Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error 80090016 Microsoft Teams di Windows 10/11

 


Saat membuka Microsoft Teams di Windows 10 atau Windows 11, anda mungkin melihat error code 80090016 meskipun profil anda baik-baik saja. Selain itu, anda akan dihentikan untuk bergabung dengan Teams hingga masalah ini teratasi. Saat anda mengalami masalah ini, anda akan pesan error berikut ini.

Something went wrong

Your computer’s Trusted Platform Module has malfunctioned. If this error persists, contact your system administrator with the error code 80090016.



Ketika anda mengalami error ini, ini bisa menjadi masalah besar. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan solusi yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah ini dalam waktu singkat.



Memperbaiki Error 80090016 Microsoft Teams


Error code 80090016 saat membuka Microsoft Teams terutama terjadi pada aplikasi Teams Desktop. Versi browsernya berfungsi dengan baik. Juga, sebagian besar bertahan dengan educational account yang disediakan oleh suatu organisasi. Anda hanya perlu menghapus entri .AAD.BrokerPlugin_cw5n1h2txyewy. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows 10 atau Settings Windows 11.
  • Di jendela Settings Windows 10, pilih Accounts, kemudian di halaman berikutnya klik Access work or school di panel kiri dan di panel kanan pilih akun Kerja atau Sekolah anda. Sementara di Windows 11, klik Accounts di panel kiri, kemudian di panel kanan pilih Access work or school. Setelah itu di halaman berikutnya pilih akun Kerja atau Sekolah anda.
  • Setelah memilih akun, klik Disconnect untuk keluar dari akun tersebut.



C:\Users\<user_name>\AppData\Local\Packages\Microsoft.AAD.BrokerPlugin_cw5n1h2txyewy

  • Saat ditemukan, cukup klik kanan folder tersebut dan pilih opsi Delete.


  • Setelah selesai, coba login kembali ke akun Teams anda. Disini, pastikan untuk mengklik No only want to login to this App. Izinkan Windows untuk menginisialisasi Teams-Window dan memulai aplikasi.

Alternatif lain yang dapat anda coba untuk memperbaiki masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda adalah sebagai berikut.


1. Tambahkan Pin Baru

Dalam beberapa kasus, metode ini bekerja dengan cukup baik. Untuk memulai, masuk ke komputer Windows anda menggunakan akun administrator anda.

  • Kemudian, buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E atau mengklik ikon yang terletak di Taskbar untuk meluncurkan File Explorer.
  • Selanjutnya, arahkan ke jalur berikut dibawah ini.

C:\Windows\ServiceProfiles\LocalService\AppData\Local\Microsoft\Ngc

Catatan: Anda perlu mengklik Continue untuk memberikan izin mengakses folder ketika anda membuka folder LocalService, Microsoft dan Ngc. Namun untuk folder Ngc, anda harus mengambil kepemilikan folder terlebih dahulu agar dapat mengaksesnya.


  • Kemudian, hapus semua file di folder Ngc. Jika anda tidak dapat menghapus file tertentu di folder ini, klik kanan pada folder Ngc dan pilih Rename untuk mengubah namanya (misalnya Ngc_old).
  • Setelah itu, buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I. Kemudian pilih Accounts dan pilih Sign-in Option.
  • Kemudian klik Windows Hello PIN atau PIN (Windows Hello) dan klik Add a PIN untuk menambahkan PIN baru anda.


2. Bersihkan Cache Aplikasi

Seperti yang kita ketahui, file cache yang rusak dapat memunculkan banyak error tak terduga yang terkait dengan sebuah aplikasi. Jadi, ketika anda medapatkan error 80090016 Microsoft Teams, coba bersihkan cache-nya terlebih dahulu.

Untuk ini, tutup aplikasi Teams kemudian telusuri jalur berikut dibawah ini di File Explorer.

C:\Users\user_name\AppData\Roaming\Microsoft\teams


Kemudian hapus semua file dari folder berikut:
  • application cache\cache
  • blob_storage
  • Cache
  • databases
  • GPUcache
  • IndexedDB
  • Local Storage
  • tmp

Setelah selesai, restart komputer anda dan luncurkan kembali aplikasi Teams.


3. Nonaktifkan ADAL

ADAL atau Microsoft Azure Active Directory Authentication Library adalah tool dalam .NET framework yang memungkinkan pengembang aplikasi client untuk mengautentikasi pengguna ke penyebaran Active Directory lokal atau ke cloud. Terkadang, menonaktifkan ADAL pada Trusted Platform Module dapat memperbaiki error Microsoft Teams.

Untuk mencoba metode ini, tutup Teams dan ikuti langkah langkah dibawah ini. Namun sebelum itu, pastikan anda telah membackup registry atau membuat system restore point. Setelah itu, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, arahkan ke jalur berikut dibawah ini.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\16.0\Common\Identity

  • Di lokasi ini, klik kanan ruang kosong di panel kanan, kemudian pilih New - DWORD (32-bit) Value dan beri nama dengan EnableADAL.


  • Secara default, value data EnableADAL harus 0 (nol). Jika tidak, klik dobel pada DWORD tersebut, kemudian ubah value datanya menjadi 0 (nol) dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah itu, tutup jendela Registry Editor dan restart PC anda.

Anda seharusnya tidak lagi melihat error 80090016 Microsoft Teams.

Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara sembunyikan atau hapus ikon Chat dari taskbar Windows 11 atau cara mengubah Tema Microsoft Teams di Windows 11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error 80090016 Microsoft Teams di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error 80090016 Microsoft Teams di Windows 10/11"