Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 0x80073Cf0 Microsoft Store di Windows 10/11

 


Anda mungkin menemukan salah satu dari pesan error atau error code Microsoft Store berikut di PC Windows 10 atau Windows 11 anda seperti The Server stumbled, Error 0x80073CFE, 0x80072F30, 0x000001F7, 0x87e00017 dan dalam beberapa kasus anda mungkin tidak dapat membeli aplikasi dari Microsoft Store. Dalam artikel ini, saya akan memberikan solusi yang paling sesuai untuk memperbaiki error code 0x80073Cf0 saat mencoba mendownload, menginstall atau mengupdate aplikasi dari Microsoft Store di perangkat anda.


Saat anda mengalami masalah ini, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.

Something happened and this app couldn’t be installed. Please try again. Error code: 0x80073cf0




Memperbaiki Error Code 0x80073Cf0 Microsoft Store


Jika anda menemukan error code 0x80073Cf0 Microsoft Store pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah pada perangkat anda.


Sebelum anda melanjutkan dengan solusi di bawah ini, perlu diingat bahwa error ini mungkin disebabkan oleh masalah sementara di server Microsoft, jadi anda dapat menunggu beberapa saat kemudian mencoba kembali atau merestart PC anda dan pastikan komputer anda memiliki konektivitas yang tidak bermasalah.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Anda dapat memulai pemecahan masalah untuk memperbaiki error code 0x80073Cf0 Microsoft Store yang terjadi pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda dengan menjalankan Pemecah Masalah Aplikasi Windows Store dan lihat apakah itu membantu.


Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings dan kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Di halaman berikutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.




2. Perbaiki atau Reset Microsoft Store


Perbaikan selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah memperbaiki atau mereset Microsoft Store. Anda dapat melakukannya melalui Settings Windows. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & Features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudia klik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, anda hanya memiliki opsi Reset di bagian Reset. Jadi klik Reset. Anda akan menerima peringatan bahwa anda akan kehilangan data di aplikasi ini. Klik Reset lagi dan selesai.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Apps & features di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan pilih Advanced options.
  • Di halaman ini, anda akan menemukan opsi Repair dan Reset. Jalankan kedua opsi (yang dimulai dengan Repair) untuk memperbaiki masalah ini.




3. Install Ulang Microsoft Store


Untuk menginstal ulang Microsoft Store di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, kita akan menggunakan PowerShell. Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Gunakan Search Windows di taskbar untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Di Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin). Anda juga dapat menjalankan PowerShell dari Windows Terminal dengan hak admin.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah di bawah ini dan tekan Enter.


Get-AppxPackage -allusers Microsoft.WindowsStore | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $($_.InstallLocation)\\AppXManifest.xml”}


  • Setelah perintah dijalankan, restart komputer anda.

Setelah booting, coba buka Microsoft Store dan lihat apakah error kembali muncul saat anda mencoba mendownload atau menginstall game atau aplikasi. Jika demikian, coba solusi berikutnya.


4. Reset Windows Update Component

Terkadang anda mungkin mengalami masalah Windows Update seperti tidak dapat mendownload atau menginstall update, atau mencari update baru dan lainnya. Masalah ini biasanya terjadi ketika data base atau Windows Update component rusak, satu atau lebih service terkait Windows Update tidak berjalan dan lainnya.

Dalam hal ini, mereset pengaturan dan Windows Update component ke default dapat memperbaiki masalah ini. Anda dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk mereset Windows Update component. Atau anda juga dapat mereset Windows Update component secara manual pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.



Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara aktifkan atau nonaktifkan update otomatis aplikasi Microsoft Store atau cara menonaktifkan Microsoft Store di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 0x80073Cf0 Microsoft Store di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 0x80073Cf0 Microsoft Store di Windows 10/11"