Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 Memory di Windows 10/11

 


Dalam artikel sebelumnya, saya telah membahas error code khusus komputer Dell yang didukung Windows seperti error code 2000-0511 yang terkait masalah kipas prosesor dan juga error code 2000-0146 yang terkait masalah hard drive. Pada artikel kali ini saya akan memberikan solusi untuk memperbaiki error code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 yang terkait dengan masalah memory pada komputer Windows 10 atau Windows 11.


Anda akan menemukan error yang disebutkan karena beberapa alasan berikut ini.

  • RAM gagal melakukan tes apapun.
  • Tidak ada memory fisik yang tersedia di system anda.
  • Booting perangkat anda secara berlebihan.
  • RAM yang buruk atau rusak.




Memperbaiki Error Code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 Memory


Jika anda mengalami masalah dengan salah satu daridari error code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 yang terkait dengan masalah memory di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah pada system komputer Dell anda.



1. Jalankan Tes Memory


Anda dapat memulai pemecahan masalah untuk memperbaiki error code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 terkait masalah memory yang terjadi pada komputer Dell Windows 10 atau Windows 11 anda dengan menjalankan tes memory. Anda dapat menggunakan Windows Memory Diagnostic Tool untuk memeriksa kelainan pada RAM. Kerusakan pada RAM juga berpotensi membuat OS Windows anda tidak stabil dan akhirnya menampilkan error code ini.




2. Jalankan Hardware Diagnostics di Komputer


Dengan RAM yang buruk, anda mungkin tidak dapat menjalankan diagnostik karena system mungkin bahkan tidak akan POST dan membuka Dell splash screen. Tetapi jika anda dapat membuka Dell splash screen, maka anda dapat menjalankan tes diagnostik internal atau offline di Dell.com (juga disebut Preboot System Assessment) dengan Dell Support Assist. Custom Test ini adalah tes diagnostik tingkat lanjut dan mampu memberikan hasil yang lebih andal.



  • Untuk menjalankan hardware test, nyalakan PC anda dan ketuk berulang kali tombol F12 pada keyboard untuk mengakses menu boot satu kali.
  • Di layar menu boot, pilih Diagnostic untuk menjalankan scan hardware. Atau anda juga dapat menjalankan Diagnostic dengan menekan dan menahan tombol Fn pada keyboard, kemudian hidupkan system.
  • Setelah mulai menjalankan pengujian, lepaskan tombol Fn.
  • Setelah anda menjalankan hardware diagnostics lengkap untuk memeriksa RAM secara khusus, berikan perhatian khusus pada hasil scan RAM.
  • Anda dapat menggunakan laporan tersebut untuk memperbaiki masalah terkait error ini.



3. Periksa dan Lepaskan Modul RAM


Karena beberapa kesalahan teknis, RAM mungkin gagal dan berhenti berfungsi dan mungkin memicu error apapun yang terlihat pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Dalam hal ini, anda perlu memeriksa modul RAM.

Untuk memeriksa modul RAM, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka aplikasi Settings Windows dan pilih System jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, gulir ke bawah di panel kiri dan klik About.
  • Selanjutnya di panel kanan, di bawah Device specifications periksa Installed RAM komputer anda.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik About.
  • Selanjutnya di panel kanan, di bawah Device specifications periksa Installed RAM komputer anda.



Jika penggunaan RAM ditampilkan secara akurat, maka konfirmasikan apakah error masih berlanjut. Tetapi jika penggunaan RAM tidak menunjukkan secara akurat, anda dapat me-restart PC anda dan kemudian memeriksa penggunaan RAM. Jika masih tidak akurat, coba hal yang berikut ini.


Catatan: Anda mungkin memerlukan layanan teknisi hardware PC untuk melakukan tugas ini.

  • Buka casing laptop atau PC desktop.
  • Temukan modul RAM dan pastikan terpasang dengan benar/terhubung ke slot.


  • Sekarang, lepaskan modul RAM satu per satu. Jika anda memiliki 2 stik RAM yang terpasang, maka pasang salah satunya dan lepaskan yang lainnya. Jika masih gagal, coba lagi. Sekarang lepaskan dan masukkan stik RAM yang lain dan lakukan hal yang sama. Jika kedua modul RAM gagal secara bersamaan dan anda mencoba yang ke-3 kalinya dan masih gagal, maka anda memerlukan RAM baru. Jika anda memiliki 1 RAM stick terpasang, maka anda dapat mencobanya di slot DIMM lainnya. Jika itu tidak membantu maka masalahnya adalah RAM yang rusak dan perlu diganti.



4. Update BIOS


Solusi ini mengharuskan anda untuk mengupdate BIOS pada system anda. Tetapi pertama-tama, jika sebelumnya anda telah membuat perubahan pada pengaturan BIOS pada PC anda, anda dapat mencoba mereset BIOS terlebih dahulu ke pengaturan default dan melihat apakah itu membantu.



Semua produsen OEM memiliki utilitas yang membantu anda mengupdate BIOS, firmware dan driver dengan mudah. Ini adalah cara paling aman untuk mengupdate BIOS. Jadi, untuk mengupdate BIOS untuk laptop Dell anda, maka anda dapat menggunakan Dell Update Utility. Anda dapat memeriksa artikel saya tentang download driver untuk Windows 10/11 untuk mendownload software khusus untuk update dari masing-masing produsen.


Setelah mengupdate BIOS, jalankan Hardware Diagnostics sekali lagi.



Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang perbedaan antara RAM dan ROM atau cara mengatur dan menggunakan RAM drive di Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 memory di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Code 2000-0122, 2000-0123 atau 2000-0251 Memory di Windows 10/11"