Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x0000FFFF di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows 10 atau Windows 11 melihat error code 0x0000FFFF di komputer Windows mereka. Beberapa pengguna mengalami error BSOD (Blue Screen of Death), sedangkan beberapa hanya melihat pesan error ini. Error code ini dapat menyebabkan berbagai macam error dan dengan alasan yang berbeda.


Ketika anda mengalami error BSOD dengan error code 0x0000FFFF, maka anda akan melihat pesan error seperti berikut ini.

Your PC ran into a problem and needs to restart. We’re just collecting some error info, and then we’ll restart for you.

For more information about this issue and possible fixes, visit https://windows.com/stopcode


Beberapa pengguna lain yang mendapatkan error ini akan melihat pesan error seperti berikut ini saat mencoba membuka Microsoft Sharepoint.

Error 0x0000FFFF Sharepoint Reported Error 0x0000Ffff

Error 0x0000FFFF: Microsoft Sharepoint has encountered a problem and needs to close.

We are sorry for the incovenience.


Pada artikel ini, kita akan melihat cara mengatasi error code 0x0000FFFF dengan mudah.


Penyebab Error Code 0x0000FFFF

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan error code yang dimaksud. Terkadang, itu bisa karena hardware yang rusak, seperti Hard Drive atau RAM pada PC anda. Bisa juga karena driver yang out of date. Ini adalah masalah yang sangat umum, biasanya ketika anda mengupdate Windows atau driver anda. Tetapi ketika anda tidak mengupdate Windows atau jika Windows Update tidak menyertakan package instalasi terbaru untuk driver, maka anda akan melihat error code ini.



Memperbaiki Error Code 0x0000FFFF di Windows 10/11

Jika anda ingin memperbaiki error code 0x0000FFFF di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti solusi yang diberikan dibawah ini. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Update Driver Anda


Seperti disebutkan sebelumnya, anda perlu memastikan bahwa driver anda up to date. Untuk melakukannya, pertama, coba update Windows anda. Sebagian besar waktu, ketika anda mengupdate OS anda, driver secara otomatis juga diupdate. Jika itu tidak berhasil, coba update driver anda secara manual atau mendownload driver dari website produsen atau menggunakan software updater driver.



Setelah anda mengupdate driver, periksa apakah masalah tetap ada.



2. Memecahkan Masalah di Clean Boot


Masalah ini dapat terjadi karena aplikasi pihak ketiga mengganggu program anda. Itu sebabnya coba atasi masalah error code ini di Clean Boot. Dengan cara ini, anda akan mengetahui aplikasi mana yang menyebabkan masalah ini dan kemudian anda dapat menguninstallnya untuk menyelesaikan masalah.




3. Lakukan Cold Restart


Anda dapat melihat error code yang dimaksud karena koneksi hardware yang salah ke motherboard seperti RAM atau Hard Disk anda. Melakukan Cold Restart akan menyelesaikan masalah. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukan hal ini.

  • Matikan komputer anda dan perangkat lain yang terhubung.
  • Kemudian, lepaskan semua colokan dan lepaskan semua kabel. Baik itu kabel power, usb dan juga monitor.
  • Tunggu satu atau dua menit, kemudian pasang kembali kabel dan pastikan sudah terpasang dengan benar.
  • Setelah itu hidupkan komputer anda.


Setelah anda melakukannya, periksa apakah anda masih melihat error code yang dimaksud.



4. Periksa RAM Anda


Jika anda memiliki desktop dengan banyak RAM, maka anda dapat memeriksa apakah RAM rusak atau tidak. Anda cukup membiarkan satu RAM dan melepaskan yang lainnya, kemudian merestart system dan melihat apakah masalah berlanjut. Jika anda tidak melihat pesan error, maka RAM tersebut baik-baik saja. Jika anda masih melihat masalah, maka pasang RAM lainnya, lepaskan RAM sebelumnya, restart komputer dan periksa.



Tetapi jika anda memiliki Laptop atau Desktop hanya dengan satu RAM, maka anda harus membawanya ke service center. Anda juga dapat memeriksa kesehatan RAM anda sebelum anda membawanya ke service center.



5. Scan Virus dan Malware


Selanjutnya, coba scan komputer anda dari virus dan malware. Anda dapat menggunakan bootable AntiVirus rescue media atau Microsoft Defender Offline untuk melakukan hal yang sama. Anda juga dapat menggunakan Windows Defender dari Command Prompt jika situasi anda saat ini tidak memungkinkan untuk membuka Windows Defender secara normal.


Biarkan berjalan dan mudah-mudahan, masalah Anda akan teratasi.



6. Jalankan Scan SFC


Jika file system anda rusak, maka anda akan melihat BSOD. Untuk mengatasinya, kita perlu menjalankan System File Checker (SFC). Ini adalah perintah yang dapat menyelesaikan masalah terkait file system dan pada akhirnya menghilangkan error BSOD di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




7. Analisis File Mini-dump Anda


Jika anda mendapatkan error BSOD, maka anda mungkin perlu memeriksa file Mini-dump anda. Ini adalah file yang berisi informasi tentang BSOD dan masalah crash di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

  • Buka File Explorer dengan menekan tombol Win + E atau klik ikon di taskbar.
  • Kemudian pergi ke lokasi berikut ini.


C:\Windows\Minidump

  • Kemudian simpan semua konten di folder itu dalam file ZIP dan kirimkan ke Microsoft Forum dan minta mereka untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Dalam kasus lainnya, masalah terkait error ini adalah karena BitDefender security. Jadi, alasan anda bisa sama atau berbeda.


Mudah-mudahan, anda dapat menyelesaikan masalah dengan solusi yang disebutkan. Anda dapat melanjutkan membaca artikel saya lainnya tentang cara mendiagnosis dan memperbaiki driver yang menyebabkan error BSOD atau cara cek driver yang error di Windows dengan Driver Verifier.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x0000FFFF di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x0000FFFF di Windows 10/11"