Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Audio device is disabled di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows 10 maupun Windows 11 mendapatkan masalah audio di komputer mereka berhenti berfungsi setelah Windows Update baru-baru ini. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka menjalankan Playing Audio troubleshooter. Namun ketika menjalankan troubleshooter tersebut, bukannya itu memperbaiki masalah, tetapi troubleshooter malah menampilkan error yang mengatakan Audio device is disabled (perangkat audio dinonaktifkan) pada komputer Windows 10 atau Windows 11 mereka. Jika masalah seperti itu juga terjadi pada anda, maka artikel ini mungkin dapat membantu anda memperbaiki masalah ini.



Ada banyak alasan yang menyebabkan error Audio device is disabled di komputer Windows anda. Mungkin anda telah menonaktifkan perangkat output audio anda secara tidak sengaja atau anda salah mengonfigurasinya. Penyebab paling mungkin dari masalah ini juga adalah driver audio yang out of date atau rusak. Oleh karena itu, anda harus mencoba mengonfigurasi perangkat audio anda dengan benar dan mengupdate driver audio anda.



Memperbaiki Error Audio device is disabled di Windows 11/10


Jika anda mendapatkan error Audio device is disabled di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba beberapa solusi berikut ini.



1. Aktifkan Perangkat Audio dari Pengaturan Sound


Pesan error ini cukup jelas. Oleh karena itu, untuk menghilangkan error ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda perlu mengaktifkan perangkat audio anda menggunakan pengaturan Sound. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya.

  • Di jendela pengaturan Sound, alihkan ke tab Playback.
  • Lihat apakah perangkat audio anda terdaftar disana. Jika tidak, klik kanan pada ruang kosong, dan pilih opsi Show Disabled Devices. Ini akan menampilkan perangkat audio anda.


  • Kemudian klik kanan pada perangkat audio dan pilih opsi Enable.
  • Setelah mengaktifkan perangkat audio, anda juga dapat mengaturnya sebagai default. Untuk ini, klik kanan atau klik pada perangkat audio dan pilih opsi Set as Default Device.


  • Selanjutnya klik Apply dan OK untuk menyimpan pengaturan anda.


Sekarang, periksa apakah masalah sudah diperbaiki atau belum.



2. Konfigurasikan Perangkat Audio Anda


Jika solusi di atas tidak memperbaiki masalah, anda harus mengonfigurasi perangkat audio anda. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk melakukannya.

  • Buka pengaturan Sound di komputer Windows 10 atau Windows 11.
  • Di jendela pengaturan Sound, alihkan ke tab Playback.
  • Klik kanan pada Speakers anda dari daftar dan pilih opsi Configure Speakers. Ini akan membuka jendela Speaker Setup.


  • Di jendela Speaker Setup, klik Test untuk memeriksa fungsionalitas kedua speaker anda yang terhubung.
  • Kemudian klik Next dan Next kembali.


  • Terakhir klik Finish untuk menyelesaikan konfigurasi.


Langkah ini mungkin memperbaiki masalah audio di perangkat anda.



3. Install Ulang Driver Sound Card


Masalah ini mungkin terjadi karena driver sound card yang out of date atau rusak. Oleh karena itu, saya sarankan anda menguninstall dan menginstall ulang driver sound card anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + X dan pilih Device Manager dari daftar.
  • Di jendela Device Manager, perluas bagian Sound, video and game controllers.
  • Klik kanan pada driver sound card anda dan pilih opsi Uninstall device.


  • Di jendela Uninstall Device, klik Uninstall.
  • Setelah menguninstall driver, restart komputer anda.
  • Setelah restart, Windows akan secara otomatis mendeteksi perubahan hardware dan menginstall versi terbaru dari driver sound card anda.


Jika masalah masih berlanjut, anda dapat mendownload versi terbaru driver sound card anda dari website produsen dan install. Atau anda juga dapat mendownload dan menginstall driver menggunakan aplikasi Settings di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Semoga itu membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara memutar musik melalui Speaker saat menggunakan Headphone di PC atau memperbaiki Headphone terpasang tetapi suara berasal dari Speaker di Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Audio device is disabled di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Audio device is disabled di Windows 10/11"