Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error Required applications are not installed correctly di Windows 10/11

 


Anda mungkin pernah mengalami masalah dengan Start Menu Windows 10 atau Windows 11 anda seperti Start menu tidak berfungsi atau terbuka atau Start menu macet atau tidak merespons atau Start Menu terus bermunculan atau terbuka secara acak di komputer atau aplikasi Windows yang berwarna abu-abu di Start Menu anda. Saat anda mengalami masalah seperti itu pada Start menu anda,  anda mungkin menjalankan Start Menu Troubleshooter. Walaupun troubleshooter ini telah dihapus dari daftar di Settings Windows, namun anda masih dapat mendownloadnya dari softpedia. Saat anda menjalankannya, anda mungkin menerima error Required applications are not installed correctly. Jika demikian, maka artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda dengan solusi yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah ini.




Memperbaiki Error Required applications are not installed correctly


Jika Start Menu Troubleshooter menampilkan error Required applications are not installed correctly di Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mengikuti beberapa metode perbaikan berikut ini untuk menyelesaikan masalah pada system anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan install update yang tersedia pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dan lihat apakah masalah telah teratasi. Di sisi lain, jika masalah Start menu dimulai setelah anda baru saja mengupdate Windows, maka anda dapat menguninstall update dan melihat apakah itu membantu.



1. Daftar Ulang Start Menu


Anda dapat memulai pemecahan masalah untuk memperbaiki masalah aplikasi yang diperlukan tidak diinstall dengan benar pada system Windows 10 atau Windows 11 anda dengan mendaftar ulang Start Menu. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka PowerShell dengan hak admin. Anda dapat menggunakan Search Windows untuk menemukan PowerShell, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as Administrator. Jika temukan PowerShell di folder C:\Windows\System32\WindowsPowerShell\v1.0.
  • Di jendela PowerShell, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}


  • Setelah menekan Enter, proses akan berjalan. Anda akan meliha banyak tulisan berwarna merah, namun jangan khawatir.
  • Setelah itu, restart PC anda dan anda akan mendapati Start menu anda berfungsi dengan baik sekarang.

Lanjutkan dengan solusi berikutnya jika metode ini tidak berhasil untuk PC anda.


2. Jalankan Scan SFC dan DISM

Solusi ini mengharuskan anda untuk menjalankan scan System File Checker (SFC). Jika operasi tersebut tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi, maka anda dapat menjalankan scan Deployment Image Servicing and Management (DISM).



3. Buat User Account Baru

Anda mungkin mengalami error ini jika ada masalah dengan profil pengguna. Bisa jadi profil pengguna anda rusak. Dalam hal ini, anda dapat memperbaiki profil pengguna yang rusak atau anda dapat membuat akun/profil pengguna baru kemudian mentransfer file/data anda ke akun pengguna baru di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.



4. Lakukan System Restore

Solusi ini mengharuskan anda untuk melakukan System Restore dan memilih restore point sebelum anda mulai mengalami masalah Start menu yang membuat anda menjalankan Start Menu Troubleshooter pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


5. Memperbaiki Registry

Error ini mungkin terjadi karena entri registry yang tidak valid atau rusak dari perubahan software baru-baru ini yaitu menginstall atau menguninstall yang terkait dengan installer Windows. Dalam hal ini, anda dapat memperbaiki registry untuk memperbaiki masalah.


6. Lakukan Reset Windows 10/11

Jika sejauh ini tidak ada yang berhasil, maka anda dapat mencoba mereset Windows atau Cloud Reset untuk mereset setiap komponen Windows. Jika mereset Windows tidak berhasil, anda dapat mencoba repair upgrade dan melihat apakah itu membantu.

Salah satu solusi ini harus bekerja untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menambah atau menghapus folder dari Start Menu Windows 11 atau cara cepat menemukan aplikasi di Start Menu Windows 11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error Required applications are not installed correctly di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error Required applications are not installed correctly di Windows 10/11"