Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Explorer.exe Class Not Registered di Windows 11/10

 


Pada artikel sebelumnya, saya telah menulis tentang cara memperbaiki error Class not registered saat membuka gambar di Windows 10 atau Windows 11. Artikel kali ini, saya akan membahas tentang error Class not registered pada Explorer.exe. Mungkin karena alasan tertentu anda tidak dapat membuka File Explorer Windows atau software lain apapun di system Windows 11/10/8/7 anda dan anda menerima pesan error Explorer.exe Class Not Registered. Jika anda menghadapi masalah ini dan tidak dapat membuka Internet Explorer, Edge, Cortana atau Start Menu, maka artikel ini akan membantu anda mengatasi masalah tersebut.




Memperbaiki Error Explorer.exe Class Not Registered


Error ini biasanya terjadi jika file DLL yang bersangkutan tidak terdaftar. Jika anda menghadapi error Class Not Registered di Windows 10 atau Windows 11, tergantung pada aplikasinya, anda dapat mengikuti solusi dibawah ini untuk memperbaiki masalah di komputer Windows anda. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Daftarkan Ulang File ExplorerFrame.dll


Dalam metode perbaikan untuk masalah ini, anda mungkin perlu mendaftarkan ulang file DLL yang bernama ExplorerFrame.dll. Untuk mendaftar ulang file DLL, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut dan tekan Enter.

regsvr32 ExplorerFrame.dll


  • Setelah menjalankan perintah diatas, restart komputer anda.

Langkah ini akan mencari dan mengganti file system operasi yang rusak jika ditemukan.


2. Jalankan System File Checker

Jika tidak membantu, maka kemungkinan besar ExplorerFrame.dll anda telah rusak dan anda mungkin harus menggantinya dengan yang file dll yang baik. Untuk itu, anda perlu menjalankan System File Checker (SFC).


3. Daftarkan Component DCOM

Untuk mendaftarkan component DCOM di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik dcomcnfg dan tekan Enter untuk membuka Component Services.
  • Di jendela Component Services, arahkan ke jalur berikut dibawah ini.

Component Services - Computers - My Computer - DCOM Config

  • Saat anda memperluas DCOM Config, anda mungkin melihat kotak pesan muncul menanyakan apakah anda ingin mendaftarkan beberapa component. Klik Yes.


Opsi tersebut mungkin akan muncul sekali atau beberapa kali. Ini akan membantu memperbaiki error DCOM di system operasi anda. Jika anda tidak mendapatkan kotak pesan tersebut, maka lanjutkan ke metode perbaikan selanjutnya.


4. Start/Restart Internet Explorer ETW Collector Service

Anda mungkin tidak menemukan service ini jika anda tidak menggunakan IE di Windows 11 atau Windows 10. Jadi anda dapat melewati metode perbaikan ini. Untuk start/restart service Internet Explorer ETW Collector Service di Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services Manager.
  • Di jendela Services, temukan Internet Explorer ETW Collector Service di panel kanan.
  • Kemudian klik kanan padanya dan pilih Start jika Service status Stopped dan jika Service status Running, maka pilih Restart.


Ini akan membantu anda jika anda menghadapi masalah di Internet Explorer atau browser Edge.


5. Menginstall Ulang Microsoft Store

Anda dapat menginstall ulang aplikasi Microsoft Store sebagai metode perbaikan berikutnya dan lihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah di PC Windows anda. Anda harus menguninstall aplikasi bawaan di Windows 10/11 secara khusus.

Jadi untuk menguninstall Microsoft Store, kita akan melakukannya melalui PowerShell. Ikuti langkah dibawah ini.

  • Gunakan Search Windows di taskbar untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as administrator. Di Windows 10, anda dapat menekan tombol Win + X dan pilih Windows PowerShell (Admin).
  • Di Powershell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.

get-appxpackage -allusers


  • ukan entri untuk Microsoft.WindowsStore dan copy informasi dalam baris PackageFullName ke clipboard.
  • Selanjutnya, masukan perintah berikut di Powershell dan tekan Enter. Jangan lupa untuk mengganti PackageFullName dengan yang anda copy ke clipboard tadi.

remove-appxpackage PackageFullName


  • Setelah itu, restart PC anda.
  • Untuk menginstall ulang Microsoft Store, anda harus kembali ke Powershell dengan hak admin, kemudian masukan perintah berikut dan tekan Enter.

Add-AppxPackage -register "C:\Program Files\WindowsApps\Microsoft.WindowsStore_22112.1401.2.0_x64__8wekyb3d8bbwe\AppxManifest.xml" -DisableDevelopmentMode

Atau anda dapat mendaftar ulang aplikasi Microsoft Store melalui PowerShell dengan hak admin dengan perintah dibawah ini sebelum mencoba menginstall ulang Microsoft Store.

Get-AppXPackage | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}


Sebagai metode perbaikan tambahan lainnya, anda dapat menggunakan System Restore untuk kembali ke titik dimana masalah ini belum terjadi pada PC anda. Ini menjadi opsi terakhir yang perlu anda pertimbangkan.

Saya yakin sesuatu akan membantu anda menyelesaikan masalah anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menyesuaikan dan menggunakan File Explorer di Windows 11 atau cara memperbaiki Windows Explorer yang error.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Explorer.exe Class Not Registered di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Explorer.exe Class Not Registered di Windows 11/10"