sebagaimana dimaksud.


Karena beberapa alasan, anda mungkin tidak dapat melihat satu atau lebih service Windows di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Dalam artikel ini, saya akan menyajikan berbagai metode atau saran yang dapat anda coba untuk berhasil memulihkan service yang hilang atau terhapus dari komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



Memulihkan Service yang Hilang atau Terhapus di Windows 10/11


Pengguna PC mungkin perlu memulihkan service yang hilang atau terhapus atau mengembalikan konfigurasi service ke default jika perubahan pada pengaturan properties service General, Log On, Recovery atau Dependencies menyebabkan masalah pada system anda.


Anda dapat memulihkan Service yang hilang atau terhapus di Windows 10 atau Windows 11 dengan beberapa cara berikut ini. Namun, sebelum anda mulai, harap buat system restore point terlebih dahulu sehingga anda dapat mengembalikan jika ada yang salah.



1. Lakukan Secara Manual Menggunakan File Registry (.reg)


Untuk memulihkan service yang hilang atau terhapus secara manual di Windows 10 atau Windows 11 menggunakan file registry (.reg), ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke PC Windows lain yang baru saja diupdate dan berfungsi dengan baik.
  • Setelah masuk, tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services

  • Di lokasi, di panel kiri, temukan sub key service untuk service yang hilang/dihapus pada PC lain yang bermasalah.
  • Sekarang, klik kanan pada sub key service yang diperlukan dan pilih Export dari menu konteks.


  • Selanjutnya, copy key registry tersebut ke USB drive eksternal anda.
  • Setelah selesai menyalin key reg, cabut USB drive dan colokkan USB drive ke PC yang membutuhkan service tersebut.
  • Sekarang, buka folde USB drive dan klik dobel pada file .reg yang diexport untuk service Windows yang ingin anda pulihkan untuk menggabungkan file ke Windows Registry.


  • Jika diminta, klik Run dan Yes di jendela UAC, kemudian klik Yes dan OK untuk menyetujui penggabungan.
  • Anda sekarang dapat menghapus file .reg dari USB drive anda jika anda mau.
  • Ulangi langkah diatas untuk service lain yang hilang atau terhapus yang ingin anda pulihkan.
  • Setelah melakukannya untuk semua service, restart PC anda.

Anda kemudian dapat membuka Services dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter. Selanjutnya periksa service yang sebelumnya hilang atau terhapus, apakah sudah di pulihkan atau belum.


2. Lakukan System Restore

System Restore adalah fitur asli Windows yang disertakan dengan semua versi OS Windows yang pada dasarnya memungkinkan pengguna PC untuk mengembalikan status komputer mereka (termasuk file system, aplikasi yang diinstal, registry Windows dan pengaturan system) ke titik waktu sebelumnya, saat anda membuat restore point. Oleh karena itu, melakukan system restore juga dapat anda gunakan untuk memulihkan system anda dari malfungsi system atau masalah lainnya, dimana dalam hal ini mengembalikan service yang hilang atau terhapus..



3. Jalankan SFC dan DISM

Masalah ini juga dapat terjadi jika beberapa file system yang rusak. Untuk itu, jalankan System File Checker (SFC) dalam Safe Mode dan lihat apakah itu membantu.

Selain itu, anda juga dapat menjalankan Deployment Image Servicing and Management (DISM) Offline untuk memperbaiki Windows image yang rusak dan melihat apakah itu berhasil untuk anda. Intuk menjalankan DISM Offline, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Mount file ISO Windows, atau jika anda memiliki USB drive bootable Windows, silahkan colokan ke komputer anda.
  • Kemudian tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak admin.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Pastikan anda mengganti jalur berwarna merah dengan jalur lokasi sumber perbaikan anda sebenarnya.

Dism /Image:C:\offline /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\test\mount\windows

Atau anda dapat menggu perintah dibawah ini untuk memperbaiki image online menggunakan beberapa sumber anda sendiri.
 
Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:C:\test\mount\windows /LimitAccess



4. Lakukan Reset This PC atau Cloud Reset

Dalam kasus yang parah, file system rusak atau hilang, korup, key registry rusak atau bahkan system image korup atau rusak, anda dapat mencoba melakukan Reset This PC untuk mengembalikan system anda ke pengaturan pabrik. Atau anda dapat melakukan Cloud Reset untuk mengatur ulang setiap komponen Windows anda.



5. Clean Install Windows

Jika PC anda memiliki software apapun untuk mengembalikan service yang hilang, maka coba jalankan itu (kebanyakan ketika semua pemecahan masalah software lain yang anda coba tidak berhasil). Jika itu juga tidak mengembalikan service yang hilang, maka melakukan clean install adalah menjadi jalan akhir yang akan menyelesaikan masalah apapun. Ingatlah bahwa clean install Windows 10 atau Windows 11adalah sebagai proses pemecahan masalah yang paling akhir. Melakukan ini akan menghapus semua data pada drive system (biasanya C:) komputer anda. Jadi pastikan anda telah membackup semua data penting anda dari drive system.



Itu dia, semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara melihat daftar Services Windows menggunakan Command Line atau cara mudah mengelola Driver dan Services Windows.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengembalikan service yang hilang atau terhapus di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan Service yang Hilang atau Terhapus di Windows 10/11"