Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x800F0955 - 0x20003 Instalasi di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba melakukan perbaikan upgrade menggunakan media instalasi Windows 10 atau Windows 11 anda atau mengupgrade ke Windows 11 dari Windows 10/8.1/8/7 menggunakan ISO, anda mungkin menemukan error code 0x800F0955 - 0x20003. Jika anda mengalami masalah tersebut, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu pengguna PC yang terkena dampak dengan solusi paling sesuai yang dapat anda terapkan untuk memperbaiki error ini.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.

Windows 11 Setup

We couldn’t install Windows 11

We’ve set your PC back to the way it was right before you started installing Windows 11.

0x800F0955 – 0x20003

The installation failed in the SAFE_OS phase with an error during INSTALL_UPDATES operation




Memperbaiki Error 0x800F0955 - 0x20003 Instalasi


Jika anda mengalami error 0x800F0955 - 0x20003 instalasi pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah untuk anda. Saran ini akan berlaku bahkan jika anda menghadapi masalah pada Windows 10.


Sebelum anda melanjutkan dengan solusi di bawah ini, periksa apakah perangkat anda (jika anda menerima error selama upgrade dari versi Windows sebelumnya ke Windows 11) memenuhi persyaratan system untuk Windows 11.



1. Jalankan Microsoft Support and Recovery Assistant Tool


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Microsoft Support and Recovery Assistant dan melihat apakah tool otomatis ini membantu menyelesaikan error 0x800F0955 - 0x20003 instalasi  yang terjadi pada perangkat Windows 11anda.



Tool ini dirancang untuk membantu pengguna PC menyelesaikan masalah pada Windows 10 atau Windows 11, jika;

  • Anda tidak dapat mengaktifkan Windows.
  • Anda tidak dapat mengupdate Windows.
  • Anda tidak dapat menginstall Feature Upgrade.


Lanjutkan dengan solusi berikutnya jika tool ini tidak membantu anda.



2. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter bawaan dan melihat apakah itu membantu. Dan untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security di jendela Settings.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




3. Putuskan Sambungan Internet


Saat mengupgrade Windows menggunakan ISO, biasanya Windows akan mencoba dan terhubung ke internet dan memeriksa update dan menginstall bit yang tersedia. Pada tahap atau fase proses upgrade inilah operasi dapat berjalan ke arah lainnya yang kemudian menyebabkan error ini.


Saya memiliki pengalaman ini secara langsung, jadi saya sarankan segera setelah anda mendownload ISO Windows, putuskan sambungan PC dari internet, kemudian mount ISO (jika anda mencoba menngupgrade dari Windows 7, anda memerlukan software drive virtual pihak ketiga untuk mount ISO image) dan jalankan file setup.exe dari folder root untuk memulai upgrade. Setelah proses upgrade berhasil diselesaikan dan anda masuk ke desktop setelah menyelesaikan OOBE (Out-Of-Box Experience), anda sekarang dapat menghubungkan kembali PC ke internet dan memeriksa update untuk menginstall update terbaru yang diperlukan.



4. Upgrade Melalui Windows Update atau Update Assistant atau Media Creation Tool


Karena error 0x800F0955 - 0x20003 ini terjadi saat anda mencoba mengupgrade ke versi terbaru Windows menggunakan ISO, maka solusinya hanya mengharuskan anda untuk mengupgradenya melalui Windows Update atau menggunakan Update Assistant atau Media Creation Tool. Untuk Windows 10, baca disini dan Windows 11, baca disini. Untuk update mayor seperti Feature Update Windows 11, anda dapat mengupdatenya secara manual ke versi menggunakan dua tool yang disebutkan.



5. Clean Install Windows 10 atau Windows 11


Jika upgrade tidak berhasil, anda cukup membuat media instalasi Windows 10 atau Windows 11 bootable di komputer Windows atau di komputer Linux atau Mac, membackup file anda, kemudian melanjutkan menggunakan media instalasi tersebut untuk melakukan clean install Windows 10 atau Windows 11 di perangkat anda. Jika anda tidak memiliki media instalasi dan tidak memiliki USB drive, maka anda dapat menginstall Windows 10/11 dari memory card.




Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang hal yang harus anda lakukan sebelum dan setelah install atau upgrade ke Windows 11 atau memperbaiki masalah download dan instalasi update Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x800F0955 - 0x20003 Instalasi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x800F0955 - 0x20003 Instalasi di Windows 10/11"