Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 0x81000033 Backup di Windows 10/11

 


Anda mungkin pernah menemukan error 0x81000033 saat proses backup di Windows 10 atau Windows 11. Ini terjadi ketika system image disertakan dalam backup yang sedang berlangsung. Backup system image gagal ketika ukuran partisi recovery tidak mencukupi. Itu juga terjadi karena beberapa kondisi berikut ini.

  • Instalasi language pack terlalu banyak di komputer.
  • Driver perangkat out of date.
  • System protection dinonaktifkan.
  • Terlalu banyak ruang disk menurut USN Journal.



Memperbaiki Error 0x81000033 Backup


Berikut adalah beberapa solusi yang akan membantu anda memperbaiki error 0x81000033 saat backup di Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Menggunakan Disk Cleanup


Salah satu alasan error backup adalah ruang penyimpanan yang tidak memadai. Dalam kasus seperti itu, anda kemudian dapat pergi dan memeriksa ruang kosong saat ini di drive root. Jika ruang terisi lebih dari 85% atau lebih, maka anda dapat menggunakan Disk Cleanup untuk mengosongkan cache yang tidak perlu, penginstalan Windows lama, file temp dan lainnya. Anda dapat menganalisa disk space sebelum mengosongkan ruang disk anda. Setelah selesai, anda perlu me-restart PC. Setelah anda me-restart PC, silakan coba buat kembali backup system. Jika anda masih menghadapi masalah yang sama, anda dapat mencoba solusi berikutnya.




2. Menghapus Language Pack yang Tidak Perlu


Secara default, hanya ada satu language pack yang diinstall pada Windows 10 atau Windows 11. Namun, terkadang anda mungkin secara tidak sengaja menandai kotak ceklist saat menginstall optional update yang akan mengakibatkan penginstalan terlalu banyak language pack. Ini akan mengakibatkan hilangnya ruang disk dan mencegah system membuat restore point. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan langkah-langkah di artikel saya tentang cara menambahkan atau menghapus Language Pack di Windows 10/11.




3. Pastikan System Protection Diaktifkan


Harap dicatat bahwa solusi ini hanya berlaku ketika system protection dinonaktifkan pada PC anda. Anda dapat mengaktifkan system protection dengan mengikuti langkah-langkah di artikel saya lainnya tentang cara menonaktifkan atau mengonfigurasi System Restore di Windows 10/11.




4. Update Driver Perangkat yang Sudah Out of Date


Driver perangkat yang sudah out of date juga dapat menimbulkan error code 0x81000033 saat anda membuat system image. Anda dapat mengupdate driver degan berbagai cara, diantaranya mengupdate driver secara otomatis menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau anda dapat mengupdate driver melalui command prompt. Anda juga dapat mendownload driver perangkat dari website produsen perangkat anda dan menginstallnya secara manual.



5. Hapus USN Journal


Saat ini, semua disk drive diformat dengan NTFS dan menyertakan fitur unik yang disebut USN Journal. Ini adalah updated sequence number yang menyimpan catatan semua perubahan terbaru yang dibuat pada drive root. Setiap hari beberapa data ditambahkan ke jurnal karena anda membuat beberapa perubahan pada perangkat. Setelah USN Journal melebihi batas yang diizinkan, anda mungkin akan mengalami error 0x81000033 ini. Untuk menghapus USN Journal, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.


Dengan Memformat Partisi Hard Disk:

  • Buka Search Windows di taskbar, kemudian ketik Disk Management dan klik Create and format the hard disk partitions.
  • Anda kemudian dapat membuka Command Prompt dengan hak administrator dan menjalankan perintah berikut ini.



fsutil usn queryjournal C:
fsutil usn deletejournal /N /D C:

Perhatikan bahwa C: adalah drive system, jadi jika drive system anda menggunakan drive letter yang berbeda, maka ganti dengan drive letter system anda yang sebenarnya.


Dengan Mengubah Perintah Jalur Drive:

  • Anda kemudian dapat kembali ke Disk Management, klik kanan pada partisi System Reserved dan pilih opsi Change Drive Letter and Paths.
  • Anda kemudian dapat mengklik Remove dan kemudian klik Yes di jendela pop-up yang muncul. Klik Yes kembali untuk mengonfirmasi perubahan.



6. Periksa Hardwarenya

Jika error backup berlanjut, maka anda dapat memeriksa apakah hard disk anda berfungsi dengan baik atau tidak di PC anda. Jadi anda dapat memeriksa kesehatan hard drive anda menggunakan tool pihak ketiga atau dari produsen hard drive anda, atau menggunakan CHKDSK, atau menggunakan WMIC.


7. Tingkatkan Ukuran Partisi System Reserved

Jika error terjadi karena ruang disk yang lebih sedikit di partisi System Reserved, maka anda harus mencoba menambah ruang disk. Juga, anda tidak dapat meningkatkan ukuran tersebut secara normal. Anda dapat membuat volume system baru dan mengalokasikannya sebagai partisi System Reserved yang baru. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Anda harus terlebih dahulu memutuskan drive letter apa yang akan digunakan untuk volume system baru yang akan dibuat. Tekan Win + E untuk memulai File Explorer dan periksa semua drive letter yang sudah ada sebelumnya.
  • Kemudian tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter. Dalam perintah ini, C adalah drive system dan G adalah drive letter untuk volume system baru yang akan dibuat.

bcdboot.exe /s C:\Windows /s G:

  • Setelah itu, anda kemudian dapat menjalankan perintah berikut satu per satu sambil menekan Enter.


DISKPART
DISKPART> select volume G
DISKPART> active

  • Setelah menjalankan perintah diatas, anda dapat merestart PC dan melihat apakah error teratasi.

Dengan beberapa solusi yang disebutkan di atas, saya harap anda menyelesaikan error code 0x81000033 ini. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki backup Windows 10/11 tidak berfungsi atau gagal atau file yang wajib di backup untuk membantu memulihkan hard drive yang rusak di Windows.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 0x81000033 Backup di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 0x81000033 Backup di Windows 10/11"