Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki Malicious Software Removal Tool Diblokir oleh System Administrator di Windows 10/11

 


System operasi Windows 10 dan Windows 11 hadir dengan utilitas bawaan yaitu Malicious Software Removal Tool (MRT.exe) dari Microsoft. Ini adalah tool gratis, namun tool ini tidak memberikan perlindungan secara real-time pada komputer anda, tetapi tool ini secara otomatis menscan dan menghapus software berbahaya yang umum di PC anda. Tool ini menawarkan tiga jenis scan yang berbeda yaitu Quick scan, Full scan dan Customized scan.



Meskipun ini adalah tool yang sederhana dan berfungsi dengan baik, namun terkadang saat meluncurkan tool ini, anda mendapatkan pesan error. Pesan error tersebut akan terlihat seperti berikut ini.

This app has been blocked by your System Administrator.

Contact your System Administrator for more info.



Dalam artikel ini, kita akan belajar lebih banyak tentang pesan error ini dan juga bagaimana cara memperbaikannya.


Apa itu MRT di Komputer Windows?

MRT adalah Malicious Software Removal Tool dari Microsoft yang dibuilt-in dengan system operasi Windows. Tool ini menghapus software berbahaya dari komputer yang sudah terinfeksi. Produk antivirus memblokir software berbahaya agar tidak berjalan di komputer. Microsoft merilis versi terbaru tool ini pada hari Selasa kedua setiap bulan, sesuai kebutuhan untuk menanggapi insiden keamanan. Versi tool yang dikirimkan oleh Windows Update berjalan di background dan kemudian melaporkan jika ditemukan infeksi.


Penyebab MRT diblokir oleh System Administrator

MRT adalah tool bawaan gratis tetapi terkadang dapat menampilkan pesan error This app has been blocked by your System Administrator. Error ini terjadi karena beberapa alasan berikut ini.

  • Kebijakan Pembatasan Software: Alasan pertama kemungkinan besar anda mendapatkan error ini adalah karena kebijakan pembatasan software di system anda. Jika software tercantum dalam kebijakan pembatasan software, maka ini dapat memicu pesan error ini setiap kali anda mencoba meluncurkan aplikasi.
  • Entri Registry: Terkadang entri registry juga dapat mencegah tool ini diluncurkan.
  • Hak Administrator: Beberapa tool terkadang membutuhkan hak Administrator agar berfungsi dengan baik.



Memperbaiki Malicious Software Removal Tool Diblokir oleh System Administrator


Mari kita lihat bagaimana kita dapat memperbaiki error ini di komputer Windows anda. Mari kita lihat satu per satu metode secara terperinci.



1. Hapus dari Kebijakan Pembasan Software


Jika software terdaftar dalam kebijakan pembasan software, maka System Administrator dapat memblokirnya dan tidak akan berfungsi dengan baik sehingga anda harus menghapusnya dari daftar secara manual. Anda dapat melakukannya menggunakan Registry Editor. Sebelum anda memproses dan menghapus file apapun dari Registry, saya sarankan anda untuk membackup registry atau membuat system restore point terlebih dahulu.


Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik regedit dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor, telusuri jalur berikut dibawah ini.


HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Safer


  • Periksa apakah ada key bernama MRT atau Malicious Removal Tool yang terdaftar disini. Jika anda menemukannya, maka klik kanan dan klik Delete. Kemudian konfirmasi penghapusan key dengan mengklik Yes.

  • Sekarang untuk memeriksa kebijakan software, navigasikan ke jalur berikut ini di Registry Editor.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Policies\Microsoft\Windows


  • Periksa lagi apakah anda dapat melihat key apapun yang bernama MRT atau Malicious Software Removal Tool. Jika ya, klik kanan dan pilih Delete.
  • Kemudin tutup registry editor dan restart komputer anda.

Setelah booting, coba luncurkan kembali Malicious Software Removal Tool dan semoga itu tidak menampilkan pesan error kembali.


2. Hapus Entri Registry Tertentu

Jika perbaikan yang disebutkan di atas tidak berhasil untuk anda, maka anda dapat mencoba metode yang ini. Ini berarti, jika MRT tidak terdaftar dalam kebijakan pembatasan software dan masih tidak berfungsi, maka coba hapus entri registry tertentu untuk menghilangkan error ini dari MRT. Sekali lagi, sebelum anda menghapus entri registry, anda harus membackup registry atau membuat system restore point.

  • Disini, kita akan melakukan ini menggunakan Command Prompt. Untuk itu temukan command prompt di Start menu, kemudian klik kanan padanya dan pilih Run as Administrator. Atau anda dapat membukanya dengan menekan tombol Win + R, kemudian ketik cmd dan tekan Ctrl + Shift + Enter.
  • Di jendela Command Prompt, masukan perintah berikut satu persatu sambil menekan Enter. Jalankan perintah sesuai dengan urutan yang disajikan.

reg delete "HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun" /f

reg delete "HKLM\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun" /f

reg delete "HKU\S-1-5-18\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun" /f

reg delete "HKU\S-1-5-19\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun" /f

reg delete "HKU\S-1-5-20\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun" /f

  • Setelah menjalankan semua perintah diatas, restart PC anda.

Setelah itu, coba luncurkan kembali Malicious Software Removal Tool dan lihat apakah ini berhasil.


3. Ubah File Permission

Jika tidak ada solusi di atas yang berfungsi untuk anda, maka coba ubah file permission dan lihat apakah itu berhasil. Menambahkan kepemilikan ke file terkadang berhasil. Ini benar-benar memberi anda akses penuh ke file dan properties keamanannya.

  • Untuk mengubah permission, cari file MRT.exe di PC anda. Anda kemungkinan besar anda akan menemukannya di C:\Windows\System32\MRT.exe.
  • Untuk mengambil kepemilikan file executable, klik kanan pada file MRT.exe dan pilih Properties.


  • Di jendela Properties, alihkan ke tab Security dan klik Advanced.


  • Di jendela Advanced Security Settings, klik Change di sebelah tab Owner dan kemudian pilih pengguna dengan mengklik Advanced di jendela Select User or Group.


  • Kemudian di jendela baru yang muncul, klik Find now dan pilih akun Windows yang menimbulkan error.


  • Selanjutnya klik OK dan klik OK lagi. Dan anda selesai.


Sekarang anda memiliki akses penuh ke folder. Coba luncurkan kembali Malicious Software Removal Tool dan seharusnya berfungsi dengan baik sekarang.

Ini adalah beberapa kemungkinan perbaikan untuk pesan error This app has been blocked by your System Administrator di komputer anda. Anda juga dapat membaca artikel saya lainnya tentang Run Command pada Windows yang harus anda ketahui atau apa itu Virtualization Based Security di Windows 11 dan cara mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki Malicious Software Removal Tool diblokir oleh System Administrator di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!


Posting Komentar untuk "Memperbaiki Malicious Software Removal Tool Diblokir oleh System Administrator di Windows 10/11"