Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Reset Windows Update Tool untuk Restore Pengaturan dan Komponen ke Default Secara Otomatis

 


Microsoft selalu merilis berbagai update dari waktu ke waktu untuk meningkatkan keamanan serta memperbaiki bug yang terjadi pada system Windows 10 atau Windows 11. Namun, orang sering mengalami masalah saat menerima update tersebut di komputer mereka. Utilitas lain yang membantu anda memperbaiki sebagian besar masalah umum terkait Windows Update di komputer anda dalam beberapa saat adalah Reset Windows Update Tool.


Reset Windows Update Tool menawarkan banyak opsi berbeda untuk mengatasi hampir semua masalah terkait Windows Update pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat mereset Windows Update component atau menghapus value Registry yang salahmenggunakan bantuan utilitas ini.


Daftar opsi yang ditawarkan oleh Reset Windows Update Tool adalah sebagai berikut:

  • Opens the system protection: Opsi ini membantu anda membuka tab System Protection di System Properties dimana memungkinkan anda membuat system restore point.
  • Opens the Internet Options Properties: Anda dapat menggunakan opsi ini jika anda perlu membuat perubahan dalam pengaturan di jendela Internet Properties.
  • Runs Chkdsk on the Windows partition.
  • Runs the System File Checker tool: Opsi ini membantu anda menjalankan scan System File Checker (SFC) di komputer Windows anda.
  • Scans the image for component store corruption.
  • Checks whether the image has been flagged as corrupted: Jika file system image telah ditandai sebagai rusak, maka anda tidak akan dapat menginstall update. Pada situasi tersebut, anda dapat menggunakan opsi ini untuk memeriksa apakah system image Windows anda telah rusak atau tidak.
  • Performs repair operations automatically.
  • Cleans up the superseded components.
  • Deletes any incorrect registry values: Jika komputer anda berisi value registry yang salah dan menyebabkan masalah dalam mengupdate Windows, maka anda dapat menghapusnya dengan bantuan opsi ini.
  • Repairs/Resets Winsock settings.
  • Reset Microsoft Windows Store.
  • Force Group Policy Update: Terkadang, anda mungkin perlu mengupdate Local Group Policy secara paksa. Dalam situasi seperti itu, anda dapat menggunakan opsi ini.
  • Search Windows updates: Jika komputer anda tidak dapat menemukan update yang tersedia, maka opsi ini dapat membantu anda memperbaiki masalah.
  • Find the windows product key.
  • Explores other local solutions.
  • Explores other online solutions.
  • Restarts your PC.


Jika anda ingin menggunakan opsi yang disebutkan di atas, maka anda perlu mendownload Reset Windows Update Tool dan menginstall aplikasi di komputer anda. Muncul dengan proses instalasi dasar yang dapat anda lalui seperti aplikasi lainnya. Namun, sangat disarankan untuk membuat system restore point sebelum menggunakan aplikasi ini.



Cara Menggunakan Reset Windows Update Tool


Untuk menggunakan Reset Windows Update Tool untuk mengembalikan pengaturan dan komponen Windows ke default, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini


Setelah anda selesai mendownload dan menginstallnya di komputer Windows anda, anda dapat mengikuti langkah-langkah ini.


Untuk memulai, buka aplikasi dengan hak admin. Untuk itu, klik kanan pada aplikasi dan pilih opsi Run as administrator.


Saat anda membuka Reset Windows Update Tool untuk pertama kalinya, anda perlu memilih bahasa untuk aplikasi anda. Secara default, aplikasi ini menampilkan bahasa Inggris (English), tetapi anda dapat memilih bahasa lainnya termasuk bahasa Indonesia. Untuk memilih bahasa, ketik nomor bahasa yang sesuai dan tekan Enter. Jika anda memilih bahasa Indonesia, tentunya anda harus mengetik 4 dan tekan Enter.



Selanjutnya, anda harus menyetujui Terms and Conditions of Use. Untuk itu, tekan Y dan tekan Enter.



Setelah itu, anda dapat menemukan semua opsi di layar anda. Setiap perbaikan atau tugas memiliki nomor di sebelah kiri. Anda harus memasukkan nomor di jendela aplikasi dan tekan tombol Enter untuk menjalankan tugas.




Baik itu untuk membuka System Protection atau menjalankan Chkdsk, anda dapat melakukan semuanya dengan memasukkan nomor yang sesuai.


Semoga utilitas Reset Windows Update Tool ini memudahkan anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menghentikan restart otomatissetelah update Windows di Windows 10/11 atau memperbaiki opsi pause update tidak bisa diklik di Windows 11/10.


Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam menggunakan Reset Windows Update Tool untuk restore pengaturan dan komponen ke default secara otomatis di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!



Posting Komentar untuk "Menggunakan Reset Windows Update Tool untuk Restore Pengaturan dan Komponen ke Default Secara Otomatis"