Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Installer encountered an error di Windows 10/11

 


Artikel ini mencantumkan beberapa solusi umum untuk memperbaiki error Installer encountered an error dengan error code 0xc8000222, 0x80070422, 0x800f0905, 0x800b0109, 0xc80003f3, 0x8007000d, 0x800b010a, 0x800b0001, 0x800B0101, 0x80096002, 0x8000ffff dan lainnya pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda mungkin menerima pesan error ini bersama dengan berbagai error codenya saat menginstall update pada system anda melalui Settings ataupun melalui Windows Update Standalone Installer.




Error ini terjadi karena beberapa alasan berikut ini:

  • Cryptographic Service dinonaktifkan pada perangkat anda.
  • Ada file system yang rusak atau hilang.
  • Timestamp signature atau certificate tidak berfungsi atau tidak dapat diverifikasi.
  • Anda tidak memiliki certificate yang sesuai di certificate store Trusted Publishers dan pengaturan kebijakan Enable trusted publisher lockdown di Group Policy Editor diaktifkan.
  • Folder SoftwareDistribution rusak.



Memperbaiki Installer encountered an error di Windows 10/11


Coba solusi berikut untuk memperbaiki Installer encountered an error dengan error code 0xc8000222, 0x80070422, 0x800f0905, 0x800b0109, 0xc80003f3, 0x8007000d, 0x800b010a, 0x800b0001, 0x800B0101, 0x80096002, 0x8000ffff di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.



1. Jalankan Windows Update Troubleshooter


Windows Update Troubleshooter adalah tool otomatis dari Microsoft yang membantu pengguna memperbaiki masalah dan error yang terkait dengan Windows Update. Anda akan menemukan tool ini di Settings Windows 10 dan Windows 11. Jalankan Windows Update Troubleshooter dan biarkan ia memperbaiki masalah. Setelah proses troubleshoot selesai, lihat apakah anda dapat menginstall update.


Untuk menjalankan Windows Update Troubleshooter di Windows 10 atau Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.


Di Windows 10:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I dan kemudian pilih Update & Security.
  • Selanjutnya pilih Troubleshoot di panel kiri dan di panel kanan, klik Additional troubleshooters.
  • Di halaman berikutnya, klik Windows Update dan lanjutkan dengan mengklik Run the troubleshooter.
  • Biarkan proses troubleshooter berjalan hingga selesai dan ini mungkin menyelesaikan masalah anda.



Di Windows 11:

  • Buka aplikasi Settings dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, klik System di panel kiri dan di panel kanan klik Troubleshoot.
  • Di halaman berikutnya, klik Other troubleshooters.
  • Kemudian temukan Windows Update di panel kanan dan klik Run yang berada disampingnya.
  • Troubleshooter akan melakukan tugasnya. Biarkan hingga selesai dan coba kembali update Windows anda.




2. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu


Seperti yang dijelaskan di atas dalam artikel ini, pesan error ini juga terjadi saat Windows tidak dapat memverifikasi timestamp signature. Oleh karena itu, saya sarankan anda memeriksa apakah Tanggal dan Waktu di system anda sudah benar atau belum. Jika tidak, perbaiki Tanggal dan Waktu dan jalankan kembali Windows Update.


Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa pengaturan Tanggal dan Waktu anda.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik timedate.cpl dan tekan Enter.
  • Selanjutnya, alihkan ke tab Internet Time dan klik Change Settings.
  • Pastikan bahwa opsi Synchronize with an Internet time server diberi ceklist dan Server diatur ke time.windows.com.


  • Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Setelah itu alihkan ke tab Date and Time dan klik Change time zone.
  • Pastikan zona waktu diatur dengan benar dan klik OK.


  • Sekarang, restart komputer anda dan periksa apakah masalah berlanjut.



3. Reset Windows Update Component


Jika Windows Update Component yang rusak adalah penyebab kegagalan Windows Update pada system anda, maka saya sarankan anda untuk mereset Windows Update Component secara manual. Anda juga dapat menggunakan Reset Windows Update Tool untuk merest pengaturan dan komponen ke default secara otomatis. Setelah mereset Windows Update Component, restart komputer anda dan periksa apakah anda dapat menginstall update di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.




4. Nonaktifkan Sementara Antivirus Anda


Terkadang antivirus memblokir Windows Update karena pengguna menerima beberapa kesalahan. Ini juga mungkin terjadi pada anda. Jadi saya menyarankan anda menonaktifkan antivirus anda untuk sementara dan kemudian menjalankan kembali Windows Update. Anda dapat menonaktifkan antivirus anda dengan mengklik kanan ikon antivirus anda di system tray dan memilih opsi untuk menonaktifkannya. Setelah selesai update, jangan lupa untuk menaktifkan kembali antivirus di PC anda.



5. Jalankan Scan SFC


Jika anda memiliki file system yang hilang atau rusak, maka anda tidak akan dapat menginstall update Windows. SFC (System File Checker) adalah tool yang dikembangkan oleh Microsoft untuk menscan komputer pengguna untuk mencari file system atau file yang hilang dan memperbaiki masalahnya. Saya menyarankan anda menjalankan scan SFC dan melihat apakah itu memperbaiki masalah di komputer anda.



6. Kosongkan Folder SoftwareDistribution


Folder SoftwareDistribution menyimpan file Windows Update untuk sementara. File sementara ini diperlukan oleh WUAgent pada saat update Windows. Jika anda mengalami masalah saat mengupdate komputer Windows, maka menghapus konten yang berada di folder SoftwareDistribution dapat memperbaiki masalah anda.




7. Install Update Windows Menggunakan Media Creation Tool


Jika tidak ada solusi di atas yang memperbaiki masalah anda, maka anda dapat melakukan upgrade menggunakan Media Creation Tool. Upgrade menggunakan Media Creation Tool berguna jika pengguna menerima error saat menginstall update Windows.


Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Download Media Creation Tool untuk Windows 10 dan untuk Windows 11. Pastikan anda mendowload tool pada bagian Create Windows 10/11 Installation Media di halaman download.
  • Saat anda meluncurkan tool ini, anda akan mendapatkan dua opsi yaitu Upgrade this PC now dan Create installation media for another PC.
  • Pilih opsi Upgrade this PC now dan update komputer anda.




Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang memperbaiki masalah dddownload dan instalasi update Windows 10/11 atau memperbaiki masalah koneksi Network dan Internet di Windows 10/11.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Installer encountered an error di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Memperbaiki Installer encountered an error di Windows 10/11"