Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Fatal Error, Coordinator Returned -1 di Windows 10/11

 


Beberapa pengguna Windows 10 dan Windows 11 melaporkan masalah dimana mereka mendapatkan pesan error Fatal Error! Coordinator Returned -1 tepat setelah booting Windows. Error ini membuat sebagian besar pengguna PC terhalang. Beberapa pengguna mengungkapkan bahwa error ini terjadi setelah mereka menginstall aplikasi Zoom di komputer mereka. Jika anda juga mengalami masalah yang sama, maka artikel ini menawarkan solusi yang paling sesuai untuk mengatasi masalah ini di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




Memperbaiki Fatal Error! Coordinator Returned -1


Jika anda mengalami masalah Fatal Error! Coordinator Returned -1 di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, maka anda dapat mencoba solusi yang saya rekomendasikan di bawah ini tanpa urutan tertentu dan melihat apakah itu membantu menyelesaikan masalah pada system anda.


Sebelum anda mencoba solusi di bawah ini, periksa update dan instal update yang tersedia pada perangkat Windows 10 atau Windows 11 anda dan lihat apakah error muncul kembali saat anda membooting ulang system anda.



1. Jalankan Windows Store Apps Troubleshooter


Seperti yang dikatakan diawal artikel ini, Fatal Error! Coordinator Returned-1 terjadi setelah menginstall aplikasi Zoom di PC Windows 10 atau Windows 11 anda. Karena Zoom adalah aplikasi dari Windows Store, maka anda dapat memulai pemecahan masalah ini dengan menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter. Dan untuk menjalankan Windows Store Apps Troubleshooter di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings, kemudian di jendela Settings pilih Update & Security.
  • Selanjutnya klik Troubleshoot di panel kiri, sementara di panel kanan klik Additional Troubleshooters.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah kemudian klik Windows Store Apps dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter untuk menjalankan troubleshooter.
  • Di jendela Windows Store Apps Troubleshooter, ikuti petunjuk yang di tampilkan.



Di Windows 11:

  • Tekan tombol Win + I untuk membuka Settings Windows.
  • Kemudian di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Selanjutnya klik Other troubleshooters di panel kanan.
  • Di halaman selanjutnya, gulir kebawah ke Windows Store Apps dan klik Run yang ada di sebelah kanannya.
  • Jendela troubleshooter akan muncul dan mulai menscan. Jika di temukan masalah, maka ia akan memperbaikinya.




2. Nonaktifkan Item Startup launch.bat


Error ini juga diketahui terjadi pada system anda karena file bat bernama Launch.bat file startup aplikasi Zoom di Startup di Task Manager. Dalam hal ini, menonaktifkan item startup launch.bat mungkin memperbaiki error ini.


Untuk menonaktifkan item Startup Launch.bat di PC Windows 10 atau Windows 11 anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka Task Manager dengen menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
  • Di jendela Task Manager, alihkan ke tab Startup.
  • Kemudian klik kanan pada file launch.bat dan pilih Disable dari menu konteks.
  • Setelah itu tutup jendela Task Manager dan restart PC anda.


Jika masalah belum terselesaikan setelah anda merestart komputer anda, maka coba solusi berikutnya.



3. Uninstall dan Install Ulang Zoom


Solusi lain untuk mengatasi masalah ini adalah mengharuskan anda untuk menguninstall aplikasi Zoom dari PC anda dan kemudian menginstallnya kembali dari Microsoft Store. Anda Pastikan anda menghapus file sisa secara komplit dari PC anda. Setelah menginstallnya, periksa kembali apakah itu membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jika tidak, coba solusi berikutnya.



4. Lakukan System Restore


Jika anda memperhatikan bahwa error mulai terjadi baru-baru ini, maka sangat memungkinkan bahwa masalah tersebut terjadi karena perubahan yang telah dialami system anda baru-baru ini. Karena anda tidak tahu perubahan apa yang mungkin menyebabkan rusaknya fungsionalitas aplikasi Zoom, maka anda dapat melakukan system restore untuk kembali ke titik dimana anda yakin bahwa aplikasi masih bekerja dengan benar. Namun perlu anda ketahui bahwa perubahan apapun seperti instalasi aplikasi, preferensi pengguna dan apapun yang dilakukan setelah restore point akan hilang dari system anda.




Apa artinya Fatal Error?

Ketika anda mendapatkan fatal error pada PC Windows anda, maka itu berarti suatu kondisi yang menghentikan pemrosesan karena hardware yang rusak, bug program, kesalahan baca atau anomali lainnya. Ketika fatal error terjadi pada perangkat anda, maka anda biasanya tidak dapat memulihkannya karena system operasi mengalami kondisi yang tidak dapat diselesaikan.


Bagaimana anda memperbaiki Fatal Error?

Jika anda mengalami Fatal Error pada system anda, tergantung pada varian fatal error (cari error code untuk menemukan petunjuk khusus), anda dapat mencoba beberapa saran berikut ini.

  • Update software.
  • Uninstall semua program yang baru saja diinstall.
  • Restore Windows ke keadaan sebelumnya.
  • Nonaktifkan program background yang tidak perlu.


Jika anda mengalami fatal error di AutoCAD, maka bisa jadi karena beberapa alasan. Biasanya, ini sering menunjukkan gambar yang rusak, kerusakan program, browser tidak dikonfigurasi dengan benar atau masalah dengan konfigurasi system.


Sementara jika fatal error terjadi saat instalasi, maka biasanya itu terjadi ketika anda mencoba menginstall aplikasi yang sudah diinstall di PC Windows 10 atau Windows 11 anda atau folder tempat anda mencoba menginstall dienkripsi atau system tidak memiliki permission/izin yang memadai di drive/map.


Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang fitur Zoom yang harus anda gunakan saat meeting atau pengaturan dan fitur Accessibility Windows 11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Fatal Error! Coordinator Returned -1 di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Fatal Error, Coordinator Returned -1 di Windows 10/11"