Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the Runtime is corrupted

 


Beragam masalah dapat muncul saat kita mencoba meluncurkan aplikasi tertentu di komputer Windows 10 atau Windows 11. Anda juga mungkin pernah mengalaminya. Anda sebelumnya mungkin dapat membuka aplikasi tanpa masalah pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda, namun kemudian ketika anda mencoba membuka aplikasi tertentu, anda mendapatkan pesan error The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the Runtime is corrupted. Jika demikian, maka artikel ini akan mengidentifikasi kemungkinan penyebab serta memberikan solusi yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah ini pada perangkat anda.


Saat anda mengalami masalah ini, maka anda akan menerima pesan error lengkap yang mirip seperti berikut.

Launch4j

The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the runtime is corrupted.

The system cannot find the path specified.



Penyebab yang paling mungkin yang menyebabkan masalah ini adalah sebagai berikut.

  • Registry berisi entri yang tidak mengarah ke jalur Java yang sebenarnya.
  • Instalasi Java tidak lengkap atau rusak.



Memperbaiki Error The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the Runtime is corrupted


Jika anda menemukan pesan error The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the Runtime is corrupted pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah di komputer anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan instal update yang tersedia di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dan lihat apakah error kembali muncul saat anda meluncurkan program.



1. Perbaikan Umum untuk Error Runtime


Karena ini adalah error Runtime, maka anda dapat memulai pemecahan masalah untuk memperbaikinya. Registry mengacu pada error Java Runtime Environment yang tidak ada atau Runtime rusak yang terjadi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda dengan mencoba solusi pada artikel penyebab Runtime error dan cara memperbaikinya dan juga termasuk memperbaiki registry.



2. Lakukan System Restore


Mengingat bahwa sebelumnya anda tidak mengalami masalah saat membuka program di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, maka sangat mungkin bahwa masalah tersebut difasilitasi oleh perubahan yang telah dialami system anda baru-baru ini yang tidak anda sadari yang jelas-jelas telah merusak fungsi normal dari system anda. Jadi, anda dapat menjalankan System Restore (perubahan apapun seperti instalasi aplikasi, preferensi pengguna dan apapun yang dilakukan setelah restore point akan hilang) untuk kembali ke tanggal saat anda tidak mengalami masalah saat meluncurkan aplikasi di perangkat anda.




3. Uninstall dan Install Ulang Program yang Bermasalah


Solusi ini mengharuskan anda untuk menguninstall aplikasi (sebaiknya, gunakan software pihak ketiga) untuk menghindari kesalahan dan menghapus konten program di folder AppData. Setelah itu, restart PC anda dan kemudian mendownload dan menginstall ulang versi terbaru dari program tersebut di PC Windows 10 atau Windows 11 anda.



4. Uninstall dan Install Ulang Java Runtime


Solusi ini mengharuskan anda untuk menguninstall Java Runtime melalui aplikasi Settings atau dari Control Panel atau mengikuti langkah pada link di metode 3, kemudian restart PC anda setelah operasi uninstal. Setelah itu download versi terbaru Java dan install ulang pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda atau anda dapat mengaktifkannya secara manual versi Java terbaru di system Windows anda. Setelah instalasi, restart kembali komputer anda dan lihat apakah error yang sama muncul kembali ketika anda mencoba membuka aplikasi yang menyebabkan error ini.




Semoga ini membantu! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menjalankan program Java dari Command Prompt atau cara install Android SDK di Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the Runtime is corrupted di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error The registry refers to a nonexistent Java Runtime Environment installation or the Runtime is corrupted"