Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Error This app can’t be activated by the Built-in Administrator di Windows 10/11

 


Saat anda mencoba membuka aplikasi tertentu di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, anda mungkin mendapatkan pesan error This app can’t be activated by the Built-in Administrator. Dalam beberapa kasus, error ini terjadi saat anda mencoba membuka file PNG, GIF, JPEG dan PDF. Jika demikian, maka artikel ini akan membantu anda dengan memberikan solusi yang paling memadai yang dapat diterapkan oleh pengguna PC yang terpengaruh untuk menyelesaikan masalah pada perangkat anda.


Saat anda mengalami masalah ini, tergantung pada program yang dimaksud, anda akan menerima pesan error lengkap seperti berikut ini.

Microsoft Visual Studio

Unable to activate Windows Store app. The activation request failed with error ‘This app can’t be activated by the Built-in Administrator’.

See help for advice on troubleshooting the issue.




Memperbaiki Error This app can’t be activated by the Built-in Administrator


Jika anda menghadapi masalah ini, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan error This app can’t be activated by the Built-in Administrator yang terjadi pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda.


Sebelum anda mencoba solusi yang diberikan dibawah ini, anda perlu memeriksa update Windows anda dan menginstall update yang tersedia untuk PC Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah itu dapat memperbaiki masalahdan tidak menampilkan kembali error saat anda meluncurkan aplikasi. Di sisi lain, jika error mulai muncul setelah update Windows baru-baru ini, maka anda dapat menguninstall update. Pastikan juga anda menggunakan administrator account saat melakukan ini. Anda dapat mengubah standard account menjadi administrator account atau cukup membuat akun baru dengan hak admin. Jika mau, anda dapat membuat Local Administrator Account di PC anda.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Karena aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi Microsoft Store, maka anda dapat memulai pemecahan masalah untuk menyelesaikan error yang terjadi pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dengan menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter dan lihat apakah itu membantu.


Untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.



Jika langkah ini tidak membantu, maka anda dapat menguninstall aplikasi Windows Store yang dimaksud dan menginstall ulang aplikasi tersebut.



2. Jalankan Scan SFC


Solusi ini mengharuskan anda menjalankan scan System File Checker (SFC) pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda dan melihat apakah itu membantu memperbaiki masalah ini. Utilitas bawaan Windows ini akan memperbaiki file system yang rusak yang kemungkinan merupakan penyebab masalah yang ada.



3. Reset Microsoft Store atau Hapus Cache Microsoft Store


Beberapa pengguna yang terpengaruh melaporkan bahwa mereka dapat menyelesaikan masalah ini dengan mereset Microsoft Store atau membersihkan cache Microsoft Store. Jadi, anda juga dapat mencoba metode ini dan melihat apakah itu berhasil untuk anda. Jika tidak, coba solusi berikutnya.


Untuk mereset Microsoft Store di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka Settings dengan menekan tombol Win + I dan pilih Apps di jendela Settings.
  • Di halaman berikutnya, klik Apps & Features di panel kiri.
  • Di panel kanan, klik Microsoft Store dan kemudian klik Advanced options.
  • Di halaman berikutnya, klik Reset. Anda akan menerima peringatan bahwa anda akan kehilangan data di aplikasi ini. Klik Reset lagi, dan selesai.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Di jendela Settings, klik Apps di panel kiri dan klik Apps & features di panel kanan.
  • Di halaman berikutnya, klik menu tiga titik di samping Microsoft Store dan pilih Advanced options.
  • Selanjutnya klik Reset untuk mengatur ulang aplikasi Microsoft Store anda.



Sementara untuk membersihkan cache Microsoft Store, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Command Prompt dengan hak administrator.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut ini dan tekan Enter.


wsreset.exe

  • Setelah menjalankan perintah diatas, restart komputer anda.

Atau anda juga dapat mendaftarkan ulang aplikasi Microsoft Store dengan menjalankan perintah berikut di jendela PowerShell dengan hak admin.

powershell -ExecutionPolicy Unrestricted Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register $Env:SystemRoot\WinStore\AppxManifest.xml



4. Ubah Level UAC

Karena pengaturan keamanan versi Windows yang lebih baru, maka jenis file tertentu yang dibuka melalui aplikasi Store akan memerlukan izin UAC (User Account Control) agar dapat berjalan, namun karena akun internal tidak memiliki hak istimewa UAC, maka anda akan mendapatkan error. Dalam hal ini, untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat mengubah level UAC pada PC Windows 10 atau Windows 11 anda.


Coba solusi berikutnya jika ini tidak berhasil untuk anda.


5. Ubah Kebijakan UAC Melalui Group Policy Editor

Ini adalah solusi dua langkah yang mengharuskan anda untuk mengaktifkan Admin Approval Mode untuk Administrator Account bawaan dan kemudian mengubah value key registry User Interface Privilege Isolation (UIPI).

Namun sebelum mengikuti metode ini, pastikan anda bukan pengguna Windows edisi Home. Jika anda pengguna edisi Home, maka anda perlu mengaktifkan Group Policy Editor atau lewati metode 5 ini. Dan juga, anda perlu membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu. Setelah melakukan itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor.
  • Di jendela Local Group Policy Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

Computer Configuration - Windows Settings - Security Settings - Local Policy - Security Options

  • Disini di panel kanan, klik dobel pada kebijakan User Account Control: Admin Approval Mode for the Built-in Administrator account.


  • Di jendela edit kebijakan, pilih Enabled, kemudian klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah itu, tutup jendela Group Policy Editor.

Sekarang, anda lanjutkan ke langkah yang kedua untuk mengubah value key registry UIPI.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka Registry Editor dengan hak admin.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System\UIPI

  • Di lokasi ini, klik dobel pada entri (Default) di panel kanan untuk mengedit propertiesnya.
  • Di edit string, masukkan 0x00000001(1) di kotak value data dan klik OK untuk menyimpan perubahan.


  • Setelah itu tutup jendela Registry Editor dan restart PC anda.


Semoga ini membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki program EXE tidak bisa dibuka saat mengkliknya di Windows 10/11 atau cara mengubah permission aplikasi di Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki error This app can’t be activated by the Built-in Administrator di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Error This app can’t be activated by the Built-in Administrator di Windows 10/11"